29 C
Indonesia
Monday, September 21, 2020
Home Berita Liga Indonesia Tak Hanya Piawai Menggiring Bola, Berikut Beberapa Pesepakbola Yang Juga Berprofesi Sebagai...

Tak Hanya Piawai Menggiring Bola, Berikut Beberapa Pesepakbola Yang Juga Berprofesi Sebagai Dokter

Pandemic akibat virus corona yang telah ditetapkan oleh asosiasi kesehatan dunia atau WHO menarik banyak tenaga medis untuk dapat mencegah serta menangani korban yang terjangkit virus mematikan tersebut. Hal tersebut lantas membuat jadwal kompetisi olahraga di dunia harus ditunda. Salah satunya sepak bola yang juga harus menyetop kompetisi yang sudah berjalan setengah jalan tersebut. Tidak hanya itu, kondisi ini juga membuat para pemain bola banyak bersimpati untuk melakukan penggalangan dana demi membantu meringankan beban tersebut.

Tidak hanya pandai dalam menggiring bola di lapangan hijau, beberapa pesepak bola juga ternyata memiliki profesi sebagai dokter di luar lapangan. Berikut ini adalah beberapa pesepak bola yang juga berkarier sebagai dokter.

Profesi sebagai petugas medis atau seorang dokter akhir-akhir ini memang tengah menjadi sebuah sorotan akibat pandemic virus corona dan mereka lah yang menjadi garda terdepan dalam penanganan wabah yang tengah menyerang dunia tersebut. Namun tidak hanya itu, beberapa pemain bola juga adanya yang memiliki double profesi dengan merangkap sebagai dokter. Berikut rangkumannya:

  1. Raul Madero
    Raul Madero adalah salah satu legenda Estudiantes. Dirinya memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola pada tahun 1969 usai berhasil lolos dari fakultas kedokteran. Ia kemudian dipercaya untuk menjadi dokter di Tim Nasional Argentina selama 7 tahun dari 1983 sampai 1990.

Seperti yang dikutip dari situs resmi federasi sepak bola dunia atau FIFA, bahwa usai menjadi dokter di Tim Tango, Raul Madero kemudian menjadi anggota dewan komite media di FIFA sejak tahun 1996 hingga tahun 2007.

  1. Kenny Deuchar
    Kenny Deuchar adalah mantan pemain bola professional yang berasal dari Skotlandia dan berkarier selama 1999 hingga tahun 2002. Menurut kabar yang dikutip dati The Guardian bahwa ia bermain sebagai seorang penyerang dan menorehkan 142 gol dari total 390 pertandingan.
    “Saya biasa jaga di rumah sakit dari jam 20.00 hingga pukul 08.00. kemudian main untuk sebuah pertandingan pukul 15.00 lalu langsung kembali lagi ke rumah sakit untuk jaga selama 12 jam pada hari Sabtu Malam,” ucapnya menjelaskan.
  2. Kevin O’Flanagan
    Kevin O’Flanagan merupakan seorang atlet sepak bola sekaligus rugby asal Republik Irlandia. Pemain yang lahir di Dublin tersebut juga tercatat pernah memperkuat Arsenal pada tahun 1945 sampai 1947.

Pemain yang merupakan lulusan kedokteran University College Dublin ini menjalankan kuliahnya sambil aktif bermain rugby dan sepakbola. Dirinya juga sempat menjabat sebagai anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan juga sempat menjadi Presiden Dokter Olahraga Republik Irlandia.

  1. Tostao
    Ia adalah pesepakbola yang juga nagian dari Tim Nasional Brasil dan berhasil merebut gelar Piala Dunia tahun 1970 bersama Pele. Pemain yang memiliki nama asli Eduardo Goncalves de Andreade, Tostao membuka praktek usai pension tahun 1973 di Belo Horizonte.
  2. Talimeran Ao
    Talimeran Ao adalah seorang kapten Tim Nasional India pertama dalam sejarah. Ao juga dipercaya sebagai kapten timnas India pada gelaran Olimpiade tahun 1948. Dirinya lulus sebagai Bachelor of Medicine, serta Bachelor of Surgery (MBBS) pada tahun 1950 ketika ia masih aktif untuk memperkuat klub Mohun Bagan dan Tim Nasional India. Kemudian ia memutuskan pensiun pada tahun 1952 dan memutuskan untuk membuka praktek di salah satu wilayah di Nagaland India.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Pesepak Bola Malaysia Tolak Potong Gaji Gara-Gara Corona

Beberapa pemain sepak bola yang telah dinyatakan postif Covid-19 ini harus mengisolasi diri dirumah mereka masing-masing selama 14 hari, tentunya hal ini...

Pemain Union Berlin Rela Tidak Digaji Selama Pandemic COVID 19

Para pemain di salah satu klub Bundes Liga, Union Berlin ikhlas untuk tidak mendapatkan gaji sebagai bentuk bantuan mereka kepada klubnya yang...

Messi dan Barcelona Mendominasi Peringkat dan Statistik La Liga Spanyol

Sebelum datangnya wabah virus covid -19 ke negara spanyol dan memberhentikan la liga spanyol merupakan pekan yang sangat dinantikan oleh para penikmat...

Juventus Gagal Kunci Scudetto Lebih Cepat Karena Kalah 1-2 Dari Udinese

Laga lanjutan Liga Italia pekan ke 35 menghadirkan pertandingan antara Juventus dan Udinese. Sebenarnya ini adalah kesempatan untuk SI Nyonya Tua dapat...