29 C
Indonesia
Tuesday, July 14, 2020
Home Berita Internasional Stadion bersejarah Brasil Jadi Rumah Sakit Darurat Untuk Tangani Pasien COVID-19

Stadion bersejarah Brasil Jadi Rumah Sakit Darurat Untuk Tangani Pasien COVID-19

Stadion bersejarah Brasil di Rio de Janeiro, Maracana, sudah digunakan untuk menjadi rumah sakit darurat penanganan pasien-pasien yang positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19.

Terjadi peningkatan kasus orang tertular virus Corona atau COVID-19 di Brasil. Hingga Kamis kemarin 26 Maret 2020, sudah sebanyak lebih dari 2.900 orang positif terinfeksi, sehingga pemerintah Brasil meminta sejumlah komplek arena olahraga diubah menjadi rumah sakit darurat untuk pasien terinfeksi virus Corona.

WinBig Ads

Meskipun Stadion Maracana di Rio Janeiro sudah diubah menjadi rumah sakit darurat untuk pasien virus Corona atau COVID-19, namun pemerintah setempat belum memutuskan berapa banyak daya tampung untuk pasien di Stadion Maracana.

Dikutip dari CNN, pada 25 Maret lalu, stadion berkapasitas 78.000 kursi, rumah bagi pemenang 2019 Copa Libertadores Flamengo, hanyalah salah satu dari beberapa stadion dan pusat konvensi yang akan dikonversi menjadi rumah sakit dan tempat karantina COVID-19.

Bahkan, sejumlah pejabat negara Brasil dilaporkan positif terjangkit virus Corona atau COVID-10. Korban adalah Menteri Urusan Pertambangan dan Energi Brazil Bento Albuquerque dinyatakan positif tertular COVID-19, disusul oleh Ketua Senat Davi Alcolumbre. Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengonfirmasi langsung bahwa Albuquerque menjadi anggota kabinet kedua yang terpapar virus tersebut.

Sementara itu, Ketua Senat Brazil Davi Alcolumbre terkonfirmasi positif corona pada uji medis kedua, setelah sebelumnya dinyatakan negatif pada uji medis pertama. Dalam pernyataan konfirmasi yang dikeluarkan kantornya, disebutkan bahwa Alcolumbre tidak mengalami gejala yang berat, namun merasa sakit ringan saja.

Selain kedua pejabat tinggi itu, penasihat presiden untuk urusan keamanan nasional, pensiunan Jenderal Augusto Heleno, melalui cuitan Twitter menyatakan dirinya juga positif COVID-19 dan tengah melakukan karantina di rumah karena tidak mengalami gejala sakit apa pun.

Pihak yang bersangkutan hingga saat ini belum memutuskan apakah fasilitas rumah sakit darurat bakal di bangun di atas lapangan hijau atau lokasi lain dalam kompleks Maracana, yang meliputi stadion atletik dan gedung akuatik.

Secara keseluruhan Rio de Janeiro berupaya membangun sedikitnya enam rumah sakit darurat selama memerangi pandemi virus Corona ini. Sedikitnya ada sekitar 78 orang di Brasil yang meninggal karena virus Corona atau COVID-19.

Ada 3 stadion
Sejumlah gubernur di Brasil telah menerapkan karantina di wilayah terjangkit, hal ini dilakukan demi meningkatkan daya tampung fasilitas kesehatan. Maracana jadi stadion sepak bola ketiga yang dikonversi menjadi rumah sakit darurat.

Sebelumnya ada Stadion Pacaembu di Sao Paulo dan Stadion Mane Garrincha di Brasilia, yang sudah diubah menjadi rumah sakit darurat di Brasil sebagai bantuan untuk penanganan pasien COVID-19.

Sebelumnya, brasil mengonfirmasi kasus kematian pertama akibat virus Corona atau COVID-19. Terkait kasus kematian pertama itu terjadi saat Kota Sao Paulo dan Rio de Janeiro mendeklarasikan keadaan darurat.

Dilansir dari AFP, korban meninggal pertama itu adalah seorang pria lanjut usia yang berusia 62 tahun yang juga memiliki penyakit diabetes dan juga memiliki tekanan darah tinggi. Pria tersebut akhirnya meninggal duni pada Senin 16 Maret 2020 di Sao Paulo.

Kasus kematian pertama ini dianggap akan menjadi boomerang bagi Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. Masyarakat brasil banyak mengkritik cara pemerintah daerah bereaksi terhadap virus ini. Kritik itu disampaikan Bolsonaro usai Kota Sao Paulo dan Rio de Janeiro mendeklarasikan keadaan darurat akibat virus Corona.

Memang, pemerintah setempat sebelumnya pada 13 Maret telah menutup sekolah, teater, dan bioskop selama 15 hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WINBIG88

- Advertisment -

Berita Favorit

Sengaja Tak Potong Rumput, Begitulah Cara Neville Menghentikan Pergerakan CR7

Mantan pelatih Valencia, Gary Neville pernah menggunakan strategi kotor demi dapat menghentikan pergerakan megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo ketika laga antara Valencia...

Manchester United Mendukung Penyelesaian Kompetisi Domestik

Manchester United saat ini adalah salah satu klub liga Inggris yang paling sukses saat ini. Akan tetapi sejak tahun 2013, sayangnya mereka...

Sulut United Sudah Siap Hadapi Liga Selanjutnya

Sulut United merupakan klub sepak bola asal Sulawesi Utara, klub ini mengalami hal yang berbeda pada laganya yang pertama saat Liga 2 di musim...

Apa Dampak Negatif Penundaan Jadwal Barcelona dan La Liga?

Corona adalah suatu wabah yang menjadi momok belakangan ini. Mewabahnya virus corona membuat La Liga tidak mau mengambil resiko. Hal ini membuat...