29 C
Indonesia
Wednesday, July 28, 2021
Home Berita Liga Indonesia Nasib Garuda Select dan Vamos Indonesia di Eropa

Nasib Garuda Select dan Vamos Indonesia di Eropa

Pemain muda berbakat dari seluruh pelosok Indonesia sedang berjuang menimbah ilmu di mancanegara. Dua program yang menaungi aktivitas menimbah ilmu tersebut adalah Garuda Select dan Vamos Indonesia. Dua program tersebut berada di lokasi yang berbeda dan mengambil kebijakan yang berbeda terkait wabah covid-19.

Garuda Select yang saat ini berlatih di Inggris merupakan tim jilid ke-2. Brylian Aldama dkk, sedang dalam perkembangan performa yang bagus. Namun pertandingan berikutnya melawan Leycester United U-18 yang sejatinya akan berlangsung 28 maret mendatang tak bisa bergulir karena kebijakan Inggris menghentikan sementara semua kompetisi dalam rangka menghentikan penyebaran virus korona.

Direktur Teknik Garuda Select generasi kedua, Dennis Wise mengatakan, walaupun berbagai pertandingan mengalami penundaan, namun skuad Garuda Select II tetap melakukan kegiatan latihan seperti biasa. Sejauh ini, wabah korona tidak menganggu aktivitas tim yang berada di Birmingham. “Sejauh ini belum mempengaruhi program kami. Semua kegiatan masih sesuai schedule. Tidak ada perubahan,” tutur Dennis.

Dennis juga mengatakan bahwa sejauh ini skuad yang sudah ditempa latihan super ketat sejak oktober 2019, dalam kondisi baik. Sudah ada pemantauan dalam setiap menu latihan yang dijalankan para pemain. “Kami berharap semua penanganan sesuai dengan aturan yang berlaku.”

Dikarenakan tidak ada jadwal pertandingan, maka aktivitas skuad Garuda Select saat ini difokuskan pada peningkatan kualitas individu. Bahkan ada program khusus untuk meningkatkan kualitas fisik pemain. Sehingga walaupun tidak ada pertandingan, para pemain diharuskan tetap bergerak agar kebugarannya tetap terjaga. “Menu latihan yang bersifat fisik sangat dibutuhkan agar para pemain tetap bisa beradaptasi dengan tubuh mereka yang sudah terbiasa melakoni pertandingan yang ketat. Akan tetapi porsi latihan fisik bakal lebih berat dari biasanya. Dan para pemain tetap akan mendapatkan pengawasan tiap harinya,” tutur Danny Holmes, Asisten pelatih.

Sedangkan Vamos Indonesia mengambil kebijakan berbeda daripada Garuda Select. Jika Garuda Select lebih memilih bertahan dan tetap berlatih di Inggris, maka Vamos Indonesia yang saat ini berada di Spanyol, mengambil kebijakan untuk memulangkan 19 pemain ke Indonesia. Kebijaka ini merupakan respon dari kebijakan lockdown yang diterapkan oleh pemerintahan Spanyol.

Spanyol merupakan salah satu Negara dengan jumlah positif korona terbanyak setelah Italia di Eropa. Jumlah kematiannya pun melebihi China. Sebagai perbandingan, China secara resmi telah melaporkan jumlah kematian akibat wabah corona sebanyak 3.285 orang, sedangkan Spanyol mencapai 3.434 orang. Sementara di Italia jumlah kematian sudah menembus angka 6.820 orang.

Jumlah kasus terkonfirmasi positif di Spanyol kini telah mencapai 47.610 kasus. Dan Madrid menjadi wilayah terdampak paling parah di negeri matador. Namun di Catalonia mengalami peningkatan kasus yang paling pesat. Jumlah pasien positif covid-19 di Madrid mencapai 14.597 kasus, sementara di Catalonia angkanya mendekati 10.000.

Pendiri Vamos, Fanny Iriawan menyatakan bahwa keputusan tersebut diambil demi keselamatan para generasi muda Indonesia. Pihaknya tidak ingin mempertaruhkan nyawa para pemain berbakat ini sehingga lebih memilih untuk memulangkan mereka. “Kami sangat peduli dengan keselamtan dan kesehatan anak-anak. Sehingga kami memutuskan untuk memulangkan kembali ke tempat aman dan nyaman. Yaitu keluarga mereka,” terang Fanny.

Revano Adhiendra, salah seorang pemain skuad Vamos mengaku kecewa dengan keputusan tersebut. Ia sangat ingin terus berlatih di Spanyol. Dia harus meninggalkan banyak teman-teman barunya dan juga tidak jadinya turnamen MIC. “Sudah latihan keras di sana, ternyata turnamennya juga dibatalkan. Kami berharap bisa kembali lagi ke Spanyol,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Begini Rencana Pirlo Pasca Ronaldo Sembuh dari COVID-19

Seperti yang sudah diberitakan sejak awal bulan ini, pemain ternama yang kini membela Juventus Christiano Ronaldo telah terinfeksi virus Covid-19. Kondisinya saat...

Inter Milan Rasa-Rasa Liga Inggris

Inter Milan selalu menjaga harapan untuk menjuarai Liga Italia, pelatih Inter Antonio Conte tampaknya punya strategi yang bilang unik, yaitu merancang squad...

Paris Siant Germain Lolos Final Liga Champions Usai Kandaskan RB Leipzig 3-0

Dalam laga semifinal Liga Champions yang dilakukan pada Rabu 19 Agustus 2020, di Stadion Estadio da Luz, mempertemukan Paris Saint Germain vs...

Komitmen Sang Predator Marko Simic Bersama Persija Jakarta

Marco Simic didatangkan Persija Jakarta pada 27 Desember 2017 lalu. Sampai saat ini, tim berjuluk Macan Kemayoran tidak menyesali rekrutannya itu, pasalnya...