29 C
Indonesia
Tuesday, December 1, 2020
Home Berita Liga Indonesia PSSI Masih Izinkan Penonton Datang ke Stadion

PSSI Masih Izinkan Penonton Datang ke Stadion

Gelaran pertandingan Shopee Liga 1 2020 kini sudah memasuki pekan ketiga. Ditengah-tengah wabah corona yang mulai masuk ke Indonesia, Federasi Sepak bola Indonesia (PSSI) masih mengizinkan para penonton untuk datang ke stadion.

Seperti yang kita ketahui bersama pada 2 Maret 2020 kemarin, pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa virus corona telah resmi masuk ke Indonesia. Penyebarannya yang sangat cepat itu pun tidak menutup kemungkinan akan menyasar pada dunia sepak bola Indonesia. PSSI pun tidak tinggal diam dan mulai berkoordinasi dengan berbagai pihak, khususnya dengan LIB. Dari hasil koordinasi tersebut diambillah keputusan bahwa semua kegiatan persepakbolaan di Indonesia akan terus berjalan seperti biasanya.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau yang lebih akrab disapa Iwan Bule, mengungkapkan bahwa hingga saat ini masih belum ada imbauan kepada para penonton dalam berlangsungnya kompetisi Shopee Liga 1 2020. Hal ini disampaikan oleh ketua umum PSSI tersebut ketika menghadiri rapat koordinasi bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) beberapa waktu lalu.

Iwan bule menegaskan jika hingga saat ini masih belum ada arahan apapun yang berkaitan dengan kompetisi Shopee Liga 1 harus berlangsung tanpa dihadiri oleh penonton. Dalam laman resmi PSSI juga diungkapkan bahwa selama pihak pemerintah masih belum mengeluarkan imbauan apapun terkait dengan larangan aktivitas yang dilakukan dari dampak virus corona ini, Liga 1 akan terus berjalan seperti pada biasanya.

Dengan pernyataan tersebut, ada kemungkinan bahwa pada pertandingan di pekan ketiga nanti, Shopee Liga 1 2020 akan tetap dilaksanakan dengan kehadiran penonton di stadion. Iwan Bule juga berhawap bahwa pertandingan yang akan mempertemukan Bhayangkara FC dengan Persija yang akan digelar pada Sabtu depan di Stadion PTIK bisa berjalan dengan normal seperti biasanya. Selain itu ketua umum PSSI tersebut juga berharap bahwa kedepannya tidak ada lagi pertandingan yang harus ditunda.

Meskipun demikian, Iwan Bule mengatakan bahwa kebijakan yang dikeluarkan oleh PSS ini dapat berubah ketika pemerintah memberikan intruksi terkait dengan kehadiran penonton dalam gelaran shopee Liga 1 2020 ini. jika seandainya pemerintah sudah memberikan intruksi terkait hal tersebut, maka pihak PSSI akan melakukan koordinasi dengan Direktur LIB untuk memutuskan upaya apa yang harus dilakukan kedepannya misalnya seperti pertandingan harus tetap berjalan meskipun tanpa adanya kehadiran penonton di stadion.

Di kesempatan yang sama, Zainudin Amali selaku Menpora juga juga menyampaikan bahwa digelarnya berbagai aktivitas olahraga di Indonesia ini sudah diambil dari rekomendasi yang diberikan oleh kementerian kesehatan. Satu-satunya petandingan yang ditunda karena dampak wabah virus corona di Indonesia ini adalah pertandingan antara Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya yang dijadwakan akan digelar Sabtu (7/3) lalu di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta.

Khusus pada pertandingan Persija vs Persebaya tersebut, LIB harus mengikuti kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta pada 3 Maret 2020, mengenai peningkatat kewaspadaan pada virus corona. Pihak LIB pun hingga saat ini masih belum memutuskan dan memberikan informasi lebih lanjut mengenai jadwal pasti pertandingan yang sempat ditunda tersebut akan kembali digelar dalam waktu dekat ini.

Meskipun hingga saat ini gelaran Shopee Liga 1 akan berjalan seperti biasanya, Direktur LIB, Cucu Somantri mengimbau kepada seluruh klub yang tergabung dalam Liga 1 2020 ini untuk selalu melaksanakan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu kepada seluruh penonton yang datang ke stadion. Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk memperkecil resiko virus corona menyebar di stadion yang pastinya akan dihadiri oleh ribuan orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Manchester United Mendukung Penyelesaian Kompetisi Domestik

Manchester United saat ini adalah salah satu klub liga Inggris yang paling sukses saat ini. Akan tetapi sejak tahun 2013, sayangnya mereka...

Pemain-Pemain Serie A Kembali Diserang Corona Virus

Mengingat keadaan Italia yang kian membaik, beberapa waktu lalu pihak Italia telah memberikan izin pada klub-klub yang berlaga di Serie A untuk...

Bek Tengah Juventus, Daniel Rugani Positiv Terinfeksi Virus Corona!

Kita sama tahu bahwa Italia saat ini tengah di lockdown karena merebaknya virus corona yang tidak terkendali di negara tersebut, karena virus...

Eksistensi Klub Papua Di Kasta Tertinggi Sepak Bola Indonesia Merosot, Hanya Tersisa Persipura Jayapura

Sepak bola di tanah Papua kini memasuki periode yang suram. Bagaimana tidak, klub-klub asal Papua satu persatu menghilang di radar kasta tertinggi...