29 C
Indonesia
Saturday, February 27, 2021
Home Berita Liga Indonesia Yogyakarta Siap Jika Harus Jadi Tuan Rumah Shopee Liga 1

Yogyakarta Siap Jika Harus Jadi Tuan Rumah Shopee Liga 1

Beberapa waktu lalu PSSI membuat rapat dengan pihak klub peserta Liga 1 dan Liga mengenai kelanjutan kompetisi. Dari hasil tersebut diketahui bahwa liga akan kembali di lanjutkan, namun dengan menggunakan alternatif pemusatan kompetisi di pulau Jawa. Kini salah satu daerah yang kemungkinan menjadi kandidat tempat pelaksanaan adalah Yogyakarta. Berkaitan dengan hal itu Asprov Yogyakarta mengaku siap jika memang daerahnya ditunjuk jadi tuan rumah.

Belakangan memang terdengar kabar bahwa stadion-stadion yang ada di Yogyakarta memiliki peluang untuk dijadikan sebagai venue penyelenggaraan acara Shopee Liga 1. Sedangkan nantinya kompetisi kemungkinan akan kembali dilanjutkan pada akhir tahun, yakni sekitar bulan September atau Oktober 2020.

Awal mula pemicu mengenai wacana Yogyakarta akan dijadikan sebagai venue Shopee Liga 1 adalah diutarakan oleh Mochammad Irawan, selaku ketua umum PSSI. Kala itu beliau memang mengatakan bahwa mereka membuka kemungkinan apabila klub-klub Shopee Liga 1 2020 dari luar Jawa akan berhomebase di Yogyakarta.

Menyoal hal tersebut Asprov Yogyakarta mengaku bahwa mereka mengaku siap jika nantinya mereka benar ditunjuk sebagai pusat pelaksanaan kompetisi “Kami tentunya akan menyambut baik keinginan pihak federasi untuk menggunakan stadion-stadion yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta” ujar Wahyudi.

Meskipun mengaku setuju akan ide penunjukan Yogyakarta sebagai pusat pelaksanaan kompetisi, namun Wahyudi meminta agar nantinya kompetisi lanjutan Shopee Liga 1 dilengkapi oleh protokol kesehatan yang ketat dan benar-benar sesuai standart. Protokol diharapkan juga menyertai izin penyelenggaraan pertandingan, serta teknis pelaksanaan kompetisi yang harus benar-benar diperhatikan.

Karena bagaimanapun saat ini kesehatan dan keselamatan banyak orang jelas menjadi satu prioritas utama.

“Bagi kami kesehatan, dan juga keselamatan seluruh pihak merupakan hal yang sangat diprioritaskan dan utama. Karena itu perlu ada benar-benar pematangan yang dilakukan sebelum melanjutkan kompetisi Liga 1 2020” tegas Wahyu yang juga merupakan CEO Sleman United.

“Memang harus diakui bahwa DIY secara geografis memang merupakan tempat yang mudah untuk dijangkau. Namun kami butuh antisipasi untuk hal ini. Kami juga harus memperhitungkan bagaimana nantinya teknis pertandingan akan dilaksanakan di tengah pandemi corona seperti saat ini” sambungnya.

Sebenarnya jika melihat fasilitas yang dimiliki oleh Yogyakarta, mereka memang memiliki fasilitas yang mumpuni, yang mana salah satunya mereka memiliki beberapa stadion sesuai standart. Setidaknya Yogyakarta memiliki 3 stadion yang dapat digunakan untuk menggelar pertandingan Shopee Liga 1, yakni Manguwoharjo, Sultan Agung, dan Mandala Krida. Dan berkaitan dengan hal tersebut Asprof  DIY memilih untuk menyerahkannya secara penuh pada pihak PSSI.

“Sebenarnya untuk penyelenggaraan laga kami tidak memiliki masalah, selama hal tersebut tidak menyalahi koridor perizinan yang ditetapkan oleh DIY. Dan tentunya saja belum tentu pula DIY benar akan menjadi venue penyelenggaraan kompetisi lanjutan  Liga 1 2020, jadi kami ikut saja apa kata Federasi, dan jika nanti kami dimintai bantuan, kami siap” tutup Asprov DIY.

Alasan pihak PSSI kemungkinan akan memilih DIY sebagai venue lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 adalah karena kasus virus Corona di daerah tersebut memang cukup lebih rendah apabila dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia, seperti Jakarta maupun Surabaya.

“Ada kesimpulan bahwa nantinya kompetisi akan kita lanjutkan di pulau Jawa. Asumsinya sepertinya tidak mungkin melakukan di Surabaya atau Jakarta, jadi bisa jadi di Yogyakarta, Jadi kami siap-siap saja” Ujar Panpel PSSI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

10 Tim Paling Banyak Dapat Kartu Merah di La Liga

Sepak bola merupakan cabang olahraga yang telah dikenal luas di seluruh dunia. Permainan yang beranggotakan 11 orang ini pertama kali dimainkan pada...

Werner ke Chelsea Bikin Rekan-Rekannya di Leipzig Terpukul?

Tersiar kabar bahwa kepindahan Timo Werner ke Chelsea menyebabkan rekan-rekan satu timnya di RB Leipzig menjadi terpukul. Apakah kabar tersebut benar demikian?

Ole Gunnar Angkat Bicara Soal Kartu Merah Rashford

Manchester United kembali dilanda masalah. Kali ini, Marcus Rashford harus menerima kartu merah lantaran dianggap melakukan pelanggaran. Hal ini pun berujung pada...

Takluk Oleh Fulham, Brendan Kesal!

Bos Leicester Brendan Rodgers mengatakan timnya membuat 'terlalu banyak kesalahan' selama kekalahan 2-1 yang 'mengecewakan' dari Fulham pada hari Senin.