29 C
Indonesia
Saturday, December 5, 2020
Home Berita Liga Indonesia Stadion Mattalatta, Markas PSM Makassar Terbengkalai dan Jadi Kebun Sayur

Stadion Mattalatta, Markas PSM Makassar Terbengkalai dan Jadi Kebun Sayur

Markas PSM Makassar, Stadion Andi Mattalatta saat ini sedang sangat sepi aktivitas. Hal tersebut dikarenakan Shoppe Liga 1 memang tengah ditangguhkan akibat pandemi virus corona. Karena sepi aktivitas rupanya keadaan markas PSM Makassar cukup terbengkalai, bahkan kini stadion tersebut berubah menjadi kebun sayur.

Saat ini keadaan Stadion Andi Mattalatta sedang sangat tidak terurus, disisi stadion terdapat banyak rumput liar, dan bahkan kian ke tengah stadion rumput-rumput tersebut kian tinggi dan tebal. Berdasarkan pengamatan media rumput yang terdapat di dalam stadion tingginya sampai mencapai 1 meter.

Menurut kesaksian salah seorang penjaga stadion, pihaknya menyatakan bahwa sejak kompetisi dihentikan akibat virus corona. di Stadion Andi Mattalatta memang tidak terdapat aktivitas apapun, bahkan hanya sekedar aktivitas pembersihan lapangan.

“Sejak adanya virus corona sudah tidak ada lagi kegiatan apapun di dalam sini. Untuk membersihkan rumput yang ada di dalam sini maka membutuhkan kerja keras, karena ini rumputnya sudah tinggi dan tebal,” ungkap Dullah selaku penjaga area STADION.

Namun Dari pengakuan Dullah juga diketahui bahwa meskipun lapangan tidak terurus dan tersentuh, namun dirinya dan beberapa warga yang tinggal di area tersebut memiliki inisiatif untuk membersihkan tribune terbuka, sehingga tribun bisa dalam keadaan tetap bersih dan terawat.

“Namun saya tetap melakukan pembersihan untuk tribun terbuka, saya bersama beberapa warga yang tinggal di sekitar sini melakukan pembersihan yang memang bisa kita lakukan”

Disisi lain beberapa hari lalu di media sosial beredar foto yang memperlihatkan bahwa markas Stadion PSM Makassar tersebut kini telah berubah menjadi kebun sayur. Berdasarkan penelusuran beberapa media, diketahui bahwa dalang dibalik penanaman sayuran tersebut adalah Sanusi Uci, yang juga merupakan penjaga Stadion.

Dari penuturan Uci diketahui bahwa alasannya melakukan penanaman sayur di Stadion yang saat ini memang sepi aktivitas adalah, karena ia ingin berbagi pada warga sekitar stadion.

“Jadi ini bukan kebun, tapi ini adalah sayur. Saya menanam sayuran berumur jangka pendek seperti bayam, dan kangkung. Jadi ini saya beli harganya Rp 20.000,- dan hasilnya saya bagikan pada penghuni kompleks stadion. Saya ingin membagikan uang tapi saya tidak cukup, untuk saya sendiri uang tidak cukup, jadi ini ada manfaatnya”

Dalam penjelasan yang diberikan oleh Sanusi, kegiatan berkebun sayur yang dilakukannya tersebut adalah dalam rangka untuk menghidupi dirinya dan juga warga yang tinggal di area stadion. Stadion yang tidak memiliki aktivitas, sedikit banyak juga memengaruhi pemasukan warga sekitar, karenanya keadaan Stadion yang terbengkalai dimanfaatkan untuk  menanam sayur.

Sanusi juga menegaskan bahwa apa yang dilakukan oleh pihaknya saat ini sama sekali tidak merusak stadion. Ia juga menyatakan bahwa kegiatan yang dilakukan tersebut telah mendapatkan izin dari pihak stadion, dengan syarat kegiatan berkebun sayur tidak akan merusak Andi Mattalatta, dan sayur yang ditanam adalah sayuran jangka pendek.

Saat ini Shopee Liga 1 memang tengah ditangguhkan oleh pihak berwenang, menyikapi keputusan pemerintah yang melarang segala aktivitas yang mendatangkan masa dalam jumlah besar, salah satunya adalah kegiatan olahraga.

Hingga hari ini belum ada titik terang kapan kira-kira Liga 1 akan kembali bergulir kembali, karena keadaan di Indonesia akibat pandemi Covid 19 juga masih cukup runyam. Kian hari jumlah korban justru kian bertambah sehingga tidak bisa dipastikan kapan pandemi Covid 19 di Indonesia akan selesai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Barcelona Sudah Siapkan Langkah Bajak Bek Milik Manchester City

Sekarang ini dunia sepakbola memang semakin menarik saja. Terlebih Barcelona sekarang ini sedang membutuhkan bagian bek tengah baru agar mampu hadapi sebuah kompetisi pada...

3 Pemain Bintang yang Kariernya Hancur di Chelsea

Banyak pemain yang kandas mencapai kesuksesan sehabis bergabung dengan Chelsea. Berstatus pemain bintang serta dibeli mahal, pemain- pemain ini malah kariernya tamat...

Cedera Tulang Rusuk, Sandi Sute Pun Terancam Absen Dalam 9 Laga Persija Di Shopee Liga 1

Hanya tinggal beberapa hari menjelang laga Shopee Liga 1 sebuah kabar buruk pun dating dari Persija Jakarta. Dimana persija Jakarta atau tim...

Manchester United Kehabisan Dana Untuk Belanja Pemain?

Tidak akan ada lagi pemain yang akan dibeli dengan harga besar di bursa transfer musim panas ini, benarkah hal itu dikarenakan Manchester...