29 C
Indonesia
Monday, May 17, 2021
Home Berita Internasional Zinedine Zidane : Si Jenius Yang Menjadi Pelatih Sukses Dunia

Zinedine Zidane : Si Jenius Yang Menjadi Pelatih Sukses Dunia

Bagi para pecinta sepakbola dunia, namanya tentu tidak lah asing ditelinga kita baik saat dia menjadi pemain sepakbola hingga dia menjadi seorang pelatih, sebelum adanya nama seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Kylyan Mbappe dan Erling Halland, sepak bola memiliki dulu seorang seniman sepakbola klasik bernama Zinedine Zidane.

Zinedine Yazid Zidane yang lahir pada 24 Juni 1972 di Lacatellane, Marseille, Prancis Selatan merupakan seorang anak yang tumbuh dari orang tua yang mengungsi dari Aljazair jelang pecahnya perang revolusi negara Afrika pada tahun 1954, sangat sulit menyimpulkan secara ringkas kata yang mungkin pas untuk dirinya adalah �Panache� yang artinya percaya diri, flamboyant atau sesuatu yang membanggakan, dia adalah sosok pemimpin sejati yang sebenarnya, tercatat klub sekaliber Juventus, Real Madrid hingga timnas Prancis dalam sebuah pertempuran di atas lapangan.

Zidane memiliki karakter yang pendiam, namun sangat berwibawa bila sudah menyangkut kepribadian dan timnya, mantan pelatihnya di timnas Prancis Raymond Domenech mendeskripsikan dirinya dalam 3 kata, yaitu mitos, dewa dan raja, hal itu didilontarkan karena Zidane adalah seorang pekerja keras dan sosok yang mampu mengendalikan emosi rekan satu timnya walau dia seorang yang pendiam dan kaki-kakinya lebih banyak bekerja daripada mulutnya, hal itu dilakukannya karena terinspirasi dari perkataan sang ayah, ayahnya mengajarkan bahwa seorang imigran harus bekerja dua kali lebih keras daripada orang lain bahwa kami tidak boleh menyerah.

Zidane selalu yakin akan bola yang dikuasainya dan sesulit apapun situasinya dia harus mampu mengendalikannya, Zidane yang saat menjadi pemain profesional telah banya menorehkan tinta emas bagi klub dan negara prancis, playmaker super kreatif ini mampu membawa timnya menjuarai Piala Dunia 1998 dan Piala Euro 2000, pada Piala final Piala Dunia dia mampu mencetak salah satu gol yang dikenang hingga sekarang adalah tembakan kerasnya dari luar kotak penalty saat berhadapan dengan Brazil, skor akhir 3-0 dan Prancis pun berhasil meraih tahta juara dan Zidane dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala dunia 1998, kehebatannya pun berlanjut samai pada tahun 2006 Zidane pun mampu membawa tim ayam jantan melaju ke partai final dan berhadapan dengan Italia, namun satu goresan celaan Marco Materrazi , membuatnya diusir dari lapangan dan Prancis gagal juara.

Kini dia telah menjadi pelatih klub besar Real Madrid, saat itu orang-orang masih mempertanyakan kapasitasnya sebagai pelatih, karena dari segi pengalaman dia masih sangat kurang, terhitung dia hanya menjadi asisten pelatih Carlo Anchelotti dan pelatih di Real Madrid Castilla, namun manajemen tetap menunjuknya untuk menggantikan peran Rafael Benitez yang dianggap gagal saat membesut El-Real, namun segala keraguan mulai terpatahkan dengan hasil yang menakjubkan dengan satu demi satu gelar yang dia peroleh.

Tercatat pada awal karir kepelatihannya bersama Real Madrid total dia mencatatkan 149 pertandingan dengan menang 104 kali, imbang 29 kali, kalah 16 kali dengan mencatatkan persentase kemenangan sebesar 69,8 persen, salah satu yang fenomenal dalam karir kepelatihannya yaitu mengantarkan Real Madrid menjuarai Liga Champion tiga kali secara beruntun dari tahun 2016 hingga 2018, sempat mundur selama 10 bulan, Zidane pun kembali dan Real Madrid berhasil ia antarkan ke posisi 2 dengan hanya selisih 2 poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Tips Prediksi Bola Liga Inggris 7 Februari 2021

Prediksi Bola Jitu Tottenham vs West Bromwich Kekalahan liga pada sisi Jose Mourinho semakin menjadi buruk dengan kekalahan yang...

Thiago Silva Adalah Sosok Yang Dibutuhkan Para Junior di Chelsea

Menurut Rivaldo, sosok Thiago Silva yang telah kenyang akan pengalaman merupakan sosok yang amat dibutuhkan oleh para pemain muda Chelsea saat ini....

Pemain-Pemain Serie A Kembali Diserang Corona Virus

Mengingat keadaan Italia yang kian membaik, beberapa waktu lalu pihak Italia telah memberikan izin pada klub-klub yang berlaga di Serie A untuk...

Ronaldo mencapai prestasi Serie A seperti yang pernah terjadi 59 tahun lalu

Cristiano Ronaldo kini menjadi primadona karena mampu mencetal gol pada setiap pertandingan. Striker itu mencetak dua gol saat melawan Parma untuk menyamai...