29 C
Indonesia
Tuesday, August 11, 2020
Home Berita Liga Indonesia PT LIB Akan Segera Diskusikan Masalah Tranfer Pemain Shopee Liga 1

PT LIB Akan Segera Diskusikan Masalah Tranfer Pemain Shopee Liga 1

Baru-baru ini pihak PT LIB / Liga Indonesia Baru telah menyinggul soal bursa transfer pemain di lanjutan Liga 1 musim ini. Dan kompetisi kabarnya telah diputuskan akan kembali berlanjut pada bulan Oktober nanti.

Bursa transfer memang akan menjadi salah satu solusi untuk beberapa klub yang sejatinya memiliki pemain yang kontraknya telah usai, atau untuk klub-klub yang tiba-tiba harus menghadapi kejadian tidak terduga. Salah satu contoh hal tidak terduga adalah yang baru-baru ini menimpa Persikabo, yang mana klub bersangkutan tiba-tiba ditinggalkan oleh Petteri Pannanen.

Pennanen sendiri sebenarnya hingga saat ini masih terikat kontrak dengan Tira Persikabo, akan tetapi sang pemain ternyata telah memutuskan untuk tidak melanjutkan karirnya di Indonesia. Satu hal yang sangat menguntungkan untuk sang pemain adalah karena Tira Persikabo mau untuk menyetujui dan memaklumi kondisi yang dialaminya. Karenanya Tira Persikabo bersedia untuk melakukan transfer bagi sang pemain, dan berusaha untuk mencarikan klub baginya.

Namun dengan perginya pemain asal Finlandia yang dimiliki  oleh Tira Persikabo tersebut maka mereka kini memiliki lubang, ada satu slot pemain asing yang tidak terisi apabila bursa transfer di Indonesia tidak kunjung dibuka jelang kompetisi yang akan kembali.

Berkaca dari kasus Tira Persikabo dan Pennanen, sebenarnya bisa saja bahwa kasus serupa  juga akan terjadi pada klub-klub lain. Karena tidak ada jaminan bahwa pera pemain asing lainnya juga tidak keberatan melanjutkan karir di Indonesia. Dalam keadaan pandemi seperti saat ini harus diakui bahwa ada banyak hal yang merugikan klub, mungkin beberapa diantaranya adalah pemotongan gaji pemain, yang akhirnya memicu para pemain asing untuk enggan melanjutkan kontrak.

Menyoal kasus pemain asing yang kemungkinan enggan melanjutkan karir mereka di Indonesia, maka beginilah pendapat dari PT LIB.

“Dalam waktu dekat-dekat ini kami telah merencanakan akan segera menggelar pertemuan secara virtual dengan klub peserta Shopee Liga 1. Mengenai transfer pemain itu juga akan menjadi salah satu agenda yang akan kami diskusikan,” tutur Ahmad Hadian Kulita selaku Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru pada pihak media.

Mengenai pertemuan virtual yang disinggung oleh Direktur Utama PT LIB tersebut sebenarnya memang merupakan satu rencana yang telah disebutkan sebelumnya, hal tersebut sebagaimana yang telah tertuang di dalam surat edaran PT LIB yang terbit pada Jumat 10 Juli 2020. Jadi nantinya sebelum kompetisi benar-benar kembali dimulai akan lebih dulu ada pertemuan virtual untuk mendiskusikan berbagai hal antara PT LIB dan klub peserta.

Sebenarnya jika mengacu pada jadwal Transfer Matching System atau TSM FIFA, maka Indonesia memiliki jadwal transfer periode pertama pada tanggal 1 Januari sampai 21 Maret. Kemudian bursa transfer putaran kedua atau tengah musim, akan dilaksanakan pada tanggal 10 Juli hingga 19 Agustus.

Namun mengingat keadaan masih dalam masa pandemi seperti ini, maka kini jadwal pendaftaran pemain pada bursa transfer tidak lagi berlaku. Istirahatnya kompetisi yang terpaksa harus dilakukan ini membuat jadwal tengah musim juga tidak dapat dilakukan sebagaimana mestinya, alhasil hingga hari ini pihak-pihak bersangkutan belum juga membuka bursa transfer.

Akan tetapi harus diketahui bahwa yang terjerat dalam keadaan seperti ini bukanlah Indonesia saja. Ada banyak liga-liga di seluruh dunia yang juga sama-sama tidak bisa melakukan transfer pemain, bahkan juga liga-liga top Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Manchester United Terdepan Inginkan Saul Niguez

Klub raksasa Manchester united mencara opsi lain , setelah sebelumnya incar jack grealish dari aston villa , maka machester united mencari haluan...

Liga Italia Serie A Kemugkinan Besar Akan Kembali Pada Tanggal 13 atau 20 Juni

Titik terang mengenai kapan Serie A musim ini bisa kembali dilanjutkan kembali muncul setelah pemerintah Italia melalui Menteri Olahraga. Vincenzo Spadafora mengatakan...

Lulaku Mengaku MU Minta Dirinya Bertahan

Romelu Lukaki mengaku jika dirinya sempat diminta oleh Manchester United untuk bertahan bersama klub tersebut. Namun tekadnya untuk hengkang dari Stadion Old...

Terlanjur Rusak, Hubungan Icardi dan Inter Milan Tak Dapat Diperbaiki

Sejak masih menjadi bagian dari skuat utama Inter Milan, Mauro Icardi memang kerap terlibat berbagai masalah dengan manajemen Inter Milan. Pada musim...