29 C
Indonesia
Wednesday, May 12, 2021
Home Berita Liga Italia Menteri Olahraga Ajukan Syarat Jika Ingin Seri A Dilanjutkan

Menteri Olahraga Ajukan Syarat Jika Ingin Seri A Dilanjutkan

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bulan Maret merupakan bulan yang sangat mencekam bagi Italia. Pada bulan tersebut jumlah korban virus corona yang hanya belasan orang tiba-tiba berlipat ganda menjadi ribuan hingga puluhan ribu. Karenanya membuat perintah Itali mengambil tindakan tegas membatasi seluruh kegiatan yang melibatkan banyak masa, termasuk diantaranya sepakbola.

Sejak penangguhan yang dilakukan pada awal bulan Maret hingga kini belum ada satupun yang dapat memastikan bagaimanakah kelanjutan Liga Itali kedepannya. Namun beberapa isu mengenai liga yang akan kembali dilanjutkan mulai bermunculan, dan berkaitan dengan hal tersebut Menteri Olahraga Italia membuka suara dan menyatakan berbagai syarat yang harus terpenuhi jika memang ingin kembali melanjutkan Serie A.

 Mengingat keadaan Italia yang kini kian membaik maka muncul rencana bahwa seluruh klub akan mulai bisa kembali melakukan latihan pada 18 Mei 2020 mendatang. Meskipun demikian pihak kementerian olahraga Italia belum berani memastikan bahwa Serie A akan pasti kembali dilanjutkan, melalui Spadafora diketahui bahwa jika ingin liga kembali berjalan maka syarat wajib yang harus dipenuhi adalah adanya protokol kesehatan.

Jika memang nantinya protokol kesehatan yang disyaratkan tidak bisa terpenuhi maka pihak kementerian Italia memberikan ancaman Liga Itali kemungkinan juga akan bernasib sama dengan Liga Prancis. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa saat ini Liga Prancis telah secara resmi dibatalkan, hal itu karena keputusan resmi dari pihak Perdana Menteri Prancis Eduard Philippe. Perdana Menteri Prancis telah memutuskan untuk tidak memberikan izin pada seluruh kegiatan olahraga hingga bulan September mendatang.

“Mungkin Prancis tidak akan menjadi menjadi kompetisi terakhir yang diputuskan untuk berhenti, dan ini bisa saja akan mendorong Italia melakukan hal yang sama” tegas menteri olahraga Italia.

“Dengan keadaan seperti ini, maka jika memang protokolnya telah disetujui oleh semua pihak, maka latihan akan bisa kembali dilaksanakan, dan hal ini akan berdampak positif pada kemungkinan liga yang akan kembali dilaksanakan” tutur Spadafora pada pihak Football Italia.

“Dan sebaliknya jika memang protokol keselamatan ternyata tidak bisa disetujui oleh semua pihak maka kemungkinan pihak pemerintah harus mengeluarkan dekrit ‘berkaitan dengan keadaan darurat kesehatan publik’ dengan demikian musim berakhir, dalam hal ini maka akan membuat kondisi sepakbola tidak mengalami banyak kerusakan. Dan pada dasarnya kami akan mengambil tanggung tersebut”

Pihak kementerian Olahraga Italia menekankan pada seluruh klub agar terus memikirkan cara bagaimana menghadapi musim depan dengan lebih baik dan aman. Menurut mereka itu adalah hal yang lebih baik dipikirkan.

“Para pemain memang ingin kembali melakukan latihan dengan benar, namun jika saya merupakan presiden klub maka saya lebih ingin memikirkan cara bagaimana memulai musim depan dengan lebih aman”

Seharusnya jika mengikuti jadwal awal yang sebenarnya maka Liga Italia akan berakhir pada tanggal 30 Juni mendatang. Akan tetapi dikarenakan situasi yang tidak memungkinkan maka tanggal tersebut kemudian dimundurkan hingga tanggal 2 Agustus 2020. Akan tetapi sebagaimana yang dibahas diatas bahwa hingga kini masalah nasib Serie A juga belum jelas, pihak FICG selaku federasi sepakbola Italia bersama ilmuan tengah mengaji, mendiskusikan, dan menimbang bagaimana baiknya nasib Liga Italia musim ini.

Jika memang pada akhirnya Liga Italia harus bernasib sama dengan Liga Prancis maka itu akan menjadi satu hal yang tidak adil bagi Juventus yang kini tengah menduduki puncak klasemen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Neymar Angkat Bicara Soal Performanya di PSG

Bintang Brasil itu memperingatkan timnya harus tampil lebih baik saat menghadapi pasukan Ole Gunnar Solskjaer di Old Trafford. Neymar...

MU Incar Federico Valverde yang Punya Klausul Super Mahal

Saat ini Mahcester United tengah dikabarkan mulai tertarik untuk bisa menggunakan jasa dari gelandang kenamaan Real Madrid, Federico Valverde. Namun untuk mendatangkan...

Kepergian Grealish ke Manchester United telah di Ikhlaskan Legenda Aston Villa

Legenda Aston Villa yang pula mantan penyerang Timnas Inggris, Darius Vassell, mengikhlaskan bila kapten The Villans-- julukan Aston Villa, ialah gelandang serbu...

Kenang Sebuah Momen Sadis Ala Sir Alex Ferguson

Kenang Sebuah Momen Sadis Ala Sir Alex Ferguson - Robin van Persie sendiri bergabung ke Manchester United pada tahun 2013 yang lalu,...