29 C
Indonesia
Sunday, July 5, 2020
Home Berita Liga Inggris Mengenang Kembali Kisah Antara Rafa Benetiz, Jose Mourinho dan Liverpool

Mengenang Kembali Kisah Antara Rafa Benetiz, Jose Mourinho dan Liverpool

Jose Mourinho dalam beberapa periode lalu ternyata sempat dikait-kaitkan dengan Liverpool, kala itu The Reds memang tengah dalam keadaan dilema menentukan calon manajer baru, apakah akan merekrut sosok Jose Mourinho atau Rafael Benetiz.

Masa dimana nama Jose Mourinho santer dikait-kaitakan dengan Liverpool adalah saat Era Gerard Houllier mengakhiri masanya di Liverpool, kala itu sang pelatih harus pensiun dari posisi pelatih di Livrepool pada Mei 2004. Bisa dikatakan era Gerard Houllier adalah era yang panjang di liverpool, dirinya mengasuh TheReds mulai dari tahun 1998 hingga 2004. Karenanya Liverpool harus bisa mendapatkan sosok yang tepat untuk menggantikannya. Dalam perjalanan pencarian tersebut kemudian muncul nama Jose Mourinhon dan Benetiz.

Kala itu akhirnya sosok Jose Mourinho tidak ditunjuk sebagai pelatih Liverpool, pasalnya ada kekhawatiran dari para senior Liverpool atas penunjukan Mourinho, hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Jamie Carragher pada Metro.co.uk.

“Itu sebelum Rafa datang kan? Aku bisa mengisahkan sesuatu soal itu,” kata Carragher kepada Sky Sports.

“Gerard Houllier tak lagi jadi manajer dan pada satu waktu (mantan chief executive Liverpool) Rick Parry telah mewawancarai Rafa Benitez. Ia menginformasikan para pemain senior mengenai aktivitas manajemen. Dan ia memang menyebut Jose Mourinho. Aku lebih tahu soal Rafa Benitez karena (dia melatih di) liga Spanyol.”

“Namun, aku pikir perasaan yang muncul saat itu adalah Jose Mourinho tidak bisa menjadi seorang manajer Liverpool. Boleh jadi, dalam beberapa hal, mungkin dikarenakan caranya membawa diri,” tuturnya.

Berdasarkan pengakuan Carragher, salah satu pertimbangan yang membuat khawatir beberapa pihak atas penunjukan Mourin ho adalah, sikap Jose Mouri ho yang kerap berlari-lari di pinggir lapangan. Sikap tersebut dinilai kurang cocok dengan Liverpool yang notabenya merupakan klub dengan kebutuhan pelatih berfigur tenang seperti Benitez.

“Aku selalu merasa kami akan memilih Rafa mengingat dirinya lebih tenang. Sepertinya, perasaan saat itu adalah bahwa Jose akan selalu sulit menangani Liverpool,” ujar Carragher.

“Aku tidak tahu apa saat itu ia berminat, tapi kami sempat mendengar bahwa semasa kecil ia merupakan penggemar berat Liverpool. Jadi aku tak yakin apa memang benar begitu atau uang jutaan dari Roman (Abramovich) yang jadi pembeda,” tuturnya.

Hasil dari persaingan tersebut kemudian Liverpool memilih sosok Benitez, sosoknya direkrut secara resmi pada bulan Juni 2004 silam. Benitez kemudian menukangi Liverpool sejak tahun tersebut hingga tahun 2010, dan dalam kurun waktu tersebut kiprahnya terbilang cukup gemilang karena ia berhasil membuat Liverpool menjuarai Liga Champions, Piala Fa, Piala Super Eropa, dan juga Community Shield.

Dan pada musim yang sama Jose Mourinho akhirnya juga ditunjuk oleh Chelsea untuk menjadi pelatih dari klub tersebut. Perjalananya bersama The Blues terbilang cukup sukses, bahkan di tahun-tahun pertamanya Mourinho berhasil meraih gelar juara Pre,ier League, Piala Inggris, Piala FA, serta Community Shield untuk Chelsea.

Saat ini Jose Mouri ho sedang menukangi klub Liga Inggris lain, yakni Tottenham Hotspur. Garapan yang dilakukannya belum bisa dikatakan apik pasalnya baru beberapa kali menukangi Spurs kini berbagai liga di Eropa telah dihentikan, termasuk Liga Inggris maupun liga Champions yang diikuti oleh Tottenham Spurs.

Masih belum diketahui kapan tanggal pasti seluruh liga-liga akan kembali dilaksankan, hal tersebut dikarenakan kondisi Eropa yang hingga kini masih bekerja keras memerangi virus corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WINBIG88

- Advertisment -

Most Popular

Chelsea Ingin Fokus Pada Diri Sendiri Tanpa Melihat Tim Lain

Pelatih Chelsea, Frank Lampard sadar betul bahwa saat ini setiap pertandingan yang harus mereka lakukan memiliki tekanan yang berbeda-beda, namun demikian Lampard...

Kalahkan Torino 4-1 Kini Juventus Kia Nyaman di Puncak

Laga lanjutan Serie A menghadirkan Derby della Mole, dan dalam pertandingan tersebut Juventus yang berperan sebagai tuan rumah berhasil mendapatkan kemenangan besar...

Manchester United Menang Telak Atas Bournemouth 5-2

Manchester United barui saja melakoni laga tandang kontra Bournemouth. Dalam laga tersebut anak-anak asuh olle Gunnar Solskjaer menang telak atas tim tamu...

Laga Kontra Wolverhampton Akan Uji Konsistensi Arsenal

Dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke 33, Arsenal diharuskan berhadapan dengan Wolverhampton Wanderers. Laga ini akan menjadi laga dimana konsistensi tim...

Recent Comments