29 C
Indonesia
Thursday, March 4, 2021
Home Berita Liga Indonesia Stadion Utama Gelora Bung Karno : Stadion Kebanggaan Indonesia

Stadion Utama Gelora Bung Karno : Stadion Kebanggaan Indonesia

Stadion Utama Gelora Bung Karno merupakan stadion yang serbaguna yang berlokasi di Senayan, Jakarta, Indonesia yang juga merupakan kompleks olahraga Bung Karno, stadion ini umumnya digunakan untuk pertandingan sepakbola tingkat Internasional, stadion ini diberi nama Bung Karno untuk menghormati jasa pahlawan Indonesia Soekarno Presiden pertama Indonesia yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan pembangunan kompleks olahraga di daerah Senayan ini.


Gelora Bung Karno dibuat pada masa Soekarno dalam menyambut peluang dengan menawarkan Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan pesta olahraga akbar di Asia Asian Games IV yang akan dihelat di tahun 1962, setelah disetujui Bung Karno langsung memerintahkan kepada para bawahannya untuk segera merancang suatu kompleks pusat olahraga modern dan terlengkap, sekaligus sebagai taman publik dan ruang terbuka hijau, pembangunan stadion terbesar di Indonesia ini mengorbankan 4 desa dengan lebih dari 60 ribu orang penduduk yang harus hengkang dari kampung halamannya.

Pada tanggal 21 Juli tahun 1962, stadion utama berkapasitas 100 ribu orang penonton sempurna dibangun, di awal Februari 1960 tepatnya pada tanggal 8 Februari presiden pertama Insinyur Soekarno menancapkan tiang sebagai pencanangan pembangunan kompleks Asian Games IV disaksikan oleh Wakil Perdana Menteri Uni Soviet Anastas Mikoyan.

Pembangunan stadion ini dibiayai oleh kredit lunak Uni Soviet sebesar 12.5 Juta Dollar Amerika Serikat atau sekitar 178 Miliyar Rupiah, dengan kapasitas sekitar 100 ribu orang, Stadion Utama Gelora Bung Karno sempat menjadi salah satu stadion terbesar di Dunia, namun menjelang piala Asia 2007 dilakukan sebuah renovasi pada stadion yang itu mengurangi kapasitas Stadion menjadi 88.083 orang penonton.

Pada masa orde baru stadion ini sempat berubah nama menjadi Stadion Utama Senayan, namun setelah bergulirnya gelombang reformasi pada Mei 1998 nama stadion ini kembali ke nama semulanya yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno, Fitur khusus yang dimiliki dari stadion ini adalah konstruksi atap baja besar yang membentuk seperti cincin raksasa yang juga disebut sebagai temu gelang.

Selain untuk menaungi para penonton di seluruh sector dari panasnya matahari dan hujan, tujuan dari kontruksi cincin raksasa ini adalah untuk menekankan keagungan dan kebesaran stadion, di tahun 2018 Indonesia kembali ditunjuk menjadi tuan rumah pesta olahraga terakbar se-Asia Asian Games dan pesta olahraga terbesar se-Asia bagi para difable Asia Paragames yang keduanya berlokasi di Jakarta dan Palembang.

Stadion Utama Gelora Bung Karno dipilih sebagai stadion utama untuk penyelenggaraan kedua pesta olahraga akbar tersebut, karena usia stadion yang sudah lebih dari 50 tahun pemerintah melakukan renovasi dan perbaikan untuk stadion untuk memenuhi kriteria sesuai dengan standar dewan Olimpiade Asia, semua bangku panjang yang terbuat dari kayu dibuang dan diganti dengan kursi tunggal atau single sit, rumput stadion juga diganti dan pencahayaannya pun ditingkatkan saat renovasi berlangsung.

Tak hanya itu stadion ini juga mengakomodasi kebutuhan bagi para penyandang disabilitas, Penyelenggaraan Asian Games dan Paragames pun terbilang sukses sampai sang Komite Olimpiade untuk Asia berkata ini adalah pengalaman yang paling menyenangkan selama pelaksanaan kejuaraan olahraga Asia sedang berlangsung, kini Stadion Utama Gelora Bung Karno sudah menjadi jauh lebih baik dan berkualitas dari sebelumnya, dan menjadi Stadion Terbaik yang dimiliki oleh Negara Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Kekesalan Petinggi Barcelona Kepada Philipe Coutinho

Para petinggi FC Barcelona termasuk Presiden Barcelona Josep bortemeu mulai kesal terhadap salah satu pemain mereka yaitu Philipe Coutinho. Didatangkan dari Liverpool...

Gonzales Lanjut Kontrak di VfB Stuttgart

VfB Stuttgart telah memperpanjang kontrak Nicolas Gonzalez, yang akan berjalan hingga 30 Juni 2023, dengan satu tahun tambahan. Pemain...

Format Home Turnamen Diusulkan Oleh PSIS Untuk Ganti Liga 1 2020

Melihat keadaan Indonesia yang tidak kunjung membaik dari serangan pandemi virus corona menyebabkan banyak kekhawatiran dan kebingungan atas nasib Liga 1 musim...

Jordan Hederson Sanggah Tudingan Jago Kandang Untuk Van Dijk

Beberapa waktu lalu salah seorang pemain Liverpool Virgil van Dijk, mendapatkan tuduhan bahwa dirinya hanya merupakan pemain yang memiliki hoki karena di...