29 C
Indonesia
Wednesday, July 8, 2020
Home Berita Internasional Profil National Area, Stadion Piala Euro 2021

Profil National Area, Stadion Piala Euro 2021

Salah satu stadion Piala Euro 2021 adalah Arena Stadion. UEFA memberikan kepercayaan pada stadion yang terletak di kota Bucharest ini karena mereka memenuhi syarat untuk menjadi venue pengadaan Piala Euro 2021. Stadion ini berada sekitar 4 kilo meter dari pusat kota Bucharest yang merupakan ibukota Rumania.

Menjadi salah satu stadion Piala Euro 2021 memiliki kapasitas tampung suporter sebanyak 55.634 orang. Selain itu Arena National untuk pertama kalinya dibuka adalah pada 11 tahun silam, setelah sebelumnya membutuhkan waktu selama 3 tahun untuk pembangunannya. The National Arena adalah stadion kebanggaan Rumania, karena stadion ini juga merupakan stadion terbesar di negara tersebut.

Sekilas Tentang The National Arena

Sebagaimana yang telah kami sebutkan diatas bahwa The National Arena merupakan stadion terbesar di Rumania. Namun tidak hanya besar stadion ini juga terbilang stadion canggih karena atp dari stadion ini dapat dibuka tutup secara otomatis. Hanya memerlukan 15 menit untuk mengaktifkan retractable roof National Arena.

Dalam stadion Piala Euoro 2021 ini telah dilengkapi oleh 3.600 kursi VIP. Selain itu terdapat pula 126 kursi yang disediakan oleh pihak stadion khusus untuk pihak media, namun apabila jumlah yang dibutuhkan lebih banyak, pihak stadion dapat menambahkan jumlah kursi hingga 548.

Jika melihat desain dari The National Arena maka kita akan melihat bentuk mangkuk, gaya ini merupakan gaya yang berlawanan dengan stadion-stadion yang ada di Inggris. Jika di inggris kita akan melihat tiap tribune memiliki batasan masin-masing di tiap sisi, namun Arena National justru memungkinkan tempat duduk yang terhubung hingga sepanjang stadion.

Meskipun bakal stadion Piala Euro 2021 ini sangat mengagumkan, namun dalam proses pembangunannya ternyata tidak lepas dari kontroversi. Hal tersebut dikarenakan terjadi pada masalah anggaran pembangunan, dan juga masalah penundaan pembangunan. Pihak walikota setempat kala itu membuat statemen bahwa pembangunan mengalami keterlambatan hingga 20 pekan dari jadwal yang telah ditentukan, yakni Mei 2009.

Masalah pendanaan dan penundaan pembangunan, kian rumit ketika bulan oktober 2009, pasalnya kala itu ada keputusan untuk melakukan penambahan atap buka tutup otomatis. Untuk merealisasikan hal tersebut maka harus ada tambahan dana sebesar 20 juta euro. Sealin itu calon stadion Piala Euro 2021 ini pembangunannya juga sempat berhenti karena cuaca Rumania yang buruk.

Momen Bersejarah The Internasional Area

Meskipun The Internasional Arena baru berdiri selama 1 dekade, akan tetapi stadion ini telah mengukir banyak momen bersejarah. Mulanya calon stadion Piala Euro 2021 ini akan diresmikan pada 10 Agustus 2011, namun pada akhirnya di undur hingga 6 September.

Merujuk pada rencana awal bahwa pada acara peresmian, Timnas Rumania akan mengundang Timnas Argentina untuk melakukan laga. Sayangnya beberapa waktu sebelum tanggal yang disepakati pelatih Argentina mengundurkan diri, sehingga mau tidak mau akhirnya mereka memundurkan agenda peresmian pada 6 September.

Pada tanggal 6 September juga bertepatan dengan agenda kualifikasi piala Euro 2021 group D, yang mana dijadwalkan Timnas Rumania harus berhadapan dengan Timnas Prancis. Kemudian pertandingan tersebut di gelar di National Arena yang juga bakal stadion Piala Euro 2021 ini.

Stadion National Arena pernah mencapai rekor jumlah penonton paling banyak sepanjang sejarah mereka, yakni ketika babak kualifikasi Piala Dunia 2014. Kala itu Rumania harus menjamu Belanda, pada tanggal 16 Oktober, dan disaksikan secara langsung oleh 53.329 penonton secara langsung.

Calon stadion Piala Euro 2021 ini dulunya juga pernah digunakan oleh Liga Europa untuk menggelar laga final pada tahun 2012 silam. Pertandingan final tersebut mempertemukan Atletico Madrid vs Athletic Bilbao, dan mampu menyedot suporter sebanyak 52.347. Dengan demikian pertandingan tersebut adalah pertandingan dengan jumlah penonton terbanyak kedua untuk National Arena.

Memiliki kapasitas tampung besar dan dilengkapi teknologi canggih, membuat calon stadion Piala Euro 2021 ini tidak hanya digunakan untuk keperluan pertandingan sepakbola saja. Kerap kali acara-cara entertain seperti konser musik juga dilakukan di Stadion ini. Bahkan kabarnya ada banyak musisi top yang telah menggelar konsernya di stadion ini.

Beberapa musisi dunia yang pernah manggung di Stadion The National Arena adalah Depeche Mode, Ed Sheeran, Chilli Peppers, King of Leon, dan juga Metalica. Dalam sejarahnya Metalica berhasil mendatangkan jumlah penonton konser terbanyak di calon stadion Piala Euro 2021 ini, yakni sebanyak 50.319 penonton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WINBIG88

- Advertisment -

Most Popular

Prediksi Bola Brighton vs Liverpool 9 Juli 2020

Sang juara Premier League musim ini, Liverpool akan melakoni laga tandang ke markas peringkat 15, Brighton. Pertandingan tersebut merupakan laga lanjutan pekan...

Prediksi Bola Barcelona vs Espanyol 9 Juli 2020

Barcelona akan melakukan laga kandang dengan menjamu Espanyol dalam laga lanjutan pekan ke 35 Liga Spanyol musim 2019/2020. Pertandingan yang mempertemukan peringkat...

Max Eberl : Mustahil Bagi Tim Lain Untuk Bersaing Dengan Bayern Munich

Bayern Munich adalah satu-satunya tim Jerman yang amat berjaya saat ini. Bahkan melihat berapa digdayanya klub satu ini, seolah semua klub Jerman...

Lucas Ocampaos Pahlawan Sevilla dalam Laga Kontra Eibar

Ada satu hal menarik ketika laga Sevilla kontra Eibar. Diaman dalam laga tersebut Lucas Ocampos yang merupakan pemain Sevilla benar-benar menjadi pahlawan...

Recent Comments