29 C
Indonesia
Saturday, February 27, 2021
Home Berita Liga Indonesia PT LIB Siap Lanjutkan Liga Tapi Tunggu PSSI

PT LIB Siap Lanjutkan Liga Tapi Tunggu PSSI

Belakangan wacana mengenai melanjutkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 memang kian santer terdengar, hal tersebut sebagaimana menyusul hasil rapat yang dilakukan oleh pihak PSSI dengan para klub peserta kompetisi. Menyoal hal tersebut PT LIB selaku operator kompetisi Liga 1 dan Liga mengaku siap jika memang kompetisi harus dilanjutkan. Akan tetapi pihaknya hingga saat ini tetap menunggu keputusan PSSI.

Pada Selasa 9 Juni 2020 lalu pihak PT LIB telah membuat presentasi mengenai skenario yang mungkin akan dijalankan apabila kedepan kompetisi akan kembali digelar di tengah masa pandemi seperti saat ini. Dari hal tersebut pihak PSSI memberikan klaim bahwa PT LIB telah siap untuk melanjutkan kembali kompetisi.

Meskipun telah siap untuk kembali menjalankan kompetisi, namun PT LIB memang bukanlah pihak yang dapat menentukan apakah kompetisi dapat dilanjutkan kembali atau tidak. Segala keputusan berada di tangan PSSI, dan pihak PSSI hingga kini memang masih menimbang-nimbang mengenai keputusan untuk kembali menjalankan kompetisi ditengah masa pandemi Covid 19 ini.

“Saat ini kami menunggu keputusan dari PSSI namun skenario-skenario memang telah kami buat, dan akan kami coba apakah benar nanti dapat bisa memulai kembali dengan menggunakan skenario pertama, yakni melakukan kompetisi lagi di bulan September. Sedangkan selain itu ada pula skenario kedua, yakni memulai kembali kompetisi di bulan Oktober” tutur Sudjarno selaku Direktur Operasional PT LIB.

“Saat ini yang paling penting adalah mengenai bagaimana kebijakan yang dibuat oleh pemerintah mengenai pandemi ini. Sehingga nantinya kami dapat menyesuaikan ini dengan kebijakan tersebut dengan betul-betul” lanjutnya.

“Sehingga nantinya apabila benar kompetisi kembali dilanjutkan, maka terlebih dulu kami harus menggelar workshop untuk masalah protokol kesehatan, kami harus merapatkannya dan melakukan sosialisasi”

Tidak hanya itu, sebelumnya pihak PSSI juga mengemukakan wacana bahwa kemungkinan penyelenggaraan kompetisi akan diadakan di Pulau Jawa. Dari pengakuan Sudjarno, PT LIB juga telah menyiapkan skenario apabila hal tersebut nantinya benar terjadi.

Intinya saat ini pihak PT LIB memang telah siap dengan seluruh skenario yang ada. Namun hingga kini mereka masih menunggu keputusan PSSI selaku pihak berwenang, namun hingga saat ini PSSI memang belum juga menggelar komite eksekutif. Padahal rapat komite eksekutif adalah satu agenda yang dapat menentukan bagaimana nasib kompetisi untuk kedepannya.

“Ya, untuk masalah main di Pulau jawa juga kami telah menyiapkan skenarionya, namun nanti regulasinya adalah dari PSSI, nanti PT LIB dan PSSI akan berkolaborasi membuat regulasi” lanjut Sudjarno.


“Dan dalam keadaan seperti ini kan pastinya akan ada tambahan-tambahan regulasi yang harus di tetapkan, itu nanti ya” tuturnya.

Menyoal venue pelaksanaan kompetisi di Pulau Jawa, beberapa waktu lalu pihak PSSI menyinggung bahwa kemungkinan akan menggunakan Yogyakarta sebagai homebase untuk klub-klub yang berasal dari luar pulau Jawa. Hal itu dikarenakan jika melihat keadaan Surabaya dan Jakarta saat ini, rasanya kurang memungkinkan.

Yogyakarta memang memiliki jumlah kasus COVID 19 yang jauh dibawah Jakarta dan Surabaya. Selain itu Yogyakarta juga dilengkapi dengan fasilitas lapangan yang mumpuni, setidaknya akan ada 3 lapangan yang dapat digunakan pertandingan oleh klub apabila benar nantinya pemusatan kompetisi dilakukan di Yogyakarta.

Menyoal hal ini pihak Asprov DIY juga telah menyatakan siap apabila nantinya mereka dimintai bantuan untuk menyelenggarakan kompetisi lanjutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Musim Panas Mendatang, Olivier Giroud Ingin Tinggalkan Stamford Bridge

Teka - teki sang pemain Olivier Giroud Bersama klub London utara the blues Chelsea akan menemukan titik temu , sang striker asal...

Kapten Arema FC Yang Ditakuti Lawan Mainnya

Arema kini telah berkembang menjadi klub besar liga yang ada negara Indonesia. Apalagi yang pernah menjadi kapten dalam tim Arema ini...

Secara Tegas Bayern Katakan Belum Ada Tawaran Untuk David Alaba dan Thiago Aclantara

Ditengah memanasnya isu kepindahan Thiago Alcantra dan David Alba, pihak Bayern Munich kini telah membuat pernyataan secara tegas bahwa sapai saat ini...

Tidak Hanya Sekali, Persib Lakukan Test Covid-19 Lagi

Dunia kini telah kewalahan hadapi wabah N-CoV yang saat ini sedang meningkat. Virus ini merupakan virus yang berasal dari kota Wuhan China,...