29 C
Indonesia
Saturday, May 21, 2022
Home Berita Liga Inggris Tiga Kemungkinan Kelanjutan Liga Inggris Akibat Pandemic Virus Corona

Tiga Kemungkinan Kelanjutan Liga Inggris Akibat Pandemic Virus Corona

English Premier League dan jajaran klub yang berlaga di dalamnya berniat untuk mengadakan rapat darurat pada hari Kamis, 19 Maret 2020 (kemarin). Hal tersebut dilakukan guna menentukan nasib musim ini yang harus terhambat akibat pandemic virus corona.

Hingga saat ini, Liga Inggris sendiri sedang diberhentikan sementara hingga tanggal 3 April 2020 mendatang. Namun meskipun begitu, kemungkinan bahwa salah satu Liga terbesar di Benua Biru tersebut tidak berlanjut pun ada, sebab melihat kengerian virus corona yang semakin meraja lela.

Sedangkan untuk federasi sepak bola Eropa atau UEFA memiliki target jika kompetisi kompetisi yang ada di Eropa akan berakhir pada tanggal 30 Juli mendatang. Kemudian untuk agenda rapat darurat yang akan dilaksanakan tersebut tidak lah dengan cara tatap muka, namun menggunakan media telekonferensi yang setidaknya akan membahas mengenai keberlangsungan liga, keselamatan para pemain, staff dan fans, serta berbagai pihak yang hadir dalam pertandingan.

Berikut ini beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi dalam kompetisi Liga Inggris musim ini:

  1. Kompetisi Tetap Berlanjut
    English Premier League bisa saja akan terus berlanjut jika pihak Liga dan Klub merasa bahwa pandemic akibat virus corona tersebut sudah meredam dan dapat di tanggulangi. Tentu saja pilihan untuk melanjutkan kompetisi ini bakal terkait dengan keputusan yang harus diambil bahwa pertandingan digelar tanpa penonton atau dengan penonton namun melalui mengawasan yang lebih.

Jika kompetisi liga sepak bola paling tenar sejagat raya ini tetap dilanjutkan sampai pekan ke 38, maka EPL harus dapat mempertimbangkan penjadwalan baru petandingan. Hal ini juga harus sesuai dengan instruksi dari federasi sepak bola Eropa (UEFA) yang telah menjadwalkan liga di Benua Biru semuanya usai pada tanggal 30 Juni.

  1. Kompetisi Dibatalkan
    Pilihan bahwa kompetisi dibatalkan ini banyak disuarakan oleh klub-klub yang berada di posisi bawah klasemen Liga Inggris, termasuk salah satunya adalah Karen Brady selaku Wakil President West Ham United.

Pembatalan kompetisi ini berarti dianggap bahwa musim 2019-2020 tidak ada. Hal ini juga berlaku untuk sang juara, degradasi serta klub yang akan promosi. Pilihan membatalkan Liga ini sendiri sepertinya ditolak keras oleh Liverpool yang kini tengah bertengger di posisi puncak klasemen Liga Inggris.

  1. Kompetisi Diakhiri
    Opsi untuk mengakhiri kompetisi Liga Inggris ini disebut sebut sebagai salah satu solusi yang potensial dalam menghadapi posisi yang tidak jelas ini. Sebab Liverpool sebagai pemuncak klasemen akan tetap diberikan gelar juara, namun tidak ada degradasi. Hal tersebut dinilai efektif sebab klub-klub yang berada di papan bawah pun pasti akan setuju dengan keputusan tersebut.

Namun masalah yang akan muncul jika keputusan ini diambil adalah akan tetap ada 2 klub dari divisi bawah yang harus tetap naik kasta. Hal tersebut akan menyebabkan adanya 22 klub yang berlaga di Premier League. Sementara itu, penyematan gelar untuk The Reds juga bisa saja akan digugat oleh The Citizen yang berada di posisi runner up dan secara matematis masih dapat disusul oleh klub asuhan Pep Guardiola tersebut.

Selain kemungkinan bahwa Manchester City tidak terima, keputusan untuk memberikan gelar pada klub asuhan Jurgen Klopp juga bekalangan di tentang oleh Aleksander Ceferin selaku presiden UEFA karena alasan ketidakadilan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Favorit

Bek pemain Tim Sepak Bola Maung Bandung Pertahankan Performa Tim Selama Masa Libur Covid 19

Ditengah ambius tim sepak bola Persib Bandung yang kini tengah progres dengan meraih tiga kemenangan dalam tiga pertandingan sekaligus dalam ajang Shopee...

Klopp Akui Liverpool Belum Maksimal

Pep Guardiola senang dengan poin Man City melawan Liverpool setelah bermain imbang 1-1 dengan The Reds di Etihad. “Setelah...

Zinedine Zidane Banjir Pujian

Zinedine Zidane memang memiliki tangan dingin yang tidak bisa lagi diragukan saat dirinya memegang sebuah klub. Hal tersebut lagi-lagi dibuktikan oleh sang...

Pemain Bola Top Dunia Yang Masih Bermain Diusia 40 Tahun

Ada sebutan umur cuma sebatas deretan angka. Ungkapan tersebut sering disematkan kepada orang yang selalu eksis, walaupun umurnya sudah tidak muda lagi,...