29 C
Indonesia
Saturday, October 16, 2021
Home Berita Liga Italia Menyatakan Pensiun, Ini Dia Sosok Marcello Lippi Dari Dunia Kepelatihan Sepak Bola...

Menyatakan Pensiun, Ini Dia Sosok Marcello Lippi Dari Dunia Kepelatihan Sepak Bola Dunia

Siapa yang tidak kenal dengan Marcello Lippi? Sosok yang biasa terlihat berada di pinggir lapangan hijau ini, kini mengaku telah pensiun dari dunia kepelatihan.

Kehadirannnya sejak tahun 1982, tentunya telah bamyak memberikan bantuan. Kini di usianya yang berada pada angka 72 tahun Lippi menyatakan mengundurkan diri. Dengan kata lain dirinya telah gantung sepatu sebagai sosok pemain di lapangan hijau. Dikenal sebagai allenator, tentunya ada  banyak club yang pernah disinggahinya. Hal ini terbukti dari sekitar 12 klub sepak bola serta dua timnas yang pernah menjadi besutannya.

Ketika berada pada klub sepak bola, tentu saja masa suksesnya terlihat ketika ia bersama dengan Juventus dan dapat meraih setidaknya 13 buah trofi dalam kurun waktu dua periode saja. Hal ini juga terbukti melalui lima gelar yang diraihnya dalam Seri A serta satu buah trofi yang berhasil direbut olehnya pada saat Liga Champions.

Tidak hanya itu, perjalanan karirnya juga ikut bersinar ketika ia bersama dengan Guangzhou Evergrande. Bahkan ketika bersamamya ia berhasil dalam meraih satu kali kejuaraan dari Liga Champions Asia serta tiga gelar lainnya yang berasal dari Liga Super China.

Sementara itu, untuk level timnas. Kehadirannya sebagai pelatih pernah membersamai beberapa tim lain seperti halnya timnas asal China dan juga Italia. Dalam perjalanan karirnya tersebut, ketika ia barsama dengan Gli Azzuri, kehadirannya bahkan dapat menjuarai acara dari Piala Dunia di tahun 2006 lalu. Namun hal tersebut memang tidak dapat bertahan jauh lebih lama, karena ia mulai tersingkir dalam fase grup dari kejuaraan atau Piala Dunia yang hadir di tahun 2010 lalu. Sementara itu, ketika dirinya bsrada bersama dengan China, tentu saja kehadirannya hanya mampu menempati posisi hingga perempat final dari kegitana atau acara Piala Asia yang diadakan pada tahun 2019 lalu.

Setelah itu, diketahui bahwa pada November 2019, Lippi mulai berhenti dari posisinya tersebut sebagai pelatih. Setelah hal tersebut terjadi, dirinya kembali dari negera Tirai Bambu dan ia pun tidak menerima job lainnya setelah hal tersebut. Saat diwawancara oleh salah satu radio sport yaitu Radio Sportiva, yang kemudian dikutip kembali pada laman Football Italia, dinyatakan bahwa Pria yang seringkali menghisap cerutu ini mengaku sudah pensiun dari dunia kepelatihan. Hal ini diungkapkannya pada Kamis, 22 Oktober 2020.

Dalam pernyataannya tersebut Lippi mengungkapkan, bahwa dirinya telah selesai dari dunia kepelatihan. Namun hal tersebut tidak menutup dirinya dari beragam kemungkinan lain. Dengan kata lain, selama dirinya berguna dalam posisi lain, maka ada kemungkinan bagi dirinya untuk bergabung di dalamnya. Hanya saja untuk saat ini hingga musim semi tahun depan, dirinya memang tidak akan bertindak sebagai pelatih kembali.

Selain dikenal sebagai sosok pelatih tersukses yang ada di Italia serta dunia. Lippi tentunya tidak hanya berperan sebagai pelatih saja. Ia bahkan dinyatakan sebagai guru yang andal dan dapat menjadi pelatih terbaik dari beberapa sosok pelatih terkenal dunia lainnya. Sepeti halnya Zinedina Zidane yang berasal dari Read Madrid, Didier  Deschamps yang berasal sari Timnas Perancis, hingga Antonio Conte yang berasal dari Inter Milan yang pada masa dulunya juga pernah menjadi sosok murid dari seorang Lippi.

Tidak hanya itu, sejumlah pelatih lainnya yang ada pada Seri A dari musim ini juga dikenal sebagai sosok yang pernah dilatih olehnya. Seperti halnya keberadaan Fillipo Inzaghi yang berasal dari Benevento, kemudian ada pula Gennaro Gattuso yang berasal dari Napoli, Eusebio Di Francesco berasal dari Cagliari, hingga Andrea Pirlo yang juga barasal dari Juventus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Favorit

Ada Apa Di Penghujung Laga Crystal Palace Vs Newcastle?

Crystal Palace mendapat pukulan kejam di akhir pertandingan melawan Newcastle United ketika tim tamu mencetak dua gol di detik-detik terakhir pertandingan dekat...

Prestasi Solskjaer Dalam 1 Tahun Menjadi Manajer Tetap MU, Mungkin Anda Perlu Tahu

Di tanggal 28 Maret kemarin adalah hari yang spesial untuk seorang Ole Gunnar Solskjaer. Pada satu tahun yang lalu, dia dipercayakan menjadi...

Karena Performa Buruk, 3 Pemain Ini Terancam Hengkang Dari Skuat MU

Merebaknya wabah virus Corona di daratan Eropa membuat kompetisi sepak bola Premier League Inggris 2019/2020 dihentikan sementara. Belum ada keputusan mengenai kelanjutan...

Perseteruan Parker-Kahn Dalam Bursa Transfer Fulham

Dalam bursa transfer kali ini, pelatih Fulham Scott Parker disebut-sebut terlibat bentrok dengan salah satu pemilik klub Tony Kahn terkait pernyataan Kahn...