29 C
Indonesia
Tuesday, September 29, 2020
Home Berita Liga Italia Mewabahnya COVID-19, AS Roma Donasikan 13 Ribu Masker ke Rumah Sakit

Mewabahnya COVID-19, AS Roma Donasikan 13 Ribu Masker ke Rumah Sakit

Virus corona atau COVID-19 telah mewabah sampai ke kompetisi sepak bola Eropa. Pertandingan bergengsi sepak bola Eropa harus ditunda untuk sementara. Bahkan beberapa klub yang tergabung di Liga Eropa terpaksa menerapkan karantina kepada para pemainnya. Seperti yang terjadi di pertandingan Serie A yang harus ditunda sampai 3 April 2020, keputusan ini berdasarkan instruksi dari Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, yang menerapkan lockdown guna meminimalisir pergerakan warganya.

Sudah ada sekitar 368 kematian baru yang disebabkan oleh virus Corona di Italia. Angka tersebut merupakan yang tertinggi di negara ini dalam sehari bisa naik lebih dari 25%. Italia adalah negara dengan jumlah pasien positif terinfeksi virus Corona terbanyak kedua di dunia.

Keadaan ini diperparah dengan pernyataan pemimpin negara Italia yang memperingatkan tentang kemungkinan kekurangan tempat tidur dan alat pernapasan di pusat pandemic Eropa itu. Bahkan Gubernur di Milan, Attilio Fontana, menjelaskan bahwa situasi di daerah sekitar ibukota Italia itu semakin memburuk.

Sementara, Walikota Milan, Beppe Sala, mengatakan ia telah berhasil mengamankan pengiriman masker bedah dari China guna membantu kekurangan pasokan masker di Milan, Italia. Menurutnya, “Milan selalu memilki hubungan yang baik dengan China, beberapa hari ini saya sudah melakukan beberapa panggilan telepon untuk mencari masker,” kata Sala.

Lombardy, Italia, bahkan menjadi wilayah terdampak virus Corona yang paling parah, padahal Lombardy memiliki sistem perawatan kesehatan kelas dunia yang sering kali diacungi jempol Organisasi Kesehatan Dunia.

Kabar baik datang dari AS Roma, klub asal Italia tersebut berbaik hati menggalang dana untuk menyediakan peralatan medis yang saat ini sudah minim persediaannya, yakni masker dan hand sanitizer.

AS Roma berhasil mengumpulkan separuh dari 500 ribu euro atau setara dengan 8,5 miliar dari yang ditargetkan hasil penggalangan dana tersebut. Dana yang sudah terkumpul itu langsung digunakan untuk membeli peralatan-peralatan yang benar-benar sangat dibutuhkan saat ini. Mereka membagikan peraltan-peralatan tersebut ke rumah sakit Lazzaro Spallanzani dan pusat-pusat medis lainnya yang berada di ibukota Italia.

Klub Italia tersebut mengirimkan sebanyak 13 ribu masker FFP2 ke rumah-rumah sakit di ibukota Italia. Selain masker, mereka juga menyumbangkan 120 botol hand sanitizer berukuran 500 ml.
Akan ada tambahan 12 ribu masker yang rencananya akan dikirimkan pada Minggu (22/3) nanti. Sementara, 1500 masker FFP3 akan disediakan untuk rumah-rumah sakit pada Jumat (19/3) besok.
Melansir dari Worldmeters wabah virus Corona asal Wuhan, China ini telah menginfeksi 169.420 orang, ksedangkan kasus kematian mencapai angka 6.515 orang, sebanyak 77.450 orang dinyatakan sembuh.

Sementara bagian negara Eropa yang terparah dalam kasus virus Corona ini adalah Italia, dengan hamper 28 ribu orang terinfeksi dan angka kematian menembus hingga 2000 lebih korban jiwa. Tidak hanya di Italia, kelangkaan masker dan hand sanitizer dirasakan juga oleh beberapa negara, termasuk Indonesia.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia atau lebih dikenal dengan Apindo, Haryadi Sukamdani menilai bahwa kelangkaan masker dan hand sanitizer karena menjadi produksi yang sebelumnya tidak dipersiapkan. Maka saat terjadi situasi darurat seperti mewabahnya virus Corona, masker dan hand sanitizer menjadi langka di pasaran.

“Kelangkaan tersebut disebabkan karena tingginya permintaan dibandingkan dengan jumlah ketersediaan barang, pabrik atau pihak produsen tidak mungkin menimbun, tapi kalau pedagang itu mungkin sekali,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Tottenham Sepampat Bertemu Norwich, Lantaskan Adakah Pemain Mereka Yang Positif Covid?

Beberapa waktu lalu diketahui bahwa salah seorang punggawa Norwich City  dinyatakan positif Covid 19. Pernyataan tersebut dibuat oleh klub satu hari usai...

Shopee Liga 1: David da Silva akan setia di persebaya

David da silva seorang striker asal Brasil itu dikabarkan hengkang dari timnya yaitu Persebaya dan akan bergabung dengan Borneo FC. Ini pun...

Manuel Neuer Ingin Bertahan di Bayern Muenchen Hingga Pensiun

Setelah 9 tahun lamanya berada di klub raksasa Bundesliga jerman , Manuel Neuer telah menjadi salah satu kiper di dunia Bersama klub...

Wander Luiz Tampil Impresif, Persib Kokoh di Puncak

Maung Bandung kini kokoh di puncak klasemen. Skuad asuhan Robert Rene Alberts ini tak tersentuh kekalahan dari 3 laga awal di liga...