29 C
Indonesia
Saturday, May 15, 2021
Home E-Sports Organisasi E-Sport Asal Denmark Alami Kerugian $5 Juta

Organisasi E-Sport Asal Denmark Alami Kerugian $5 Juta

Di bulan November lalu di antara organisasi Esports asal Denmak, Astralis Group siap untuk mengerjakan IPO, dan semestinya sudah kita ketahui bahwa mereka adalahtim esports pertama yang mengerjakan hal itu.

Akan tetapi menurut keterangan dari data yang terdapat di sepanjang tahun 2019 memanglah group asal Denmark tersebut malah mengalami kerugian yang jumlahnya lumayan tinggi, yaitu sebesar $5 juta.

Menderita kerugian sampai $5 juta, ternyata mereka juga mendapatkan untung sebesar $7,1 juta saja. Data tentang hasil keuntungan itu mereka tunjukan dalam laporan tahunan di periode finansial awal mereka pada tanggal 31 Desember 2019 lalu.

Sesungguhnya secara sah Tim Astralis memang baru disahkan pada tahun 2019 lalu, akan tetapi semenjak tahun 2016 sosok Nikolaj Nyholm dan Jakob Lund Kristensen membangun sebuah organisasi yang mereka beri nama RFRSH Aps, dan salah satu yang mereka tangani ialah Astralis Group.


RFRSH Aps pada awal mula berdiri memang sudah produktif dalam melibatkan diri dengan industri esports, Di samping Tim Astralis, terdapat pula sejumlah tim epsorts yang berbeda yang pula sempat ditangani oleh RFRSH.

Tidak melulu organisasi epsorts saja yang ditangani, tournamen-tournamen esports seperti contoh BLAST Pro Series yang adalahturnamen CSGO yang sangat bergengsi tersebut pun pernah ditangani oleh mereka. namun semenjak pada bulan Agustus 2019 yang lalu. kemudian manajemen berubah peralihan dan sekarang mereka menjelma jadi Astralis Group, dengan tiga divisi didalamnya, yaitu C GO, LOL, serta FIFA.

Menurut data yang ada saat ini sudah diketahui bahwa di tahun 2019 Tim Astralis sukses meraih deviden dari CSGO sebesar $5,7 juta, angka itu adalahtotal bersih sebesar 81% dari total penghasilan bersih organisasi. Namun hanya menghasilkan pemasukan sebesar itu mereka malah mengeluarkan dana sebesar $6,5 juta untuk kebutuhan operasional dan lain sebagainya
Jika dihitung secara menyeluruh dari divisi CSGO maka terdapat $728 ribu kerugian yang telah di alami oleh pihak Astralis Group,Pada tahun itu prestasi yang sukses mereka catatkan ialah berhasil memenangkan 4 tournamen Major, dan 2 turnamen lainnya, jadi secara keseluruhanya ada 6 turnamen yang sukses mereka juarai.

Disisi yang lain di devisi LOL kepunyaan Astrals Group sukses mendapatkan pendapatan bersih sebesar $1,2 juta pada tahun 2019 lalu. Pemasukan yang mereka dapatkan itu ternyata tidak seimbang dengan biya pengeluaran yang mereka butuhkan, sebab di tahun 201 mereka menguras dana organisasi sebesar $3,2 juta untuk kebutuhan operasional. Secara keseluruhan divisi LOL membuat organisasi rugi sebesar $2 juta.

selanjutnya kita berpindah ke devisi selanjutnya yaitu devisi FIFA yang dalam urusan ini mereka diwakili oleh Future FC. Bagi devisi sebetulnya mempunyai pemasukan yang lumayan kecil, masalah itu karena mereka memang baru di bangun pada bulan oktober 2019 lalu. Dalam jangka masa waktu 3 bulan mereka mampu sukses meraup omset sebesar $204 ribu namun mereka menguras uang organisasi sebesar $58 ribu untuk kebutuhan operasional.

Jika memperhatikan laporan finansial yang sudah di kemukakan diatas maka secara keseluruhan dari 3 devisi yang ada, FIFA merupakan satu-satunya devisi yang sukses memberikan keuntungan pada Astralis Group pada tahun 2019.

Di samping mendapatkan pemasukan dari tournamen-tournamen yang ditambah oleh setiap devisi, Astralis Group pun mendapatkan pemasukan dari berbagai sponsor yang membina kemitraan komersil bareng mereka. Beberapa brand yang sudah menjalin kerjasama dengan mereka seperti contohnya Logitech, Secretlab, Jack & Jons, dan pun Turtle Beach.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Kontrak Baru di Manchester City, Pep Guardiola Ingin Meraih Banyak Trofi

Penyerang Uruguay, Luis Suarez, dinyatakan positif covid-19 setelah melakukan tes PCR. Pemain tersebut tidak dapat mengikuti pertandingan internasional melawan Brasil. Selain itu,...

Solskjaer Beri Bocoran Soal Langkah MU Selanjutnya di Bursa Transfer

Bursa transfer telah dibuka selama beberapa bulan, dan akan berakhir pada awal Oktober nanti, namun hingga saat ini Manchester United hanya mendapatkan...

8 Pemain Eropa yang Mencetak 10 Gol dari Luar Kotak Penalti

Philippe Countinho yang merupakan gelandang asal Brasil, dikenal sebagai pemain yang sering mencetak gol di luar kotak penalti. Mantan pemain klub Inter...

Jose Mourinho Berandai Jika Man City Tidak Dapat Jatah ke Liga Champions

Dalam wawancara yang dilakukan oleh Jose Mourinho dirinya mengakui bahwa peluang untuk menyelesaikan musim di posisi zona Liga Champions pada musim ini...