29 C
Indonesia
Friday, May 14, 2021
Home Berita Liga Italia Serie Masih Akan Tetap Gunakan Aturan Pergantian 5 Pemain

Serie Masih Akan Tetap Gunakan Aturan Pergantian 5 Pemain

Aturan pergantian 5 pemain dalam laga, nantinya masih akan tetap digunakan oleh pihak Serie A dalam menjalankan kompetisi Liga Italia musim 2020/2021. Alasan mengapa aturan tersebut masih akan dilanjutkan untuk digunakan adalah karena, menurut mereka kondisi saat ini dinilai masih relevan untuk menerapkan aturan tersebut.

Sebagaimana yang diketahui bahwa pada musim lalu setelah Liga Italia dinyatakan boleh kembali dilakukan, pihak Federasi Sepakbola Italia atau FIGC, menetapkan aturan baru yang disarankan oleh FIFA untuk diperbolehkannya setiap klub melakukan 5 kali pergantian pemain.

Aturan pergantian 5 kali pemain ini, sebelumnya diterapkan karena pada saat harus kembali memulai kompetisi di bulan Juni, maka dipastikan jadwal pertandingan akan sangat padat. Karena itu, untuk menjaga kondisi para pemain tidak sampai kelelahan, pihak Serie A menerapkan kebijakan ini, dalam 12 pertandingan yang harus diselesaikan dalam waktu satu setengah bulan lamanya.

Sebenarnya aturan pergantian 5 kali pemain ini, tidak hanya dipakai oleh pihak Serie A saja, namun juga beberapa kompetisi lainnya seperti Premier League, LaLiga, dan Bundes Liga. Beberapa kompetisi mengambil langkah berbeda dalam menyikapi aturan ini di musim baru ini. Premier League misalnya, mereka akan berencana menghapus aturan tersebut, dan kembali pada aturan 3 kali pergantian pemain, di musim ini. Alasannya karena, kompetisi di musim baru akan berjalan dengan waktu normal sebagaimana biasanya, meskipun masih dalam keadaan pandemi Covid 19.

Dan pihak FICG  selaku badan Federasi Sepakbola Italia, ternyata memilih untuk tetap mengizinkan kompetisi menerapkan aturan 5 kali pergantian pemain ini, dalam kompetisi Serie A musim 2020/2021. Pasalnya menurut pihak mereka, kondisi saat ini belum bisa dikatakan stabil, sehingga nampaknya aturan ini kedepan akan tetap relevan.

Selain masalah keadaan yang belum menentu, FICG juga mengatakan bahwa banyaknya kompetisi Internasional di musim depan juga menjadi salah satu mengapa alasan ini masih tetap harus diberlakukan.

Sebagaimana yang diketahui bahwa pada musim 2020/2021 nantinya akan ada penyelenggaraan Piala Euro  20201, Coppa America, serta Olimpiade. Dengan banyaknya kompetisi ini maka kemungkinan besar, para pemain juga akan memiliki waktu yang begitu padat dalam menjalani pertandingan.

“Liga Serie A telah mengajukan perizinan untuk tetap melakukan pergantian pemain sebanyak 5 kali di sepanjang musim 2020/2021 ini” beber Bos FICG, Gabriele Gravina, yang dilansir oleh pihak Football Italia.

“Dan disini saya bisa mengatakan bahwa pergantian pemain sebanyak 5 kali nantinya akan bisa digunakan mulai dari awal musim,” lanjut Gravina masih dalam sesi jumpa pers bersama dengan Gianni Infantino selaku Presiden FIFA.

Dengan adanya pernyataan resmi ini maka kedepan para klub Liga Italia akan bisa merasa lebih tenang, karena dengan ini mereka akan lebih bisa mengatur strategi kondisi para pemain. Bagaimanapun jika para pemain diharuskan melakukan jadwal yang padat maka berkemungkinan besar akan membuat mereka drop atau bahkan terserang cedera. Dan ini juga pasti akan merugikan pihak klub.

Liga Italia 2020/2021 sendiri saat ini telah dijadwalkan akan bergulir pada tanggal 19 September mendatang, dan kemungkinan akan selesai pada tanggal 23 Mei 2021. Hal ini bisa berjalan sesuai jadwal, apabila keadaan Italia tidak dalam serangan pandemi tidak kembali memburuk seperti bulan Maret lalu saat kompetisi terpaksa harus ditangguhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Prediksi Skor Arsenal vs Manchester City 19 Juli 2020

Dalam babak lanjutan semifinal Piala FA, Arsenal akan bertemu dengan sang juara bertahan Manchester City. Pertandingan yang diprediksi akan berlangsung amat sengit...

Memiliki Masa Depan yang Cerah Penjaga Gawang Muda yang Menjadi Kepercayaan di Klubnya Saat Ini

Saat ini mulai muncul bakat bakat baru yang bisa jadi asset dan mpunya masa depan cerah di klunya ya deretan penjaga gawang...

Real Madrid Dikabarkan Tengah Incar Pochettinho dan Harry Kane

Real Madrid akhir-akhir ini menjadi satu klub yang terus menerus disebut-sebut dalam berita transfer bola. Kabarnya akhir-akhir ini pihak manajemen memang memiliki...

Tak Hanya Piawai Menggiring Bola, Berikut Beberapa Pesepakbola Yang Juga Berprofesi Sebagai Dokter

Pandemic akibat virus corona yang telah ditetapkan oleh asosiasi kesehatan dunia atau WHO menarik banyak tenaga medis untuk dapat mencegah serta menangani...