29 C
Indonesia
Thursday, July 9, 2020
Home Berita Liga Indonesia Sempat Berinteraksi dengan Wander Luiz, 4 Pemain Persib Ini Dinyatakan Negatif COVID-19

Sempat Berinteraksi dengan Wander Luiz, 4 Pemain Persib Ini Dinyatakan Negatif COVID-19

Striker Persib Bandung, Wander Luiz menjadi pesepak bola pertama di Indonesia yang positif virus Corona atau COVID-19. Ia dinyatakan terpapar virus tersebut setelah menjalani Swab Tes pada Kamis 26 Maret lalu.

Meski positif, kondisi tubuh Luiz dinyatakan baik karena tidak memiliki gejala yang mirip dengan seseorang yang terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Kendati begitu, penyerang asal Brasil itu tetap menjalani isolasi mandiri.

Lantas, bagaimana dengan status kesehatan para pemain Persib lainnya? Pasalnya, skuat Maung Bandung tersebut sempat beberapa kali menggelar sesi latihan bersama sebelum Luiz dinyatakan positif Corona atau COVID-19.

Selain itu, Luiz juga diketahui sempat berdialog dengan beberapa pemain Maung Bandung seperti Fabiano Beltrame dan Esteban Vizcarra. Fabiano Beltrame, Omid Nazari, dan Geoffrey Castillion juga menjalani pemeriksaan yang sama dengan Luiz. Namun, dokter dari tim Persib, Rafi Ghani menegaskan pemain yang selalu ada di sekitar Luiz tersebut dinyatakan negatif virus Corona atau COVID-19. Hal itu terlihat dari hasil tes Fabiano, Omid, dan Castillion.


“Kalau pemeriksaan itu sebetulnya prioritas untuk yang bergejala dan yang dinyatakan suspect Corona. Kemarin Wander Luiz memang diperiksa dan kejaring positif. Tetapi, orang-orang dekat di sekitarnya kan tidak, seperti Fabiano,” ucap Rafi.

Lebih lanjut, Rafi juga mengatakan sebelum ada pemain yang dinyatakan positif virus Corona, Persib Bandung sudah melakukan berbagai antisipasi. Diantaranya menggelar sosialisasi pencegahan Corona atau COVID-19, tidak melakukan kontak fisik, hingga menggelar tes proaktif pada sejumlah pemain dan ofisialnya.

Terlebih usai Wander Luiz dinyatakan positif, seluruh pemain Persib langsung mengatur jarak sosial. Mereka sadar untuk mengisolasi diri di rumah sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan. Manajemen persib pun langsung melakukan pembersihan menyeluruh dengan disinfektan di asrama pemain dan kantor, termasuk store, cafe, dan radio. Sementara jadwal latihan reguler ditangguhkan hingga waktu yang belum ditentukan.

Dengan demikian, Raffi cukup merasa lega lantaran pemain lainnya aman dari penularan virus Corona atau COVID-19. “Kita sudah melakukan tidak ada kontak fisik social distancing dari 3 Maret lalu. Ini artinya sekarang tidak ada yang sakit di tim,” lanjutnya.

Tapi, SOP-nya karena pernah ada yang berinteraksi dengan Wander Luiz, jadi diperumpamakan sebagai ODP. Kita lakukan isolasi mandiri selama 14 hari,” tutup Rafi. Jumlah pasien positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19 per Rabu 1 April, mencapai 1.677 kasus. Dari jumlah kasus tersebut, korban yang meninggal mencapai 157 jiwa, dan jumlah pasien yang sembuh sebanyak 103 orang.

Sehari sebelumnya, yakni pada tanggal 31 Maret, jumlah pasien positif virus Corona mencapai 1.528 kasus. Dari jumlah itu, korban yang meninggal mencapai 136 orang, dengan jumlah orang yang sembuh sebanyak 81 orang.

Untuk menekan penyebaran virus Corona, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, telah menerapkan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 yang mengatur tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Karantina Wilayah dan PSBB merupakan opsi tindakan yang disediakan oleh Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan untuk merespons situasi kedaruratan kesehatan masyarakat. Tindakan lainnya yang diatur dalam UU ini adalah Karantina Rumah dan Karantina Rumah Sakit. Berbagai tindakan respons tersebut hanya bisa dilakukan dalam kondisi.

Kedaruratan Kesehatan Masyarakat, yang didefinisikan sebagai kejadian kesehatan masyarakat yang bersifat luar biasa dengan ditandai penyebaran penyakit menular dan/atau kejadian yang disebabkan oleh radiasi nuklir, pencemaran biologi, kontaminasi kimia, bioterorisme, dan pangan yang menimbulkan bahaya kesehatan dan berpotensi menyebar lintas wilayah atau lintas negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WINBIG88

- Advertisment -

Most Popular

Prediksi Bola : Genoa vs Napoli Kamis 7 Juli 2020

Genoa dan Napoli akan bertemu dalam laga lanjutan Serie A pekan ke 34. Pertandingan yang dilaksanakan pada Kamis 9 Juli 2020 tersebut...

Prediksi Bola Brighton vs Liverpool 9 Juli 2020

Sang juara Premier League musim ini, Liverpool akan melakoni laga tandang ke markas peringkat 15, Brighton. Pertandingan tersebut merupakan laga lanjutan pekan...

Prediksi Bola Barcelona vs Espanyol 9 Juli 2020

Barcelona akan melakukan laga kandang dengan menjamu Espanyol dalam laga lanjutan pekan ke 35 Liga Spanyol musim 2019/2020. Pertandingan yang mempertemukan peringkat...

Max Eberl : Mustahil Bagi Tim Lain Untuk Bersaing Dengan Bayern Munich

Bayern Munich adalah satu-satunya tim Jerman yang amat berjaya saat ini. Bahkan melihat berapa digdayanya klub satu ini, seolah semua klub Jerman...

Recent Comments