29 C
Indonesia
Sunday, September 20, 2020
Home Berita Internasional Wonderkid Belanda Keturunan Indonesia, Oliver Sucipto Rifai

Wonderkid Belanda Keturunan Indonesia, Oliver Sucipto Rifai

Satu lagi pemain sepak bola yang bermain untuk klub asing berdarah Indonesia, ia adalah Oliver Rifai. Indonesia memang selalu memiliki talenta yang luar biasa di bidang sepak bola, salah satunya Oliver. Ia diketahui, merupakan wonderkid di Belanda.

Darah Indonesia yang dimiliki Oliver Sucipto Rifai tersebut, berasal dari ayahnya yang merupakan asli orang Bandung. Sedangkan ibunya, asli orang Belanda kelahiran Amsterdam. Dikabarkan juga bahwa nenk dan kakek Oliver Rifai ini, sempat tinggal di daerah Indonesia pada tahun 2011 tepatnya di Margasari, Jawa Tengah.

Keberadaan wondekid Belanda ini, sebenarnya sudah diketahui pada 2017. Tepat ketika Kemenpora Indonesia merilis list para pemain yang memiliki garis keturunan Indonesia, dan Oliver Rifai sudah masuk kedalam daftar tersebut.

Mengenal Lebih Jauh Oliver Rifai
Oliver Rifai merupakan wonderkid yang lahir di Amsterdam pada tanggal 15 Juni tahun 1993. Ia tumbuh besar dengan didikan yang disiplin di lingkungan Belanda. Sejak kecil Oliver Rifai memang sudah ingin serius untuk menekuni bidang sepak bola. Maka dari itu, Oliver bergabung dengan tim muda AZ Alkmaar untuk belajar dan terus mengambangkan kemampuan yang dimilikinya.

Potensi dari bakat sepak bola Oliver Rifai, memang sudah sangat terlihat sejak ia masih di masa remaja. Sehingga, ia sudah menjadi barisan wonderkid yang dimiliki Belanda. Selain itu, Oliver Rifai juga sempat bergabung dengan Timnas U-17 Belanda, bahkan KNVB yang mengundangnya secara langsung untuk memperkuat pertahanan dan serangan Timnas Belanda.

Fisiknya yang kuat dan mampu bertahan melawan para pemain penyerang Eropa, membuat Oliver Rifai ditempatkan di posisi bek tengah. Ia mendapat kesempatan untuk memulai debut profesional pada tahun 2012 bersama Klub Telstar.

Dalam pertandingan perdananya, Oliver Rifai berhasil melakukan pertahanan imbang saat melawan Sparta Rotterdam dengan memperoleh skor 3-3, yang diselenggarakan di stadion Kastel. Oliver Rifai, diketahui bergabung bersama Telstar hingga tahun 2015, ia berhasil tampil sebanyak 67 pertandingan.

Sesudah itu, Oliver Rifai bergabung bersama berbagai klub yang ada di Belanda dan kini ia diketahui tengah membela klub VV HBOK. Kemampuannya yang mumpuning, sehingga bisa ditempatkan di posisi bek tengah, bek kiri ataupun gelandang tengah, membuatnya bisa secara mudah beradaptasi dengan berbagai taktik.

Walaupun Oliver Rifai sejak 2017 sudah masuk kedalam pantauan dari Kemenpora, kelihatannya belum ada kabar-kabar ia akan dinaturalisasi ke Timnas Indonesia. Oliver Rifai memiliki kemampuan yang luar biasa dan juga berpengalaman dari beragabungnya ia bersama Timnas junior Belanda.

Sehingga, jika ia bisa dinaturalisasi oleh Indonesia, Oliver dapat menambah ketahanan dan kekuatan Tim Nasional Indonesia. Mengingat usianya yang masih muda, sehingga masih produktif untuk mencatat berbagai prestasi.

Salah satu hal yang menjadikan Oliver sangat patut untuk dinaturalisasi yaitu, ia termasuk pemain yang multitalent. Dengan faktanya bahwa ia mampu di tempatkan di berbagai posisi, membuatnya sangat bisa diandalkan dan juga ia akan dengan mudah beradaptasi dengan berbagai taktik.

Selain itu, ia juga sempat membela Tim Nasional Belanda ketika usianya masih muda karena termasuk wonderkid Belanda yang dapat diandalkan. Hal tersebut menjadi bukti bahwa Oliver memiliki bakat yang sudah diakui di luar negeri. Dengan pengalaman yang dimilikinya, ia pasti bisa menambah kekuatan Tim Nasional Indoenesia untuk bertanding dengan lawan.

Terlepas dari Timnas Belanda, Oliver Rifai juga sempat bermain untuk klub profesional salah satunya Telstar, yang merupakan klub perdananya. Hal tersebut menjadi pengalaman tambahan yang sangat dibutuhkan bagi pemain untuk bisa membaca berbagai situasi. Hingga kini Oliver Rifai tercatat sebagai pemain yang pernah bermain di laga kasta ke-2 Liga Belanda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Delegasi FIFA Batal Datang ke Indonesia Demi Hindari Virus Corona

Mochamd Iriawan selaku Ketua Umum PSSI, memastikan bahwa delegasi dari Federasi Sepakbola Dunia atau FIFA gagal datang ke Indonesia. Pembatalan tersebut terjadi...

Sempat Dicibir, Kini Nemanja Matic Jadi Pemain Kunci Manchester United

Nemanja Matic mengalami situasi berbeda saat tahun 2019 dengan tahun 2020. Pada tahun 2019 sebelum bulan Desember, Matic hendak dibuang Manchester United....

Pochettino Disebut Akan Gantikan Quique Setien

Kabar mengenai Barcelona yang akan mendepak Barcelona rasanya  bukan lagi rahasia. Dan untuk mengisi kekosongan kursi pelatih usai nanti ditinggalkan Setien, Barca...

Ingin Bertahan dengan Juventus, Musim Depan Higuain Tak Jadi ke Argentina

Masa depan yang dimiliki oleh Gonzalo Hiaguain bersama Juventus saat ini masih samar-samar. Akan tetapi sang ayah menegaskan jika striker berusia 32...