29 C
Indonesia
Monday, September 21, 2020
Home Berita Liga Inggris Statistik Buruk Kepa Ini Diduga Bikin Chelsea Ingin Melepaskannya

Statistik Buruk Kepa Ini Diduga Bikin Chelsea Ingin Melepaskannya

Salah satu rumor transfer yang amat kencang beredar akhir-akhir ini adalah menyangkut Kepa. Dari kabar-kabar yang beredar kuat dikatakan bahwa Chelsea akan segera mendepak kiper mereka tersebut. Setelah meneliik statistik Kepa dibawah ini rasanya wajar apabila Chelsea mulai merasa ingin mengganti Kepa dengan kiper yang lebih kompeten.

Kepa untuk pertama kalinya memperkuat Chelsea adalah pada tahun 2018 lalu, kala itu dirinya direkrut dari Athletic Bilbao dengan harga transfer sebesar 80 juta euro. Harga yang digelontorkan oleh Chelsea tersebut terbilang amat mahal, bahkan dengan itu mereka berhasil menjadikan Kepa Arrizabalaga sebagai kipper paling mahal di dunia.

Di musim perdananya mengenakan seragam The Blues, Kepa berhasil menunjukkan penampilan yang apik. Sang penjaga gawang mampu menunjukan penyelamatan-penyelamatan memesona ketika menjaga gawang Chelsea, yang mana beberapa diantaranya adalah ketika ia melakukan save ketika menghadapi tendangan-tendangan pinalti.

Kepa juga terbilang menunjukkan kontribusi yang terbilang penting ketika Chelsea berhasil menjadi juara Liga Europa musim 2018/2019. Salah satu kontribusi nyata Kepa pada ajang tersebut adalah ketika ia menjaga gawang Chelsea dari tendangan pinalti kala leg kedua kontra Eintract Frankfurt, kala itu ia berhasil menyelamatkan 2 tendangan pinalti krusial. Dengan kemenangan tersebut The Blues berhasil lolos ke babak semifinal, dan dalam prosesnya mereka juga berhasil menang atas 4-1 atas Arsenal.

Sayangnya pada musim ini sepertinya performa Kepa mengalami penurunan, hal inilah yang kemudian menyebabkan sang penjaga gawang menjadi sorotan dan mendapat banyak kritikan. Bahkan salah satu artikel yang diterbitkan oleh Sportbible mengatakan bahwa Kepa adalah penjaga gawang di Premier League yang melakukan penyelamatan paling buruk.

Sedangkan dalam situs resmi Premier League, nama kiper The Blues ini hanya menduduki posisi ke 13 sebagai kiper dengan jumlah clean sheet terbanyak, pasalnya ia hanya berhasil melakukan sebanyak 8 kali cealn sheet . Jumlah clean sheet milik Kepa hanya separuh dari punya Ederson yang ada di urutan pertama. Dari seluruh pertandingan yang telah dilakoninya di Liga Inggris, Kepa telah kebobolan sebanyak 47 kali, dan melakukan save sebanyak 55 kali.

Jumlah kebobolan yang dialami oleh Kepa pada musim ini membuat Chelsea memiliki jumlah kebobolan lebih banyak ketimbang 10 klub Liga Inggris lainnya. Jumalh kebobolan Chelsea yang bertengger di urutan ke 4  juga disamai oleh Brighton yang finish di urutan ke 15, jelas saja ini bukan catatan yang apik.

Berdasarkan statistik yang dibeberkan oleh LDNFootball, yang kemudian dilansir oleh Sportrible, menunjukkan adanya performa buruk yang dilakukan oleh Kepa ketika ia menjaga gawang The Blues musim ini.

“Dirinya tercatat memiliki catatan presentasi terburuk dalam penyelamatan di sepanjang sejarah Liga Inggris (untuk kiper yang bermain lebih dari 10 pertandingan) dengan 45,5%. Di posisi ke 753. Dalam kurun waktu 2 tahun, ia telah mengalami kebobolan sebanyak 8% di Chelsea pada Liga Inggris sejak tahun 1992. Dan dari total 47 gol yang lolos ke gawang Chelsea, 14 diantaranya (30%) ditanggapi Kepa dengan tidak bergerak sama sekali”

Catatan Kepa yang bahkan sampai mati langkah hingga 14 kali dalam kebobolan yang dialami jelas menjadi satu hal cukup menghkawatirkan untuk Chelsea. Ditambah lagi ada pula catatan dari pihak Opta yang menyatakan bahwa seharusnya Kepa bisa 11 kali lebih sedikit kebobolan dari seharusnya. Alasan ini yang diduga kuat akan menyebabkan Kepa didepak oleh Chelsea pada musim depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Mundurnya Euro Tahun 2020 Karena Virus Corona Akan Di Gelar Tahun 2021, dan Ditundanya Liga Champion dan Liga Europa

Akibat dampak Virus corona mengacaukan jadwal sepakbola Eropa. hal itu membuat UEFA akan menunda gelaran final kompetisinya, termasuk Liga Champions dan Liga...

Sensi: Conte Tak Sekaku yang Dibayangkan Orang

Gelandang Inter Milan, Stefano Sensi mengungkap jika dirinya memiliki hungungan yang baik dengan Antonio Conte. Dirinya mengatakan jika pelatihnya tersebut tak sekaku...

Tidak Semua Kompetisi Sepakbola Eropa Berhenti Karena Corona

Saat ini wabah coronavirus generasi kedua sudah menjangkiti puluhan ribu masyarakat di Negara-negara Eropa. Dan ini menjadi masalah serius seluruh Negara Eropa....

Mario Gotze Di Kejar Kejar 3 Klub Premier League, Berikut

Pernah dianggap sebagai talenta terhebat di dunia, banyak hal besar diharapkan dari Mario Gotze. Pada tahun 2014 dia adalah pahlawan Jerman di...