29 C
Indonesia
Thursday, July 9, 2020
Home Berita Liga Inggris Solkjaer Sempat Akan Bergabung Ke Liverpool

Solkjaer Sempat Akan Bergabung Ke Liverpool

Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solkjaer mengakui bahwa dahulu ia sempat akan bergabung ke Liverpool. Sebelum meniti karir sebagai pelatih, Ole adalah seorang striker hebat yang dimiliki Manchester United. Dan sebelum tawaran United datang, Ole mendapatkan tawaran beberapa klub besar, salah satunya Liverpool.

Solkjaer mengatakan bahwa ada beberapa klub yang tertarik merekrutnya sebelum United. “Apakah Liverpool dan Muenchen juga tertarik merekrut saya? Ya, Cagliari, PSV Eindhoven, dan beberapa klub lainnya juga,” tutur pemain yang dijuluki para fans United, The Baby Face.

Pada akhirnya Solkjaer bergabung ke Manchester United dan menjadi salah satu legenda klub. Ole bergabung ke MU dengan nilai transfer 1,5 juta pound. Ia di plot sebagai pelapis striker tajam saat itu, Eric Dantona dan Andy Cole. Sebelum ke MU, Ole mengawali karir di dua klub local Norwegia Clausenengen dan Molde. Pihak manajemen MU sangat tertarik mendatangkan The Baby Face karena catatan baik yang dibukukan Solkjaer di klub Molde. Ia mencetak 41 gol dari 54 laga utuk Molde, sebuah catatan fantastis yang membuat Sir Alex berminat menjadikannya bagian dari skuad setan merah.

Saat itu memang Solkjaer masuk radar pemain incaran, namun MU sedang berburu striker berkelas saat itu, Alan Shearer. Gagalnya MU mendapatkan Shearer, karena ia lebih memilih bergabung dengan Newcastel United, maka MU mengalihkan fokus kepada Solkjaer. Gol indah yang diciptakan Solkjaer ke gawang timnas Ajerbaijan saat membela timnas Norwegia semakin menguatkan Ferguson untuk merekrut bocah ajaib ini.

Solkjaer bergabung dengan United tahun 1996 dan selama 11 tahun ia bertahan dan menjadi pujaan fans setan merah. Walaupun ia tidak menjadi pilihan di tim utama, namun keberadaan Solkjaer yang sering dimainkan di menit-menit akhir membuat tim manapun akan berpikir keras bagaimana jika Solkjaer masuk di menit akhir dan mencetak goal. Dunia mengetahui bagaimana Solkjaer seringkali dimainkan sebagai super sub oleh Ferguson dan ia menjadi mimpi buruk bagi tim lawan. Solkjaer hampir selalu menjadi pencetak goal penentu kemenangan United. “Solkjaer adalah seorang finisher luar biasa, salah satu yang terbaik. Kami memang memiliki beberapa finisher yang bagus, namun Ole adalah sangat bagus,” ungkap Alex Ferguson.

Selepas menjadi legenda di MU, Solkjaer langsung mendapatkan tawaran untuk melatih tim cadangan mulai periode 2008-2010. The Baby Face menjawab kepercayaan itu dengan mempersembahkan gelar Lancashire Senior Cup 2008 dan Manchester Senior Cup 2010.

Ole juga sempat menangani klub masa lalunya Molded dan bekerja secara fantastis mempersembahkan gelar juara Liga Norwegia di tahun debutnya. Dan di tahun berikutnya berhasil mempertahankan mahkota juara plus gelar Piala Norwegia di tahun 2013.

Sebagai pelatih, Solkjaer juga pernah mengalami kegagalan. Yakni ketika tahun 2014 saat menangani Cardiff City FC. Ia datang di saat yang kurang tepat, Cardiff saat itu sedang berjuang keluar dari zona degadrasi. Alhasil, Ole tidak berhasil menyelamatkan Cardiff. Solkjaer pun dipecat dari kursi kepelatihan di tahun 2015 dikarenakan kinerja buruk di awal divisi kelas dua kompetisi di Inggris.

Solkjaer pun sempat kembali ke Molde dan berhasil menstabilkan permainan Molde. Manajemen pun mengontraknya hingga 2021. Namun tawaran dari MU tampaknya tak dapat ditolak oleh Ole. “Klub ini akan selalu dihati. Saya tidak sabar untuk bisa bekerja dengan skuad berbakat yang kami miliki,” tutur Solkjaer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WINBIG88

- Advertisment -

Most Popular

Prediksi Bola : Genoa vs Napoli Kamis 7 Juli 2020

Genoa dan Napoli akan bertemu dalam laga lanjutan Serie A pekan ke 34. Pertandingan yang dilaksanakan pada Kamis 9 Juli 2020 tersebut...

Prediksi Bola Brighton vs Liverpool 9 Juli 2020

Sang juara Premier League musim ini, Liverpool akan melakoni laga tandang ke markas peringkat 15, Brighton. Pertandingan tersebut merupakan laga lanjutan pekan...

Prediksi Bola Barcelona vs Espanyol 9 Juli 2020

Barcelona akan melakukan laga kandang dengan menjamu Espanyol dalam laga lanjutan pekan ke 35 Liga Spanyol musim 2019/2020. Pertandingan yang mempertemukan peringkat...

Max Eberl : Mustahil Bagi Tim Lain Untuk Bersaing Dengan Bayern Munich

Bayern Munich adalah satu-satunya tim Jerman yang amat berjaya saat ini. Bahkan melihat berapa digdayanya klub satu ini, seolah semua klub Jerman...

Recent Comments