29 C
Indonesia
Friday, December 4, 2020
Home Berita Internasional Sebelum Mohamed Salah, Ini Dia Pemain Asal Mesir yang Banyak Dipuja

Sebelum Mohamed Salah, Ini Dia Pemain Asal Mesir yang Banyak Dipuja

Hari gini siapa yang tak kenal dengan sosok Mohamed Salah. Ia merupakan salah satu pemain hebat sepak bola dunia, yang saat ini membela klub Liverpool. Mantan pemain AS Roma itu menjadi pemain penting di skuat besutan Jurgen Klopp, bersama The Reds ia mampu menjadi sosok pemain bola andalan tim tersebut.

Mohamed Salah telah banyak membantu Liverpool untuk meraih gelar Champions musim lalu dan dua trofi lainnya, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub. Keberhasilan permain berusia 27 tahun itu membuat rakyat di negaranya, yakni Mesir, memujanya bagai dewa karena dianggap turut memperkenalkan negeri di utara Afrika itu ke kancah dunia.

Namun, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ada salah satu nama sebelum Mohamed Salah yang sudah terlebih dahulu menjadi pesepak bola terkenal di negeri Fir’aun tersebut. Pemain yang dimaksud adalah Ahmed Hossam Hussein Abdelhamid atau yang lebih akrab dikenal dengan Mido.

Mido adalah pemain bola yang menempati posisi sebagai striker atau penyerang. Pria kelahiran Kairo pada tanggan 23 Februari 1983 tersebut adalah alumni akademi klub sepak bola ternama Mesir, yakni Zamalek. Setelah ia menjalani debut di tim senior Zamalek, Mido memulai petualangannya sebagai pesepak bola dengan pergi ke Eropa bersma klub Belgia KAA Gent.

Mido yang memiliki tinggi 188 cm itu berhasil menyumbangkan 11 gol dari 21 pertandingannya bersama Gent. Penampilannya di Liga Belgia bersama Gent membuat salah satu klub raksasa dari Belanda Ajax Amsterdam tertarik dengan Mido. Ajax Amsterdam sebagai klub yang berhasil meraih empat kali juara Liga Champions itu akhirnya berhasil mendatangkan Mido ke Johan Cruyff Arena pada musim 2001-2002.

Di awal musim pertamanya bersama Ajaz Amsterdam, Mido bahkan berhasil mengunguli jumlah gol penyerang kontroversial Zlatan Ibrahimovic. Pada musim tersebut, Mido sukses mengumpulkan 12 gol berbandingan 9 gol dengan Ibrahimovic.

Penampilan perdana Mido yang apik bersama Ajax Amsterdam juga diakui oleh mantan Direktur Teknik Ajax kala itu itu Leo Beenhakker. Leo Beenhakker bahkan sampai menyebut Mido sebagai pahlawan rakyat Mesir.

“Mido adalah nama yang dipikirkan masyarakat Mesir, banyak orang terperangah dengan permainannya,” kata Beenhakker, dikutip SportFEAT.com dari The Guardian. Para pencari bakat pesepak bola terbaik, staf teknis dari berbagai klub sepak bola, dan semua yang pernah melihat permaian Mido berpikir bahwa dirinya memiliki bakat yang luar biasa dan diprediksi menjadi pemain besar.

Ronald Koeman, pelatih Ajax Amsterdam kala itu, bahkan pernah menyebut Mido sebagai seorang dewa bagi rakyat Mesir. “Di Mesir dirinya diperlakukan bak dewa,” ucap Ronald Koeman. Setelah Mido membela Ajax Amsterdam, ia diketahui pernah beberapa kali berpindah klub. Sebut saja Celta Vigo, Marseille, Tottenham Hotspur, Middlesbrough, Wigan Atheltic hingga West Ham United adalah beberapa klub yang pernah Mido bela.

Karena mengalami beberapa kali cedera yang menghampiri dirinya, karir mido di dunia sepak bola mulai meredup. Mido akhirnya memutuskan gantung sepatu pada tahun 2013. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh supporter yang sudah memberikan dukungan kepada saya di sepak bola selama bertahun-tahun lamanya, khususnya kepada para penggemar di Mesir,” ungkap Mido. “Dengan berat hati saya harus meninggalkan sepak bola,” tuturnya mengakhiri pembicaraan, seperti yang dikuti SportFEAT.com dari BBC Sport.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Antara Lautarao dan Neymar, Barcelona Harus Segera Beri Keputusannya

Sejak bursa transfer musim panas tahun lalu ada beberapa nama pemain yang sering dikait-kaitkan dengan Barcelona. Kedua pemain tersebut adalah Lautaro Martinez...

Berita Live Bola : 5 Pemain Incaran Alternatif Klub Eropa

Live bola tentang berita transfer memang selalu dinantikan. Transfer pemain sendiri ada yang berupa gosip dan kenyataan. Walaupun begitu akan tetap menarik...

Liverpool vs Burnley Berakhir Imbang 1-1

Laga Liverpool kontra Burnley yang dilaksanakan di Anfield, telah usai dengan skor imbang 1-1. Liverpool menjalani laga lanjutan Premier...

Sejarah dan Sepak Terjang PSM Makasar Di Liga Indonesia Menjadi Tim yang Menakutkan

PSM Makassar merupakan klub tertua di Indonesia. Pamor Juku Eja sebagai peraih 5 trofi juara masa Perserikatan tidak sempat pudar. Klub yang...