29 C
Indonesia
Friday, February 26, 2021
Home Berita Liga Indonesia PSSI Tegaskan Lanjutkan Liga Bukan Mulai Kompetisi Baru

PSSI Tegaskan Lanjutkan Liga Bukan Mulai Kompetisi Baru

Berdasarkan kesepakatan yang ada, PSSI memberikan pernyataan bahwa mereka akan kembali memulai Liga 1 dan Liga 2 menjelang akhir tahun nanti, yakni sekitar September hingga Oktober nanti. Mereka juga menegaskan bahwa kompetisi tersebut merupakan kompetisi lanjutan dari kompetisi yang sempat tertunda, jadi bukan memulai kompetisi baru.

Pada Selasa 2 Juni 2020, Pihak PSSI kembali menggelar acara virtual meeting bersama klub-klub dari Liga 1 dan juga Liga 2. Kemudian salah satu kesepakatan yang akhirnya muncul dari hasil meeting adalah melanjutkan kompetisi.

Bukan hanya memutuskan untuk kembali melanjutkan kompetisi, PSSI juga menawarkan beberapa hal yang layak untuk dipertimbangkan demi kepentingan kompetisi, misalnya adalah melakukan kompetisi hanya dengan berkonsentrasi di Pulau Jawa saja, menghapus sistem degradasi di Liga 1, dan juga melakukan kenaikan nilai subsidi.

Lalu dalam meeting tersebut juga membahas tentang format baru yang akan diterapkan untuk liga 2. Yang mana pihak PSSI mengusulkan untuk tetap melanjutkan liga 2, namun formatnya akan diganti ke turnamen, sehingga nanti seluruh klub akan dibagi menjadi 4 kelompok, yang mana sebelumnya kita ketahui bahwa Liga 2 mulanya hanya dibagi menjadi 2 group saja.

Kemudian juga telah diputuskan bahwa nantinya kompetisi Liga 2 juga akan dilanjutkan sebagaimana Liga 1, dan hanya akan fokus dilaksanakan di Pulau Jawa saja. Lalu satu hal terlihat sangat mencolok perubahannya adalah jatah promosi, yang mana sebelumnya jatah promosi diberikan untuk 3 tim, saat ini hanya diberikan hanya untuk 2 tim saja. Karena itu persaingan di liga 2 saat ini akan semakin ketat, jika mereka ingin merangsek ke Liga 1 musim depan.

Sebelumnya saat pandemi covid 19 menyerang Indonesia sekitar bulan Maret, kala itu Liga 1 dan Liga 2 memang baru memulai kompetisi. Liga Indonesia yang memulai lebih dulu telah merampungkan 3 pekan pertandingan, sedangkan Liga 2 justru baru ada di pekan pertama kompetisi. Dengan demikian sebenarnya ketika pertandingan ditangguhkan ada banyak sekali laga yang belum dilakoni oleh klub, baik yang berkompetisi di Liga 1 maupun Liga 2.

Meskipun ditegaskan akan berlanjut, namun tentu saja kompetisi tidak akan berjalan sebagaimana sebelumnya. Nantinya akan ada protokol kesehatan yang amat ketat, yang mau tidak mau harus dipatuhi oleh seluruh klub.

“Jadi untuk saat ini opsi yang ada untuk Liga 1 dan Liga 2 adalah melanjutkan kembali kompetisi. Namun nantinya kompetisi akan kembali dilanjutkan dengan menggunakan protokol kesehatan yang sangat ketat” tutur Yunus Nusi, selaku Pelaksana Tugas Sekjen PSSI, dalam laman resmi PSSI.

“Sebelumnya dokter Syafri Alwi juga telah memberikan penjabaran terhadap seluruh klub. Akan tetapi tetap saja seluruh keputusan akan dilakukan di rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI,” sambungnya masih dalam pernyataan yang sama.

Tidak hanya melakukan rapat dengan klub peserta Liga 1 dan Liga 2 saja, pihak PSSI juga melakukan rapat bersama Asosiasi Sepakbola Profesional indonesia (APPI) dan juga Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APPSI). Hal tersebut dikarenakan berkoordinasi dengan dua lembaga tersebut memang diperlukan.

Sejauh ini meskipun usulan untuk melanjutkan kembali kompetisi telah hampir matang, namun diketahui rupanya masih ada banyak klub yang merasa bingung dan belum sepenuhnya mengerti konsep baru yang diinginkan oleh PSSI untuk melanjutkan kompetisi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Paling Kaya, Ini Daftar Pemain Sepakbola dengan Gaji Tertinggi

Pemain sepakbola sangat dijunjung tinggi martabatnya. Ia memiliki jasa yang sangat besar sekali bagi suatu tim yang ia perkuat sepanjang karirnya. Karena...

Kurang Determinasi Adalah Alasan Kekalahan AC Milan

Berita AC Milan yang saat ini sedang ramai diperbincangkan adalah performa buruk mereka di laga terakhir Liga Italia. Banyak yang...

Lautaro Martinez : Striker Inter Milan Yang Pernah Menolak Tawaran Real Madrid

Dalam beberapa hari terakhir namanya santer diberitakan oleh media karena dirinya didekati oleh klub besar Eropa berkat penampilan apiknya bersama dengan Intermilan,...

Positif Covid-19, Luis Suarez Dipastikan Absen Melawan Barcelona

Penyerang Uruguay, Luis Suarez, dinyatakan positif covid-19 setelah melakukan tes PCR. Pemain tersebut tidak dapat mengikuti pertandingan internasional melawan Brasil. Selain itu,...