29 C
Indonesia
Monday, August 3, 2020
Home Berita Liga Indonesia Persela Berlapang Dada Jika Kompetisi Dimainkan di Tempat Netral

Persela Berlapang Dada Jika Kompetisi Dimainkan di Tempat Netral

Provinsi Surabaya kini berstatus zona hitam mengenai penyebaran virus Covid-19. Oleh karena hal itu, tim Persela Lamongan harus rela tidak bisa bermarkas di kota nya sendiri. Pelatih Persela Lamongan “legowo” jika memang Persela tidak bisa bermain di Surajaya (Homebase Persela).

Dalam surat edaran yang dikeluarkan PSSI hari Jumat (10/7/2020), menyatakan bahwa PSSI dan PT Liga Indonesia Baru sepakat untuk melanjutkan liga pada 1 Oktober mendatang, klub-klub yang berasal dari pulau Jawa dipersilahkan untuk bermarkas di kandangnya sendiri.

WinBig Ads

Sayangnya tak semua klub yang berasal dari pulau Jawa bisa bermarkas di kandangnya sendiri. Klub yang berada di zona merah atau lebih parah tidak diperbolehkan bermarkas di wilayahnya. Seperti contohnya Persebaya Surabaya, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, memastikan bahwa Persebaya tidak bisa bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Itu dikarenakan status terkini kota Surabaya, atau provinsi Jawa Timur umunya termasuk kedalam zona hitam, ditambah, stadion Gelora Bung Tomo akan melalui tahap renovasi karena termasuk kedalam stadion yang akan dipakai pada perhelatan Piala Dunia U-20 2020 pada tahun 2021 nanti.

Hal serupa tak menutup kemungkinan menimpa tim asal Lamongan tersebut. Tetapi pelatih Persela Lamongan, Nil Maizar mengungkapkan bahwa tim asuhannya merasa tak masalah jika timnya harus bermain di lokasi netral.

Jika skenario tersebut memang terjadi, maka Laskar Joko Tingkir akan senasib dengan tim lain yang berasal dari luar pulau Jawa. Tim lain yang berada di luar pulau Jawa misalnya Persiraja Banda Aceh hingga Persipura Jayapura akan dipusatkan di pulau Jaw, tepatnya di DIY Yogyakarta.

“Kita tidak boleh membantah karena memang harus mementingkan kesehatan daripada bermain sepakbola,” ujar Nilmaizar.

Kini pelatih Laskar Joko Tingkir itu sedang melakukan diskusi dengan manajemen tim Persela membahas mengenai persiapan menyambut lanjutan kompetisi, salah satunya membahas mengenai kapan Persela memulai latihan bersama kembali.

Pada awalnya, punggawa Persela dijadwalkan akan mengawali latihan pada pertengahan Agustus mendatang. Tetapi rencana itu statusnya masih tentatif. Karena memang keputusan mengenai kelanjutan kompetisi baru diputuskan oleh PT LIB dan PSSI.

Pelatih Persela yang juga mantan pelatih Semen Padang itu menuturkan bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan jajaran manajemen Persela mengenai dimulainya latihan bersama lagi tim Laskar Joko Tingkir. Jadwal awalnya pertengahan Agustus.

“Namun belum dipastikan mengenai latihan apakah pertengahan Agustus atau nanti awal Agustus, nanti saya bicara lagi. Tapi yang pasti informasi dari manajemen seperti itu,” ucapnya.

Perlu diketahui, bahwa di awal isu liga akan digulirkan, tim Persela Lamongan memilih kompetisi untuk dihentikan. Hal itu diungkapkan oleh CEO Persela Lamongan, Yuhronur Efendi, bahwa kondisi menang tidak memungkinkan untuk dilanjutkan. Ia beralasan bahwa jika kompetisi dilanjutkan dalam situasi penyebaran virus Covid-19 masih tinggi seperti ini akan mengancam kesehatan para pemain sepak bola di Indonesia, lalu ia menambahkan jika para pelaku sepakbola juga harus membantu memutus rantai penyebaran covid-19 ini.

CEO Persela menyarankan untuk menghentikan liga, dan diganti dengan turnamen supaya sepakbola Indonesia tidak mati. Namun Yuhronus tidak menjelaskan secara rinci format turnamen yang diinginkannya.

Hal ini berbeda dengan pandangan petinggi klub Persiraja Banda Aceh yang menyarankan kompetisi untuk digulirkan kembali karena alasan finansial klubnya yang tidak mampu mengatasi pengeluaran klub jika kompetisi tidak berjalan. Dan ketika ada wacana kasta tertinggi liga Indonesia ini tidak diadakan sistem degradasi, pihak Persiraja juga setuju jika hal itu terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Favorit

Luis Figo Ungkap Alasannya Khianati Barcelona dan Pilih Real Madrid

Sosok pemain Luis Figo, yang merupakan mantan pemain Barcelona dan Real Madrid, sejak dulu memang mendapatkan kebencian dari para fans Barcelona, dirinya...

Liverpool Berencana akan Menjual Dua Pemain yang Dipinjamkannya

Liverpool dikabarkan sedang menyusun rencana untuk melepaskan sejumlah pemain yang saat ini sedang berada pada masa pinjaman. Para pemain tersebut merupakan pemain...

11 Pemain Muda Terbaik Eropa U18

11 Pemain Muda Terbaik Eropa U18 - Regnerasi dalam sepak bola ialah suatu hal yang lumrah terjadi disetiap tahunnya, senantiasa saja terdapat...

Curahan Hati dan Kecemasan Seorang Juergen Klopp

Kita tahu bahwa saat ini Eropa tengah dibuat kelimpungan menghadapi pandemi virus corona. Bahkan karena wabah yang satu ini berbagai kompetisi sepak...