29 C
Indonesia
Saturday, September 26, 2020
Home Berita Liga Indonesia Nuralim Kenang Kisah Penolakannya Pada Kashima Antlers

Nuralim Kenang Kisah Penolakannya Pada Kashima Antlers

Nuarlim adalah salah satu legenda bagi Persija, mantan pemain yang memberikan banyak kesuksesan Macan Kemayoran tersebut ternyata pada tahun  2001 pernah dipinang oleh klub raksasa asal Jepang, Kashima Antlers. Akan tetapi pada saat itu sang legenda memilih untuk menolaknya.

Sebelum sang pemain dipinang oleh raksasa asal Jepang tersebut, Persija Jakarta memang bertemu dengan Kashima pada babak pertama Piala Champions Asia di tahun 2001. Pada saat itu pertandingan bergengsi tersebut dihelat di markas kebesaran Kashima, Stadion Soccer, Prefektur Ibaraki, Jepang. Pertandingan tersebut dihelat pada hari Rabu 24 Oktober 2001.

Pada kala itu memang tidak bisa dipungkiri bahwa Persija Jakarta bermain tidak begitu baik, mereka bahkan kalah telak dengan skor 1-4. Namun meski demikian pelatih Kashima rupanya menaruh perhatian dan ketertarikan pada sosok kapten jabrik milik Persija, sehingga setelah laga beliau berusaha untuk meminang Nuralim.

Pada kala itu memang pelatih tidak langsung menawarinya kontrak permanen, tawaran yang diberikan adalah berupa kontrak trial selama 3 bulan. Meski demikian mantan kapten Persija tersebut tetap merasa bangga dengan tawaran tersebut.

Meskipun bangga dan bahagia, akan tetapi ada pula rasa bimbang yang menyelimuti hatinya, pasalnya saat itu Liga Indonesia memang sedang beristirahat karena musim baru saja berakhir, sedangkan disisi lain ada kemungkinan dirinya tidak akan benar-benar dikontrak oleh Kasima setelah masa trial berakhir.

Atas pertimbangan matang yang ia lakukan kemudian Nuralim memilih untuk menolak tawaran dari klub paling jaya di Jepang tersebut, karena menurutnya saat itu kepastian karirnya adalah yang lebih penting.

“Saya pernah akan diambil oleh Kashima selama tiga bulan, namun saya berpikir baik-baik, jika tidak ada kontrak permanen maka saya tidak mau,” tutur mantan kapten Persija tersebut.

“Dulu pak Tri Goestrono selaku Sekjen PSSI, memberitahu pada saya mau diujicoba oleh Kashima, sedangkan kompetisi di indonesia sudah akan kembali bergulir” sambungnya.

“Dan jika setelah tiga bulan trial tapi saya tidak terpilih, maka berarti saya akan pulang ke Indonesia dan menganggur.  Kala itu pelatih Kashima asal Brasil memang terkesima pada saya, akan tetapi saya menolak dan tetap bertahan di Persija,” lanjutnya kembali.

Pada saat itu boleh dibilang Persija sedang berada di masa kejayaan, mereka berhasil mewakili Indonesia untuk berkompetisi di ajang Piala Champions Asia, setelah mereka berhasil memenangkan Liga Indonesia di musim 2000/2001. Akan tetapi sayangnya keberhasilan peran Persija di ajang Asia tersebut hanya bertahan satu laga saja.

Persija yang saat itu ada di bawah bimbingan Sofyan Hadi, tersingkir dengan cepat karena kalah telak 1-4 atas Kashima. Satu gol penghibur milik Persija dicetak oleh Budi Sudarsono.

Pada saat itu sebenarnya sebagaimana pertandingan yang ain, laga Persija kontra Kashima seharusnya juga dihelat 2 leg. Akan tetapi pihak Kashima dengan tegas menyatakan sikap tidak ingin bertanding di markas Persija. Atas diplomasi yang dibuat oleh Kashima kepada Persija, akhirnya pertandingan hanya digelar satu leg saja.

Kala itu keadaan politik Indonesia memang tidak begitu baik, sehingga Kashima khawatir untuk berangkat ke Indonesia. Akhirnya mereka mengajukan pada Persija untuk bertolak ke Jepang dan Kashima akan menanggung seluruh akomodasi yang di keluarkan oleh Persija.

Tentu saja sikap Persija kala itu mendapatkan kecaman dari banyak pihak, terutama pendukung fanatik mereka. Banyak yang menilai bahwa Macan Kemayoran tidak memiliki motivasi saat berhadapan dengan Kashima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Isolasi Pemain, Real Madrid Manfaatkan untuk Pemulihan 4 Pemainnya

Penundaan gelaran kompetisi Liga Spanyol dan kompetisi lainnya selama dua minggu kedepan ini membuat Real Madrid memiliki waktu yang cukup untuk memulihkan...

Chelsea Incar Kai Havertz Padahal Mereka Butuh Sosok Pemimpin

Sebagaimana yang diketahui bahwa saat ini Chelsea masih berkeinginan kuat untuk mendatangkan Kai Havertz, pasalnya menurut manajemen sang pemain cocok untuk mengisi...

Hindari Virus Corona, Cristiano Ronaldo Dikarantina di Rumah Mewahnya

Sang Megabintang dunia, Cristiano Ronaldo, saat ini tengah menjalani masa karantina di rumah mewahnya yang terletak di Madeira, Portugal, usai salah satu...

Barcelona Siapkan Dana Besar Demi Botong Romagnoli

Klub raksasa La Liga, Barcelona, dikabarkan telah menyiapkan dana yang besar untuk bisa memboyong Alessio Romagnoli yang kini merumput bersama AC Milan....