29 C
Indonesia
Tuesday, January 19, 2021
Home Berita Liga Indonesia Sebelum Pengumuman Lanjutan Shopee Liga 1 2020 Ditunda, PSSI dan LIB Lakukan...

Sebelum Pengumuman Lanjutan Shopee Liga 1 2020 Ditunda, PSSI dan LIB Lakukan Penyegaran Perangkat Pertandingan

Lanjutan Shopee Liga 1 2020 yang seharusnya berlangsung pada awal Oktober telah diumumkan akan ditunda karena Kepolisian tidak memberi izin keramaian akibat pandemi virus COVID-19.

Hanya saja sebelum pengumuman itu keluar, PSSI dan PT LIB telah melakukan penyegaran untuk perangkat pertandingan. Adapun penyegaran wasit telah dilakukan di Cavinton Hotel, Yogyakarta, pada 22-28 September 2020 kemarin. Seperti halnya pelaksanaan kompetisi yang akan menerapkan protokoler kesehatan secara ketat, pada agenda penyerahan wasit dan asisten wasit, juga dilakukan kebijakan yang sama.

Selama satu pekan sudah penyegaran wasit ditempuh dan diikuti oleh 44 wasit dan asisten yang akan bertugas kembali di Liga 1 2020. Langkah ini dilakukan supaya para perangkat pertandingan dapat bekerja dengan maksimal terutama menyangkut protokol kesehatan saat liga digelar di tengah tengah pandemi virus corona.

Para peserta harus melalui tahap swab test terlebih dahulu sebelum mengikuti penyegaran wasit. Baik PT LIB maupun PSSI tetap harus melakukan protokol kesehatan secara ketat melihat wabah COVID-19 yang belum juga mereda.

“Penyegaran wasit dan asisten wasit merupakan agenda pra musim yang sangat menentukan. Karena itu, dari kegiatan ini, kami sangat disiplin dalam menerapkan protokoler kesehatan pada semua detail kegiatan” Kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Pihaknya berharap para peserta penyegaran wasit dapat disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, mengingat pandemi COVID-19 yang terus mengancam.

Tidak hanya para perangkat pertandingan saja, PT LIB dan PSSI juga menggelar medical workshop untuk seluruh peserta penyegaran yang dilakukan secara virtual.

Terkait Protokoler kesehatan, sebelumnya PT ILB telah menggelar medical woarkshop secara virtual  dengan para pemain. Dalam kegiatan tersebut tercatat kegiatan penyegaran wasit diikuti sebanyak 220 peserta yang terdiri dari dokter tim dari klub yang mengikuti Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 serta tenaga medis yang akan ikut di dalam kompetisi.

“Dalam keadaan yang demikian, disiplin dalam protokol kesehatan yang telah ditentukan menjadi satu kebijakan yang memang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Pada agenda pra musim yang resmi, disiplin kesehatan tersebut telah kami awali dengan melakukan penyegaran wasit serta asisten wasit” jelas Akhmad Hadian Lukita.

Meski penyegaran telah dilakukan, para perangkat pertandingan untuk sementara waktu harus menunda pekerjaannya. Hal itu dikarenakan PSSI telah resmi menunda pelaksanaan kompetisi lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020 hingga kurun waktu satu bulan ke depan. Hal ini dikarenakan PSSI tidak medapatkan izin keramaian dari Mabes Polri.

Ditundanya izin keramaian tersebut, polri mempertimbangkan karena kasus covid-19 di Indonesia masih tinggi.

Selain itu, Polri juga sudah mengeluarkan maklumat dan penegasan tidak mengeluarkan izin keramaian di semua tingkatan.

Menyikapi hal ini, PSSI menghormati dan memahami keputusan tersebut dengan alasan yang sudah disebutkan tersebut.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan, sikap itu diambil karena dengan pertimbangan keamanan, kesehatan, dan keamanan menjadi paling utama  

“PSSI sangat mengapresiasi para klub yang telah menunjukkan semangat mereka untuk kembali mempersiapkan diri menghadapi kelanjutan kompetisi. Terlebih pada beberapa klub yang saat ini telah ada di Yogyakarta juga Malang untuk mempersiapkan diri” lanjutnya.

Dia menyampaikan, PSSI yakin dan optimis, lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 pada waktunya setelah situasi tepat  akan digulir kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Hot News : Leroy Sane Resmi Taken Kontrak Dengan Bayern Munich

Resmi! Setelah penantian panjang akhirnya Bayern Munich berhasil melakukan kontrak dengan Leroy Sane. Saat ini Bayern Munchen telah selesai menuntaskan proses transfer...

Ingin Bertahan dengan Juventus, Musim Depan Higuain Tak Jadi ke Argentina

Masa depan yang dimiliki oleh Gonzalo Hiaguain bersama Juventus saat ini masih samar-samar. Akan tetapi sang ayah menegaskan jika striker berusia 32...

Persib Bandung Bersama Dengan Arema FC Melawan Musuh!

Kabar mengejutkan datang dari dunia sepak bola negara Indonesia. Sekarang ini, striker jagoan timnas Persib Bandung yakni Wander Luiz yang sedang menjalani...

Mario Gotze Di Kejar Kejar 3 Klub Premier League, Berikut

Pernah dianggap sebagai talenta terhebat di dunia, banyak hal besar diharapkan dari Mario Gotze. Pada tahun 2014 dia adalah pahlawan Jerman di...