29 C
Indonesia
Saturday, December 5, 2020
Home Berita Liga Indonesia Sejarah Dan Sepak Terjang Persipura Mutiara Hitam Dari Timur

Sejarah Dan Sepak Terjang Persipura Mutiara Hitam Dari Timur

Banyak sejarah tim tim besar yang ada di Indonesia salah satunya Persipura Jayapura merupakan klub dengan sejarah panjang di kancah sepak bola Indonesia. Klub berjulukan Tim Mutiara Hitam itu jadi ikon kekuatan sepak bola Indonesia Timur. Persipura Jayapura lahir pada 1 Mei 1963. Persipura muncul sebagai tempat berkembang serta tumbuh para pemain sepak bola asli Papua.

Persipura jadi klub Indonesia yang sangat rutin melahirkan pemain- pemain lokal beekualitas. Spesialnya pemain yang berasal dari Bumi Cendrawasih. Pada masa perserikatan, Persipura sanggup memperkenalkan corak berbeda di sepak bola Indonesia. Klub yang bermarkas di Stadion Mandala itu sempat jadi runner- up Divisi Utama edisi 1980 serta 2 kali menjuarai Divisi 1 pada 1979 serta 1993.

Sederet pemain berkualitas sempat membela Persipura seperti Rully Nere, Yohanes Auri, Jendri Pitoy, Eduard Ivak Dalam, Jack Komboy, Erol Iba, dan Chris Yarangga. Hingga disaat ini, Persipura masih dihuni kebanyakan putra wilayah misalnya Ian Louis Kabes, Yohanes Pahabol, Yustinus Pae, sampai Boaz Solossa. Persipura dapat dibilang sebagai klub Papua yang sangat sukses di kompetisi Indonesia. Sebanyak 4 gelar sempat diraih Persipura di masa Liga Indonesia.

Persipura pula jadi klub yang sangat rajin dan salah satunya klub Papua yang terletak di papan atas kompetisi elite Indonesia. Wajar apabila Persipura sangat identik dengan kebanggaan warga Papua. Saking dekatnya dengan warga Papua, Pimpinan Universal Persipura, Benhur Tommy Mano, berencana membangun museum sejarah Persipura. hal itu dicoba supaya warga terus cinta dengan klub kebanggaan daerahnya.


” Dengan terdapatnya museum, Persipura Jayapura bisa dikenal oleh segala warga Papua tentang sejarah awal tim ini terdapat,” ungkap Benhur sebagian waktu kemudian.

Periode 2004- 2013 dapat dibilang sebagai masa keemasan Persipura Jayapura. Klub berjulukan Mutiara Hitam itu tercatat mencapai 3 gelar liga pada 2004, 2010- 2011, serta 2013. Keberhasilan Persipura mencapai gelar tidak dapat dipisahkan dari keberadaan Boaz Solossa. Saat itu, Boaz jadi penyerang yang tampil tajam serta mencetak banyak gol untuk Persipura.

Boaz tercatat selalu jadi pencetak gol paling banyak bagi Persipura juara. hal itu dibuktikan pada masa 2008- 2009 dengan sumbangan 28 gol, 2010- 2011 dengan torehan 26 gol, dan pada 2013 dengan total 23 gol. Ketajaman pemain berumur 34 tahun itu tidak terlepas dari kecerdikan pelatih- pelatih Persipura yang menjadikannya sebagai ujung tombak. Pada 2005, Rahmad Darmawan sukses membagikan kepercayaan kepada Boaz yang saat itu berumur 19 tahun.

Dalam laga final, Boaz mencetak satu berhasil ke gawang Persija yang jadi modal Persipura mencapai gelar sehingga menang 3- 2 pada akhir babak perpanjangan. Wajar apabila keberhasilan Persipura tidak dapat dipisahkan dari keberadaan besar Boaz.

Pada masa sekarang, Persipura masih diperkuat nama- nama lama mulai dari Ricardo Salampessy, Ian Louis Kabes, Yohanes Pahabol, Yustinus Pae, sampai Boaz Solossa. Pemain- pemain ini sempat jadi bagian kesuksesan Jacksen bersama Persipura. Tidak hanya itu, terdapat pula pemain- pemain muda yang dipercaya mengisi skuat senior misalnya David Rumakiek, Todd Rivaldo Ferre, serta Marinus Wanewar.

Para pemain lokal itu dipadukan dengan legiun asing yang dihadirkan ialah Thiago Amaral, Sylvano Comvalius, Arthur Cunha, sampai Takuya Matsunaga. Materi skuat inilah yang jadi aspek pendukung Persipura untuk kembali ke persaingan gelar juara Liga 1.

Dalam 3 laga awal ini, Persipura sanggup memetik 2 kemenangan serta sekali kalah. Persipura tercatat sukses mencetak 6 gol serta kebobolan 5 kali dan disaat ini menghuni peringkat keempat klasemen sementara Liga 1 2020 dengan koleksi 6 poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Pablo Mari dan Cedric Soares Resmi Dipermanenkan Arsenal

Kini secara resmi Arsenal telah memepermanenkan Cedric Soares dan Pablo Mari. Arsenal mempermanenkan Pablo Mari daru tim Flamengo dan Soares dari klub...

Zidane Ceritakan Kegagalan Real Madrid Rekrut Gerrard

Mantan megabintang sepak bola dunia yang dulu merumput di Real Madrid, Zinedine Zidane, menceritakan tentang kegagalan yang dialami oleh Los Blancos untuk...

Erling Angkat Suara Menyoal Rumor Jadon ke Manchester United

Tidak bisa dihentikan rumor transfer Jadon Sancho dengan Manchester United masih saja terus tersiar, dan bahkan kian santer. Erling Haaland yang merupakan...

Juventus Menang Tipis Kontra Lazio Karena Cristiano Ronaldo

Dalam laga menegangkan Juventus vs Lazio, tim Si Nyonya Tua berhasil menang berkat Cristiano Ronaldo yang dua kali menjebol gawang Lazio, dan...