29 C
Indonesia
Tuesday, December 1, 2020
Home Berita Liga Indonesia PSSI Tak Kunjung Bentuk Struktur Panitia Piala Dunia U-20 2021

PSSI Tak Kunjung Bentuk Struktur Panitia Piala Dunia U-20 2021

Dari tahun 2019 FIFA telah secara resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah untuk acara Piala Dunia U-21 2020. Akan tetapi hingga saat ini PSSI belum juga membentuk susunan kepanitiaan secara lengkap, mereka baru menentukan beberapa penanggung jawab saja, seperti Pemimpin Panitia Penyelenggara.

PSSI telah menentukan nama kepanitiaan yang akan mengurus gelaran Piala Dunia U-21, nama kepanitiaan tersebut adalah Indonesia FIFA U-20 World Cup Organization Committee, atau yang juga disebut INAFOC.

Dalam INAFOC ini, Mochammad Irawan yang merupakan ketua PSSI menunjuk Iwan Budianto yang merupakan wakilnya sebagai ketua pelaksana penyelenggaraan Piala Dunia U-21 2021 nanti. Disisi lain, Cucu Somantri ditunjuk sebagai manajer timnas.

Mulanya pihak PSSI memang bergerak cukup cepat, mereka telah mulai menunjuk pimpinan INOFAC pada bulan Maret lalu, akan tetapi hingga saat ini PSSI belum juga menunjukkan tanda-tanda akan menyusun panitia penyelenggara.

Bukannya menyusun kepanitiaan secara lengkap, saat ini PSSI justru disibukan dengan agenda-agenda yang sebenarnya masih bisa ditunda. Misalnya saat ini mereka tengah sibuk melakukan inspeksi untuk stadion-stadion, yang salah satunya merupakan stadion yang ada di Riau, padahal stadion tersebut tidak masuk dalam daftar bidding venue tuan rumah Piala Dunia U-20.

Dari apa yang diungkapkan oleh Plt Sekjen PSSI, sepertinya nantinya orang-orang yang akan masuk dalam kepanitiaan bukan hanya orang PSSI saja, namun juga ada beberapa orang dari pihak luar. Pasalnya dalam pernyataanya Yunus Nusi mengatakan bahwa belum diselesaikannya karena ada beberapa hal yang harus mereka koordinasikan dengan pihak eksternal.

“Yang belum dan merupakan yang penting itu adalah dari beberapa lembaga eksternal, salah satunya adalah Kementerian Keuangan, Kepolisian, dan lain-lain. Kami harus melibatkan pihak luar untuk melakukan audit keuangan dan pengawasan,” terang Yunus pada pihak media kala itu.

Disisi lain, saat ini posisi Ratu Tisha dalam kepanitiaan masih kosong. Hal ini karena beberapa waktu lalu sekjen PSSI tersebut memutuskan untuk mundur dari jabatannya. Sebelum akhirnya mundur, Ratu Tisha memiliki tugas untuk mengurusi segala hal yang berkaitan dengan dokumen bidding dari PSSI ke FIFA.

Ratu Tisha mengurus hal-hal seperti mempersiapkan bakal venue, bahkan juga mencari dokumen-dokumen pemerintah yang mendukung dan berkaitan dengan penyelenggaraan kompetisi Piala Dunia U-20 tahun depan. Tugas tersebut ia kerjakan bersama para karyawan sekjen PSSI.

Sebelum akhirnya FIFA menunjuk Indonesia, ada 5 kandidat yang kala itu ditunjuk oleh PSSI, mereka adalah, Brasil, Bahrim Arab Saudi  Saudi Uni Emirat Arab, Indonesia, Peru, dan Myanmar-Thailand.

Setelah proses seleksi yang dilakukan akhirnya hanya Indonesia dan Peru yang bertahan dan dinyatakan layak menjadi kandidat. Kemudian pada tahap seleksi administrasi, FIFA menyatakan Indonesia secara resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, tahun 2021. Pengumuman resmi tersebut diberikan pada Indonesia pada tanggal 24 Oktober 2019.

Dalam hal Indonesia dapat menjadi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 sebenarnya juga merupakan peran penting dari Ratu Tisha, bahkan bisa dikatakan sosok Ratu Tisha merupakan Project Manajer dalam event ini. Karenanya setelah Ratu Tisha mundur kemudian PSSI langsung mengirimkan surat terkait evaluasi perkembangan Indonesia melakukan persiapan.

Lalu pada hari Jumat 8 Mei 2020, kemarin pihak PSS melakukan komunikasi secara virtual dengan pihak FIFA, disana mereka membahas lebih lanjut berkenaan persiapan Piala Dunia U-20 2021 nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Andres Iniesta Andaikan Kaki Messi Digabungkan Dengan Power Ronaldo

Beberapa waktu lalu salah satu legenda Barcelona, Andreas Iniesta, berandai-andai jika saja ia dapat menciptakan seorang pemain sepakbola yang ideal, maka tentunya...

Jim Croque, pemain muda Belanda berdarah Indonesia?, Sosok yan bisa di teladani Jim Croque Untuk menjadi Bintang Dunia

Pemain keturunan jawa yang dijuluki sebagai the next Lewandowski, Jim Croque, ia mengaku bahwa dirinya belum bisa memastikan akan membela Tim...

Mason Greenwood Fantastis dan Akan Berkembang di MU

Musim ini Mason Greenwood telah berhasil menunjukan penamlilannya hang begitu imprwsif untuk Manchester United. Bahkan Bruno Fernandes menilai bahwa Mason Grenwood telah...

Daftar 5 Torehan Gol Terbanyak Pemain Spanyol di Liga Inggris

Sekitar 26 tahun kompetisi Liga Inggris bisa disebut dengan Premier League telah berlangsung. Pada 15 Agustus 1992 kick off Premier League pertama...