29 C
Indonesia
Thursday, October 1, 2020
Home Berita Liga Inggris Perkara Sejarah Kini Bukan Lagi Jadi Beban Untuk Liverpool

Perkara Sejarah Kini Bukan Lagi Jadi Beban Untuk Liverpool

Selama ini sejarah merupakan salah satu hal yang membebani Liverpool selama mereka bergelut di Liga Inggris, pasalnya sejak 30 tahun lalu The Reds telah berpuasa trofi Premier League. Namun musim ini perkara tersebut tidak akan lagi jadi beban berat untuk mereka, karena mereka telah mengakhiri puasa tersebut.

30 tahun tentu bukan waktu yang singkat, bagi Liverpool setiap musim sejak 30 tahun lalu adalah memenangi gelar juara Liga Inggris, dan pada musim ini akhirnya mereka berhasil mewujudkan keinginan tersebut. Jika diingat-ingat, kali terakhir The Reds mendapatkan trofi Liga Inggris, itu adalah pada tahun 1990, saat itu bahkan kompetisi masih menggunakan format lama.

Selama ini Liverpool sering mendapatkan olok-olok dari pendukung rival bahwa mereka adalah klub yang hidup di masa lalu. Pasalnya mereka hanya berhasil memenangi gelar-gelar juara kancah domestik di masa lampau. Karenanya gelar juara Premier League yang berhasil mereka kunci di musim ini jelas menjadi satu pematah atas kutukan atau olok-olokan tersebut.

Gelar jaura Liga Inggris musim 2019/2020 ini adalah gelar ke 19 milik Liverpool. Namun harus diketahui bahwa 18 gelar diantaranya mereka miliki saat kompetisi masih di era sebelum Premier League. Karena itu ada banyak penggemar klub rival yang senang sekali mengolok-olok klub asuhan Juergen Klopp sebagai klub masa lalu.

Padahal pada musim lalu Liverpool mampu menunjukkan sepak terjang yang sangat positif baik di kancah domestik, maupun Eropa. Bahkan mereka mampu memenangi gelar Liga Champions di musim 2018/2019 kemarin, namun rupanya gelar juara Liga Champiosn tidak lantas membuat mereka dapat terlepas dari olok-olokan klub masa lalu. Dalam beberapa waktu kesuksesan Liverpool di masa lalu tentunya juga menjadi beban tersendiri bagi para pemain, pasalnya mengingat mereka tak mampu membuat Liverpool kembali bersinar.

Liverpool-nya Klopp yang berhasil menjuarai Liga Inggris tentu membuat sang manajer merasa bangga dan puas. Bahkan kini Juergen Klopp dengan tegas dapat mengatakan bahwa sejarah bukan lagi beban untuk mereka, sebaliknya sejarah kini menjadi satu latar belakang baik. Kini Klopp yang dulu tak ingin para anak asuhnya dibanding-badingkan dengan para pemain fantastis dimasa lalu telah  menemukan jalan mereka sendiri untuk menjadi sang juara.

“Saat ini sejarah tidak lagi menjadi beban. Sekarang sejarah justru menjadi sebuah latar belakang indah, dan itu merupakan basis dari apa yang sedang kami kerjakan saat ini” tutur Klopp pada Sky Sports.

“Saat saya pertamakali datang kesini, saya pernah mengatakan bahwa jangan banding-bandingkan kami dengan mereka-mereka terdahulu yang pernah bermain untuk klub ini, dan berhasil memenangi segalanya secara fantastis. Kami harus mendapatkan kesempatan dari para fans untuk melihat jalan kami sendiri”

Klopp mengatakan bahwa pencapaiannya bersama klub hari ini adalah karena dukungan dan kesabaran yang tidak pernah ada henti dari seluruh pihak. Namun sang pelatih juga sadar bahwa saat –saat itu ia tidak bisa meminta lebih banyak waktu, ia harus membuat pembuktian.

“Gelar ini mungkin terwujud karena tidak ada satu orangpun yang kehilangan kesabaran untuk kami disetiap momen. Harus diakui bahwa manajemen sepakbola adalah pekerjaan yang menyenangkan, namun juga sulit”

“Kami benar-benar tidak bisa meminta waktu, kami harus segera membuat pembuktian. Dan orang-orang harus melihat langkah-langkah apa yang kami lakukan, suporter tentu melihat karena mereka juga ingin melihatnya. Karena itu cerita ini baru mungkin akan terjadi” pungkas Klopp kemudian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Meski Usai Lalui Kasus Harry Maguire Janji Performanya Tidak Akan Menurun

Beberapa waktu kebelakang Harry Maguire barus saja berurusan dengan pihak kepolisian karena ia terlibat dalam kasus pemukulan yang salah satunya ternyata adalah...

Mengingat Noda Hitam Sepakbola Indonesia Akibat Dualisme Kompetisi 2010 – 2012

Sepak bola Indonesia sempat berada di titik yang sangat kelam saat terjadi perebutan kekuasaan di badan PSSI selaku organisasi yang menaungi sepak...

Bale Siap Balik ke Tottenham, Ia Sudah Pamitan Dengan Rekan Satu Tim

Saat ini kuat diyakini bahwa Gareth Bale akan segera meninggalkan Real Madrid, nampaknya ia kan benar-benar berkemas pulang ke Tottenham Hotspur. Bahkan...

Melihat Sepak Terjang Kepelatihan Robert Rene Albert Sebelum Menangani Persib Bandung

Persib Bandung saat ini menggantungkan harapan mereka pada pelatih asal Belanda, Robert Alberts. Selama ini, Robert sanggup membawa tim Maung Bandung menyapu...