29 C
Indonesia
Saturday, December 5, 2020
Home Berita Internasional UEFA Diminta Untuk Tunda Piala Eropa 2020, Hal ini Demi Keberlangsungan Liga

UEFA Diminta Untuk Tunda Piala Eropa 2020, Hal ini Demi Keberlangsungan Liga

Pada musim panas mendatang sebenarnya telah diagenda bahwa Piala Eropa akan dilangsungkan. Akan tetapi karena krisis virus corona yang kian mewabah di Eropa, kini beberapa pihak meminta pada UEFA agar nantinya menunda dulu Piala Eropa. Hal ini berkaitan dengan berbagai liga dan kompetisi di Eropa yang kini sedang tertunda, jika nanti Piala Eropa dihentikan maka kemungkinan liga-liga akan bisa tuntas sebagaimana mestinya.

Bisa dikatakan bahwa saat ini dunia persepak bolaan Eropa sedang sangat kacau-kacaunya. Hal tersebut disebabkan oleh virus corona yang kian mewabah, berbagai liga besar dan penting seperti Liga Inggris, Liga Itali, La Liga, Liga Jerman, dan juga Liga Prancis semuanya terpaksa ditunda untuk sementara.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pemerintah kini memang harus memprioritaskan kesehatan masyarakat. Dengan adanya corona jelas saja berbagai upaya pencegahan, penyembuhan dan peredaman harus segera dilakukan. Salah satu upaya yang digunakan oleh berbagai negara termasuk mereka yang ada di Eropa adalah, melarang izin keramaian yang melibatkan masa dalam jumlah banyak. Jangankan gelaran sepak bola, bahkan sekolah pun juga terpaksa harus diliburkan.

Kita tentu tahu bahwa gelaran sepak bola selalu saja melibatkan puluhan ribu suporter dalam satu stasion, jika salah satu saja diantara suporter tersebut ada yang terkena corona, bukan tdiak mungkin akan sangat banyak jumlah korban yang berjatuhan. Karenanya pihak penyelenggara Liga dan pemerintah tidak mau ambil risiko dan memilih untuk menangguhkan seluruh liga yang ada.

Liga-liga besar yang telah kami sebutkan diatas saat ini hampir seluruhnya sedang dalam masa penundaan, setidaknya hingga awal April nanti. Akan tetapi dikarenakan tidak ada yang bisa menebak hingga kapan virus corona ini akan mereda, maka tidak ada yang bisa memastikan kapan liga akan kembali dilaksanakan. Jika memang peda awal April keadaan tidak juga kondusif bukan berarti nantinya liga akan kembali di tunda. Dengan demikian tentu saja agenda sepak bola Eropa akan terganggu, belum lagi selaian liga-liga tersebut ada Liga Champions dan juga Liga Europa yang kini baru berjalan separuh putaran.

Kemudian beberapa waktu kebelakang mulai muncul wacana, bahwa kemungkinan liga-liga tersebut akan tetap berjalan hingga akhir Juni 2020. Akan tetapi jika menggunakan skenario tersebut itu berarti akan berpengaruh pada Piala Eropa. Karena banyak pihak yang mendesak pihak UEFA selaku federasi sepakbola Eropa untuk menunda gelaran Piala Eropa yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 12 Juni sampai 12 Juli.

Badan Federasi Sepakbola Italia (FICG) adalah salah satu pihak yang ingin agar pihak UEFA menunda Piala Eropa. Secara langsung presiden FIGC, yakni Gabriele Gravina nantinya akan secara langsung mengusulkan usulan tersebut pada UEFA.

“kami berharap liga akan bisa selesai pada tanggal 30 Juni mendatang. Selain itu kami juga harus memikirkan tentang Liga Champions, serta Liga Eropa, jadi batas waktunya adalah 30 Juni. Dengan demikian kami akan menelaah apakah kira-kira akan memerlukan waktu tambahan atau tidak” Jjelas Gravina sebagaimana yang dilansir oleh pihak ESPN.
“Kami akan memberikan usul pada pihak EFA agar mereka mempertimbangkan menunda Euro” tegas presiden FICG.

Nantinya Piala Eropa akan dilaksanakan di 12 negara, karena Itali juga merupakan salah satu bagian negara di Eropa maka jelas mereka juga akan turut serta. Telah dipastikan akan menjadi salah satu tuan rumah dalam gelaran Piala Europa 2020, kini Itali justru sedang di landa wabah corona dengan dampak paling parah di Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Lautaro Martinez : Striker Inter Milan Yang Pernah Menolak Tawaran Real Madrid

Dalam beberapa hari terakhir namanya santer diberitakan oleh media karena dirinya didekati oleh klub besar Eropa berkat penampilan apiknya bersama dengan Intermilan,...

Usai Kembali Lakukan Tes, Premier League Bersih Virus Corona

Menjelang liga Inggris yang akan segera kembali dihelat, baru-baru ini pihak Premier League kembali melakukan tes Covid 19. Dan hasil tes jilid...

Barcelona Masih Dikaitkan Dengan Lautaro Martinez Dan Memphis Depay

Sebelum bursa transfer musim panas di tutup pada 5 oktober ini, Barcelona masih berburu pemain untuk dapat bergabung dengan timnya.  Dua...

Dibalik Mantan Pemain Persib Yang Pernah Menjadi Tukang Kebun

Setiap orang tentunya memiliki masa lalu, entah itu masalalu yang kelam, sehingga sangat sulit untuk dilupakan. Siapa sangka jika Micahel Essien selaku...