29 C
Indonesia
Monday, August 3, 2020
Home Berita Liga Champions UEFA UEFA Godok Plan B Terkait Kelanjutan Liga Champions

UEFA Godok Plan B Terkait Kelanjutan Liga Champions

Belum lama ini salah satu media melaporkan bahwa UEFA dan ECA (European Club Association) tengah melakukan sebuah penggodokan terkait kelanjutan kompetisi Liga Champions musim ini. Disebutkan pula bahwa nantinya kompetisi agar dirampungkan di Portugal.

Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa sejak bulan Maret pandemi Covid 19 menyerang Eropa, seluruh gelaran sepakbola juga terkena dampaknya. Tidak terkecuali Liga Champions, yang mau tidak mau terpaksa harus ditangguhkan sementara. Padahal ketika kompetisi tersebut ditangguhkan, Liga Champions telah memasuki babak 16 besar, dan ada beberapa tim yang bahkan telah memastikan diri mendapatkan tiket melaju ke babak perempat final.

WinBig Ads

Berbeda dengan beberapa kompetisi domestik yang telah memiliki tanggal kapan akan kembali bergulir, atau bahkan beberapa diantaranya telah bergulir kembali, Liga Champions hingga saat ini justru belum diketahui jelas kapan akan kembali mengadakan kompetisi. Menurut informasi terakhir yang dilaporkan oleh salah satu media Eropa, hingga saat ini pihak UEFA memang masih sedang sibuk melakukan penggodokan format terbaik yang akan mereka terapkan jika nanti Liga Champions kembali bergulir.

Kita tahu bahwa saat ini pandemi Covid 19 masih terus merajalela, bahkan vaksin virus tersebut juga belum ditemukan. Karena itu, untuk kembali melakukan aktivitas-aktivitas yang dulu, mau tidak mau ada banyak perubahan yang harus diterima, dan juga protokol kesehatan ketat yang harus diikuti. Hal tersebut juga berlaku untuk gelaran sepakbola. Seperti yang kita lihat bahwa saat ini seluruh kompetisi sepakbola dilarang dihadiri oleh suporter.

Berdasarkan berita yang diliput oleh Mundo Deportivo, diketahui bahwa saat ini pihak PSSI memang tengah menggodok plan B kompetisi Liga Champions musim ini. Kabarnya kompetisi direncanakan akan kembali bergulir pada tanggal 4 Agustus, dan diharapkan akan dapat rampung pada tanggal 29 Agustus.

Menyoal plan B yang kemungkinan akan dipakai oleh pihak Liga Chanpions. Nantinya pada babak 16 besar yang telah terlanjur bergulir beberapa laga, maka akan dituntaskan seperti biasanya. Kemudian nanti pada babak 8 besar baru akan dilakukan perubahan format.

Dari rencana yang ada, kemungkinan nantinya pertandingan akan menggunakan format single match, yang itu berarti meniadakan home and away, seperti yang sudah-sudah. Plan ini dinilai menjadi salah satu opsi yang bagus, mengingat dengan plan ini maka akan ada banyak pertandingan yang terkurangi, mengingat saat ini Liga Champions juga diburu waktu. Disisi lain format single match juga meminimalisir klub melakukan banyak perjalanan ditengah masa pandemi Covid 19 seperti saat ini.

Pada awalnya memang telah ditetapkan bahwa nantinya yang akan menjadi tuan rumah untuk gelaran final Liga Champions musim ini adalah Istanbul. Namun, menyusul situasi pandemi Virus Corona saat ini, maka hal tersebut kabarnya dibatalkan.

Sebagai alternatif pengganti dari Istanbul, kabarnya Portugal, atau lebih tepatnya kota Lisbon akan ditunjuk sebagai venue pelaksanaan Final Liga Champions. Kota ini dipilih karena menjadi salah satu kota yang memiliki kasus Covid 19 cukup rendah, ketimbang wilayah lainnya.

Disisi lain jika menilik fasilitas yang dimiliki oleh Portugal, maka bisa dibilang bahwa negara ini terbilang sangat amat layak untuk menyelenggarakan partai final Liga Champions. Selain itu juga tidak ada satupun klub asal Portugal yang akan diuntungkan karena pemilihan tuan rumah ini. Hal tersebut dikarenakan wakil Portugal di ajang Liga Champions telah gugur. Akan tetapi saat ini Portugal bukan satu-satunya kandidat, karena Jerman juga digadang-gadang menjadi calon lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Favorit

Ronaldo Tampil Gahar Juventus Taklukan Lecce 4-0

Dalam laga lanjutan Serie A, Juventus tampil begitu apik. Di pertandingan tersebut berkat satu gol dan dua assist yang dibuat oleh Ronaldo,...

Hasil Imbang Pertandingan Napoli vs AC Milan

Pada lanjutan laga Serie A Italia pekan ke-32, AC Milan melakoni pertandingannya yang ke-31 melawan Napoli. AC Milan sebagai tim tamu berhasil...

Starting XI Pilihan Zlatan Ibrahimovic

Kalau kita berbicara mengenai Zlatan Ibrahimovic, mungkin akan kita kenal sebagai pemain dengan perawakan menakutkan dan fisik yang kuat. Pemain asal Swedia...

Karim Benzema Sebut Dirinya Lebih Baik dari Olivier Giroud

Kalau kita berbicara mengenai Karim Benzema, mungkin tidak akan ada salahnya bila kita menyebut dia sebagai salah satu striker paling terkenal. Hal...