29 C
Indonesia
Sunday, September 20, 2020
Home Berita Liga Indonesia Pengamat Minta Agar Penilaian Stamina Timnas Dari Shin Tae Yong Bisa Jadi...

Pengamat Minta Agar Penilaian Stamina Timnas Dari Shin Tae Yong Bisa Jadi Motivasi

Berita bola Timnas Indonesia hingga hari ini masih ramai memperbincangkan tentang kritik stamina yang dilontarkan oleh Shin Tae Yong, sang pelatih beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan bahwa timnas Indonesia U 19 hanya mampu bermain selama 10 menit saja, setelahnya mereka terlihat amat kelelahan.

Berkaitan dengan berita tersebut M. Kusnaeni memberikan pernyataanya, ia mengatakan bahwa perihan berita tersebut seharusnya justru bsia menjadi cambuk atau motivasi bagi timnas Indonesia. Sang pengamat sepak bola menilai bahwa Shin Tae Yong memberikan penilaian yang seharusnya mampu untuk menjadi titik awal pembenahan fisik para punggawa timnas.

“Kita tidak boleh berkecil hati atas penilaian yang diberikan oleh Shin Tae Yong terhadap kekuatan fisik yang dimiliki oleh pemain timnas. Karena sebenarnya diirnya justru ingin menjadikan hal tersebut sebagai sebuah cambuk, pengingat bahwa jika ingin bersaing di level Asia kita amsih tertinggal jauh, sehingga bisa dijadikan sebagai sebuah target”.

“Sebab itu, jika konsep ini yang diterapkan di Timnas Indonesia saat ini kondisinya baru 20 persen. Buat pemain, tidak usah jadi beban dengan pernyataan itu,” ujar Kusnaeni.

Menurut sang pengamat, saat ini pelatih timnas tersebut memang membutuhkan para epmain yang memiliki kebugaran fisik tinggi, hal ini dikarenakan pola permainan yang akan diterapkan oleh Shin Tae Young memang membutuhkan stamina prima.

“Konsep yang dia inginkan sangat menuntut pemain untuk memiliki kekuatan fisik dan kebugaran yang tinggi. Makanya dia bilang pemain kita hanya siap main di 20 menit saja. Saya tidak kaget dan heran dengan ucapan itu karena memang cara bermain sepak bola Indonesia dengan Korea Selatan itu berbeda.”

“Shin Tae Yong datang dari budaya sepak bola yang berbeda dengan Indonesia. Dengan intensitas kecepatan dan pressing yang tinggi, sebab itu level kebugaran pemain jadi yang utama,” tutur mantan pelatih timnas Korea Selatan tersebut.

Kusnaeni menganggap kesadaran pemain untuk mengatur kondisi fisik saat sedang tidak ikut kompetisi belum terlihat jelas. Kebanyakan pemain hanya bergantung dari latihan fisik yang diberikan pelatih fisik di klub masing-masing.

“Kebugaran pemain kita sangat bergantung kepada klub. Mungkin mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup bagaimana cara menjaga kondisi fisiknya supaya tidak mudah drop,” terangnya.

Selain hal diatas beberapa faktor yang tentunya menajdib faktor yang mempengaruhi masalahkebugaran pemain timnas U 19 adalah asupan amkanan yang kurang mengandung gizi serta nutrisi, lalu faktor lainnya yang juga mempengaruhi adalah kebiasaan para epamin yang tidak menerapkan sport science.

Dalam kesempatan yang sama pengamat sepak bola juga menghimbau serta mengingatkan semua orang bahwa sejatinya tugas untuk meningkatkan kebugaran fisik bukan hanya menajdi tugas tunggal sang pelatih saja.

“Ini bukan PR [Pekerjaan Rumah] Shin Tae Yong semata, tapi ini PR sepak bola Indonesia, dalam hal ini tugasnya Dirtek [Direktur Teknik] untuk membangun formula sepak bola Indonesia yang bisa bersaing di Asia.”

“Kalau Pelatih Timnas ini dari sisi tim, tapi sesungguhnya ini tugas Dirtek untuk mengubah kurikulum sepak bola mulai dari SSB [Sekolah Sepak Bola] sampai ke klub. Ke depannya, Filanesia dilengkapi dengan kondisi fisik yang bagus dan nutrisi buat pemain. Jadi bukan cuma bagaimana mencari ciri khas permainan sepak bola Indonesia, tapi juga bagaimana itu bisa bersaing di level yang lebih tinggi,” jelasnya.

Selain memastikan koordinasi serta komunikasi antara pelatih, pemain dan seluruh pihak yang terkait. Pihak Dirtek PSSI juga harus menentukan program-program yang sejalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Menyoal Nasib Liga Inggris, MU Dikabarkan Siap Kosongkan Old Trafford

Berkaitan dengan rumor yang menyatakan Liga Inggris kemungkinan akan dilanjutkan tanpa penonton, membuat MU dikabarkan kini siap untuk mengosongkan Old Trafford hingga...

Prediksi Skor Arsenal vs Chelsea 18 Juli 2020

Saat ini ajang Piala FA musim 2019/2020 telah mencapai partai puncak, dan partai ini kan segera mempertemukan Arsenal dengan Chelsea. Derby London...

Komitmen Sang Predator Marko Simic Bersama Persija Jakarta

Marco Simic didatangkan Persija Jakarta pada 27 Desember 2017 lalu. Sampai saat ini, tim berjuluk Macan Kemayoran tidak menyesali rekrutannya itu, pasalnya...

Manchester Incar Bek Napoli

Manchester United kita sudah kenal adalah salah satu klub dengan banyak pemain berkualitas. Pemain berkualitas ini setiap musnya datang ke United tentu...