29 C
Indonesia
Wednesday, December 2, 2020
Home Berita Liga Indonesia PON Papua 2020 Terancam Ditunda

PON Papua 2020 Terancam Ditunda

Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 rencananya akan di gelar di tanah Papua. Tepatnya pada tanggal 20 Oktober-2 November 2020. Namun seiring merebaknya wabah covid-19 yang melanda Indonesia, maka ada kemungkinan pelaksaannya mengalami penundaan.

Presiden Joko Widodo dalam sidang kabinet pada 16 maret lalu, meminta Menpora menyiapkan skenario pelaksaan PON Papua dengan mempertimbangka perkembangan virus korona. Presiden berharap ada plan A dan B. Plan pertama adalah pelaksaannya tepat waktu, sehingga semua aktivitas pelaksanaannya segera disesuaikan dengan situasi pandemic global korona. Sementara plan kedua adalah pelaksaannya diundur.

Sebagaimana diketahui bahwa akibat adanya wabah korona yang saat ini semakin luas di pulau Jawa, maka aktivitas pekerjaan persiapan PON di Papua mengalami penurunan sekitar 50%. Selain itu, kekurangan bahan atau infrastruktur pembangunan yang rencananya didatangkan dari luar Papua masih 10-15% yang dalam kondisi tidak bisa didatangkan.

Menurut Iwan Suprianto, selaku Penanggung Jawab Sarana da Prasarana Pendukung INfrastruktut PON Papua dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), persiapan sejumlah stadion untu PON Papua yang dananya diambil dari APBN memang mengalami hambatan.

Kementerian PUPR saat ini memang masih mengerjakan setidaknya empat arena. Masing-masing adalah arena akuatik dan Istora Papua Bangkit yang letaknya di Distrik Sentani Timur, serta kriket dan lapangan hoki baik dalam dan luar ruangan yang berlokasi di Distrik Waibu. Karena adanya wabah covid-19, maka kementerian PUPR membatasi semua aktivitas pembangunan sehingga penyebaran penyakit ini dapat segera terputus.

Mengenai 10-15% bahan pendukung infrastruktur yang masih kurang dan perlu didatangkan di Papua juga bakal mengalami penundaan tanpa batas waktu. Hal ini dikarenakan pabrik-pabrik yang memproduksi bahan tersebut berasal dari Jawa, dengan kondisi daerah Jawa yang banyak mengurangi aktivitas produksi, maka pasti pengiriman bahan tidak dapat dilakukan secara optimal. Apalagi pemerintahan Papua juga membatasi pergerakan dari dan ke tanah Papua.

“Sekarang aktivitas penyiapan berbagai arena PON Papua dapat dibilang slow down (bejalan lambat) karena situasi sekarang. Kami tentu tidak bisa memaksakan situasi karena wabah yang terjadi diluar prediksi. Jika dipaksakan, maka kami khawatir nantinya ada pekerja yang terkena korona. Satu saja yang terpapar korona, maka semua aktivitas pekerjaan bisa dihentikan total” jelas Iwan.

Menindaklanjuti siding kabinet tanggal 16 maret yang langsung dipimpin bapak Presiden. Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, pada rapat tanggal 20 maret via telekonferensi meminta bahwa PON Papua harus digelar sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Aktivitas persiapannya yang harus menyesuaikan perkembangan wabah covid-19.

Kementrian keuangan secara tidak langsung juga mendukung pelaksanaan PON Papua 2020 tidak ditunda. Alokasi anggaran Rp 500 miliar yang sudah ada di Kemenpora untuk kegiatan PON tidak boleh diganggu atau diubah. Pernyataan ini perlu ditegaskan karena saat ini ada rencana pemerintah pusat maupun daerah mau mengalihkan anggaran di kementerian dan lembaga untuk penanganan wabah covid-19.

Sementara Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alexander Kapisa menyampaikan bahwa pelaksanaan PON Papua akan diupayakan tepat pada waktunya. Proses pembangunan akan tetap berlanjut dengan menerapkan protocol kesehatan yang diberlakukan ditengah wabah. Semua arena yang dibiayai oleh APBD juga tetap ditarget rampung pada bulan juli nanti.

Tetapi jika pusat memang mengambil kebijakan untuk menunda pelaksanaan PON Papua, maka kami siap mematuhi kebijakan tersebut. “Pada prinsipnya, kami tetap menunggu arahan atau kebijakan dari pemerintahan pusat, dalam hal ini adalah Presiden. Mengingat PON adalah even Nasional” jelas Alexander.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Lautaro Martinez Sepakat Gabung dengan Klub Raksasa Spanyol Barcelona

Klub Raksasa La liga spanyol Barcelona pada musim panas yang lalu sudah memantau dan menjatuhkan pilihan kepada striker milik klub besar italia...

Arsenal Bisa Tembus Zona Liga Champions Jika Terus Main Seperti Ini

Arsenal melakukan penampilan apik kala melawan Fulham, dalam laga tersebut mereka berhasil unggul 3-0 atas tim tuan rumah. Jika Arsenal mampu mempertahankan...

Pemain AC Milan Ceritakan Kondisi Terkini di Italia

Kiper AC Milan, Asmir Begovic, merasa terpukul terkait keadaan kota Milan saat ini. Sebagaimana diketahui, Milan kini diisolasi akibat penyebaran virus corona.

Juventus Lalui Penderitaan Sebelum Akhirnya Kunci Glar Juara

Akhirnya Juventus berhasil mengunci glar juara Serie A musim 2019/2020. Gelar ini merupakan gelar ke 9 yang berhasil mereka raih secara beruntun...