29 C
Indonesia
Saturday, October 23, 2021
Home Berita Liga Spanyol Menyoal Keadaan New Normal Sepakbola, Messi Pikirkan Mental Para Pemain

Menyoal Keadaan New Normal Sepakbola, Messi Pikirkan Mental Para Pemain

Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid 19 memang memberikan dampak yang amat besar bagi sepakbola. setelah sebelumnya pandemi ini memaksa berhenti hampir seluruh kompetisi yang ada di dunia, kini sepakbola lagi-lagi dipaksa mau tidak mau harus menyesuaikan diri dengan keadaan yang dikenal dengan istilah ‘new normal’ ini. Berkaitan dengan keadaan tidak biasa yang harus dihadapi oleh seluruh insan sepakbola ini, Lionel Messi mengaku menyoroti mental para pemain.

Menghadapi New Norma; dalam sepakbola maka akan sangat berdampak bagi mental para pemain, karena itu hal tersebut juga harus benar-benar dipikirkan. Menurut bintang Barcelona tersebut keadaan yang sebelumnya belum pernah terjadi seperti saat ini jelas memberikan dampak pada mental para pesepakbola, menurut Lionel Messi ini juga akan menjadi satu ujian untuk metal para pemain.

Kita tahu bahwa sejak bulan Maret lalu ketika Spanyol diserang oleh virus corona, LaLiga juga terkena imbas, gelaran sepakbola tersebut terpaksa ditangguhkan. Terhitung hingga bulan ini berarti kompetisi telah ditangguhkan hingga hampir 3 bulan, jelas ini merupakan satu fenomena baru dalam dunia sepakbola. Karena hal itu kini ada banyak pemain bola yang terpaksa dirumah saja.

Meski sebelumnya sempat ditangguhkan namun kini Liga Spanyol telah mendapatkan sinyal baik untuk dilanjutkan kembali. Berdasarkan rencana yang ada LaLiga akan kembali berlanjut pada tanggal 8 Juni nanti.

Namun bisa dipastikan bahwa LaLiga tindakan akan sama seperti sebelum ditangguhkan. Sebagaimana Liga Jerman yang telah kembali berjalan lebih dulu di masa pandemi COVID 19 dengan segudang protokol kesehatan, Liga Spanyol juga akan demikian. Ada banyak aturan baru yang mau tidak mau harus mereka ikuti. Seperti salah satunya adalah bertanding tanpa sorakan penonton di tribun stadion.

Selain akan bertanding tanpa penonton kabarnya ada ula aturan baru yang melarang para pemain untuk mengerubungi wasit nanti saat pertandingan. Jelas itu adalah salah satu aturan baru yang cukup sulit untuk dihadapai.

Menyoal serangkaian aturan yang akan dihadapi pada kelanjutan kompetisi LaLiga tersebut, bintang Barcelona, Lionel Messi mengungkapkan pendapatnya bahwa itu merupakan suatu keadaan yang akan sulit untuk dihadapi oleh para pemain bola di lapangan. Menurut Messi pemain harus benar-benar mempersiapkan mental agar tetap bisa menjaga fokus saat bermain.

“Menurut saya jelas tidak ada yang pernah menyangka bahwa keadaan seperti ini akan terjadi. Sebelumnya beberapa orang memang telah mengingatkan bahwa pandemi bisa terjadi kapanpun. Namun saya sendiri benar-benar tidak pernah membayangkan hal seperti ini akan terjadi dan berkembang seperti ini, dan bahkan menyebabkan dampak yang memengaruhi seluruh dunia” tutur Messi pada kolomnya yang di adidas.

“Hidup dan bekerja dalam keadaan yang tidak pasti jelas itu adalah sesuatu yang tidak mudah, terlebih lagi jika diharuskan menghadapi keadaan yang belum pernah terdengar sebelumnya seperti saat ini”

“Kita semua pastinya sedang bertanya-tanya kapan akan dapat kembali bekerja, kapan akan bisa kembali mulai kembali latihan, dan juga berkompetisi. Untuk pesepak dimanapun jelas sangat penting untuk tetap menjaga fokus ketika nanti memasuki lapangan” lanjut bintang Barcelona tersebut.

“Ada yang mengatakan bahwa kekuatan mental merupakan 40, 50, atau 60% bagian dari olahraga kami. Dan menurut saya hal tersebut tergantung dari masing-masing pemain (tiap pemain berbeda-beda). Namun menurut saya hal itu sangatlah penting, dan saya melihat bahwa fokus untuk mempersiapkan hal ini juga sangatlah penting.” Pungkas Messi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Favorit

Daftar Striker yang Bisa Dibeli MU

Jendela transfer musim panas semakin dekat, ada empat nama penyerang yang diyakini bisa didapatkan oleh Manchester United untuk membanti lini serang mereka...

Meskipun Tengah Krisis Corona, Presiden La Liga Tetap Optimis Kompetisi Akan Bisa Tuntas

Corona virus sejak beberapa bulan lalu memang tengah menjadi momok yang sangat meresahkan masyarakat dunia, dari yang awalnya berasal di Wuhan kini...

Sengketa Kepemilikan Newcastle United Masuk Sidang Pengadilan Inggris

Newcastle sedang dalam proses persidangan di pengadilan Inggris terkait dengan sengketa kepemilikan klub. Mike Ashley, sebagai tim manajerial saat ini dinilai tidak...

Menarik Untuk Dilihat Regenerasi Timnas Spanyol Untuk Gelaran Piala Eropa 2020

Masyarakat Spanyol mendapatkan kejutan istimewa kala Luis Enrique Martinez memutuskan kembali mejadi pelatih kepala. Gimana tidak, alih- alih berikan sinyal optimistis, eks...