29 C
Indonesia
Thursday, April 22, 2021
Home Highlight Pertandingan Merebaknya COVID-19, Torreira Kesusahan Cari Tisu Toilet dan Hand Sanitizer

Merebaknya COVID-19, Torreira Kesusahan Cari Tisu Toilet dan Hand Sanitizer

Mewabahnya virus corona atau COVID-19 membuat masyarakat berlomba-berlomba mencari masker dan hand sanitizer sebagai upaya pencegahan agar tidak tertular virus corona. Akibatnya , kini kedua barang tersebut menjadi langka atau susah dicari. Kalaup pun ada, harganya sangat melonjak tinggi dari harga biasanya. Saat ini masker dan hand sanitizer menjadi dua barang yang sulit didapatkan oleh masyarakat dari seluruh penjuru dunia. Misalnya saja Indonesia yang tengah mengalami hal serupa, di beberapa daerah di Indonesia sedang mengalami kelangkaan masker dan hand sanitizer. Bahkan pemerintah dan kepolisian mengambil langkah tegas jika ada oknum yang melakukan penimbunan dua barang tersebut atau menaikkan dengan harga yang terbilang tidak wajar.

Tidak hanya di Indonesia, London pun menjadi salah satu kota di Inggris yang terdampak COVID-19. Di London tisu toilet dan hand sanitizer sulit dicari. Seperti yang dikatakan oleh gelandang Arsenal, Lucas Torreira yang saat ini sedang dalam masa pemulihan karena cedera pergelangan kaki kanannya. Lucas Torreira mengatakan dirinya kesulitan mencari tisu toilet dan hand sanitizer, bahkan dirinya sampai tidak bisa pulang kampung ke Uruguay karena semua penerbangan dibatalkan. Menurut Lucas Torreira, ada banyak kasus virus corona yang ditemukan di London, dan seluruh masyarakat London ketakutan. Menyebarnya virus corona di London, membuat orang-orang tidak bisa bepergian, di beberapa supermarket di kota London, Lucas Torreira tidak bisa mendapatkan tisu toilet dan hand sanitizer.

Lucas Torreira angkat bicara mengenai kondisi terbaru sang manajer Arsenal, Mikel Arteta. Arteta dinyatakan positif virus corona dan saat ini kondisinya terus membaik. Arteta bisa berkomunikasi dengan baik bersama timnya, Arsenal, dan kondisi tubuhnya semakin hari semakin membaik.

Lucas Torreira dikenal sebagai pemain gelandang yang memiliki tubuh mungil. Lucas Torreira mungkin hanya memiliki tinggi 168 sentimeter, meskipun dirinya memiliki tubuh mungil dan berperan sebagai pengawal lini tengah Arsenal musim ini, itu semua tidak membuatnya kehilangan kepercayaan diri. Bahkan ia digadang-gadang sebagai penemu kembali peran yang pernah ada dalam diri Roy Keane dan Patrick Vieira.

Kelangkaan hand sanitizer saat ini berhasil dilalui oleh Indonesia. Pasalnya beberapa Universitas di Indonesia memproduksi hand sanitizer sendiri. Seperti Dosen Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM), Roni Martien, membuat hand sanitizer berbahan herbal. Bahan baku yang digunakan oleh Ronny Martien adalah daun sirih hijau yang banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional, dauh sirih juga menjadi warisan nenek moyang Indonesia. Hand sanitizer tersebut dinamai Spray Nanopolimer. Daun sirih dipilih sebagai bahan baku utama karena dipercayai memiliki anti bakteri yang umumnya disebabkan oleh bakteri staphylococcus auerus dan Escherichia coli.

Selain dari UGM, Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman (Unmul) melakukan hal yang sama, yakni memproduksi sendiri hand sanitizer. Pihak Unmul menerangkan bahwa selama pembuatan hand sanitizer pihaknya tidak banyak mengalami kesulitan bahan baku. Hanya saja pihak Unmul kesulitan dalam mendapatkan botol kemasan untuk produknya itu. Mereka memproduksi hand sanitizer dalam dua bentuk. Pertama dalam bentuk spray dan yang kedua dalam bentul gel. Untuk hand sanitizer dalam bentuk spray, bisa memproduksi sampai dengan 200 liter per hari sedangkan untuk hand sanitizer yang berbentuk gel pihaknya baru bisa memproduksi sekitar 20 liter per harinya.

Hadirnta produk tersebut diharapkan menjadi alternatif solusi untuk mengatasi kelangkaan dan kenaikan harga hand sanitizer saat ini karena penyebaan virus corona atau COVID-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Jurgen Klopp Siapkan Ozak Untuk Pertahanan The Reds

Jurgen Klopp tidak menampik bahwa lini pertahanan Liverpool sedang dalam posisi yang tidak menyenangkan dan lemah. Namun, ia mengatakan bahwa Ozak akan...

Prediksi Bola Chelsea vs Sevilla, 21 Okt’20

Beberapa Faktor Analisa Prediksi Bola Chelsea: Chelsea ketika ini berdiri di peringkat 8 klasemen pada English Premier League dengan...

Tahun Bersejarah, Kala Persebaya dan Persik Tanding Di Liga Musim 2020

Persebaya dan Persik akhirnya dipertemukan di lapangan pada Liga 1 musim tahun ini, tercatat telah 10 tahun Peribaya dan Persik tak pernah...

Ronaldo Akan Pecahkan Rekor Baru Di Musim 2020

Kali ini Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, jadi satu di antara orang yang terus menuai perhatian dari publik. Pada saat sela waktu Liga...