29 C
Indonesia
Thursday, September 24, 2020
Home Berita Liga Jerman Sky Hadirkan Suporter Gaib Untuk Riuhkan BundesLiga

Sky Hadirkan Suporter Gaib Untuk Riuhkan BundesLiga

Telah resmi ditetapkan bahwa pada akhir pekan ini Liga  Jerman akan resmi digulirkan kembali. Akan tetapi kompetisi sepakbola paling bergengsi di Jerman tersebut nantinya tidak akan boleh dihadiri oleh para penonton, seluruh suporter hanya diperbolehkan menyaksikan pertandingan melalui layar kaca saja. Akan tetapi rupanya untuk meramaikan suasana BundesLiga dan Sky memiliki cara mereka sendiri, lantas seperti apakah cara tersebut?

Berdasarkan pengumuman yang telah dibuat oleh pihak DFL selaku federasi sepakbola Jerman, maka kompetisi pekan ke 26 BundesLiga dan BundesLiga 2 akan mulai kembali dihelat pada tanggal 16 Mei mendatang.

Pada hari Sabtu besok akan ada 6 pertandingan BundesLiga yang dihela, dan keseluruhan laga tersebut akan dilaksanakan pada jam 20.30 WIB. Salah satu pertandingan yang juga akan dihelat pada laga pertama usai kompetisi ditangguhkan adalah Borussia Dortmund vs Schalke.

Pihak BundesLiga menetapkan bahwa seluruh laga akan kembali dilaksanakan tidak akan melibatkan suporter di stadion. Hal ini merupakan keputusan paling bijak karena mereka harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pihak pemerintah Jerman. Meski saat ini keadaan Jerman telah berangsur normal namun, aturan untuk tidak melakukan perkumpulan lebih dari dua orang di luar rumah dan tetap melakukan social distancing harus diterapkan hingga bulan September nanti.

Karenanya bisa dipastikan bahwa tidak akan ada satu suporterpun yang datang menyaksikan pertandingan. Bahkan BundesLiga telah mengumumkan akan memberikan sanksi berat bagi klub yang suporternya ngotot datang ke stadion, meski hanya berkumpul diluar stadion saja. Jadi untuk seluruh pendukung klub BundesLiga, kali ini harus cukup puas menyaksikan pertandingan di depan layar kaca saja.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran suporter di stadion merupakan elemen penting dalam sebuah pertandingan. Maka tidak heran jika saat kita menyaksikan pertandingan di layar kaca namun tidak mendengar riuh teriakan para suporter akan terasa aneh rasanya. Dengan tidak adanya teriakan suporter dan nyanyian-nyanyian pendukung maka yang hanya akan didengarkan adalah terikan antar pemain, pelatih, dan wasit saja.

Jelas saja suasana seperti yang disebutkan diatas bisa dikatakan sebagai suasana yang cukup “menyeramkan” bagi penonton sepakbola. Karena itu Sky sebagai salah satu layanan layanan televisi yang memiliki hak siar atas BundesLiga, memiliki cara tersendiri untuk tetap bisa mempertahankan atmosfer pertandingan sepakbola yang tetap asyik dinikmati oleh suporter dari layar kaca. Jadi nantinya bagi saat melakukan siaran pihak Sky akan menambahkan efek suara suporter.

Efek suara yang akan diputarkan oleh mereka sebagai latar suara pertandingan tersebut merupakan hasil rekaman dari pertandingan-pertandingan Liga Jerman yang sebelumnya. Dan rekaman-rekaman yang telah mereka kumpulkan akan disesuaikan dengan laga yang tengah berlangsung.

“Selain mendengarkan suara komentator, nantinya (saat pertandingan) kami juga akan memutarkan ulang suara nyanyian-nyanyian dari fans untuk tim-tim yang tengah bertanding, selain nyanyian akan ada pula reaksi-reaksi penonton selama menyaksikan pertandingan (sebelumnya)” papar pihak Sky melalui situs resmi mereka.

Latar suara ini merupakan suatu fitur yang bisa dipilih maupun tidak. Karenanya untuk para penonton yang merasa lebih senang menyaksikan pertandingan tanpa mendengar nyanyian suporter maka bisa memilih untuk menonaktifkan pilihan suara latar.

Trobosan yang dibuat oleh pihak Sky ini merupakan satu ide yang cemerlang, karena meski tidak ada pendukung yang datang ke stadion, namun penonton tetap dapat menikmati atmosfer pertandingan yang sebagaimana mestinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Sempat Dicibir, Kini Nemanja Matic Jadi Pemain Kunci Manchester United

Nemanja Matic mengalami situasi berbeda saat tahun 2019 dengan tahun 2020. Pada tahun 2019 sebelum bulan Desember, Matic hendak dibuang Manchester United....

5 Pemain yang Sudah Lalui Proses Naturalisasi tapi Gagal Tembus Timnas Indonesia

Umumnya, ada dua alasan pemain asing ingin berganti kewarganegaraan menjadi Indonesia. Pertama, agar bisa memperkuat Timnas Indonesia. Kedua, supaya bisa bertahan lebih...

Redupnya Karier Mario Gotze Di Borussia Dortmund

Borussia Dortmund hendak lekas ditinggal berangkat Mario Gotze dari gelaran Liga Jerman ke salah satu dari 2 klub Serie A. Broussia Dortmund...

Kiper Terbaik 5 Liga Top Eropa

5 liga top eropa terkenal dengan pemain berbakat diseluruh dunia. Bisa kita lihat memang selalu ada saja pemain terbaik selalu ditemukan disini....