29 C
Indonesia
Monday, September 21, 2020
Home Berita Internasional Mengenal Stadion Parken Calon Stadion Piala Euro 2021

Mengenal Stadion Parken Calon Stadion Piala Euro 2021

UEFA memberikan kepercayaan pada Stadion Parken untuk menjadi salah satu stadion Piala Euro 2021. Gelaran sepakbola terbesar di Eropa tersebut harusnya mulai berjalan pada tanggal 12 Juli 2020 mendatang, sayangnya karena adanya pandemi virus corona maka dengan terpaksa kompetisi harus diundur hingga tahun 2021 mendatang.

Perhelatan Piala Euro 2021 terlihat mengusung konsep yang berbeda dari sebelumnya. Yang mana kali ini akan ada 12 stadion yang dijadikan sebagai stadion Piala Euro 2021, 12 Stadion merupakan stadion dari negara-negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah oleh UEFA. Ini adalah konsep baru karena sebelumnya hanya ada 1 atau 2 negara yang menyelenggarakan Piala Euro.

12 tuan rumah yang dipilih oleh UEFA untuk menjadi tuan rumah akan menyediakan satu stadion Piala Euro 2020. Dan beberapa negara beruntung yang akan menjadi tuan rumah tersebut adalah : Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, Denmark, Belanda, Rusia, Hungaria, Skotlandia, Azerbaijan, dan Republik Irlandia.

Sekilas Tentang Stadion Parken

Denmark menjadi salah satu negara yang mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah Piala Euro 2021, karena itu mereka menyiapkan Parken Stadium sebagai stadion Piala Euro 2021. Stadion ini merupakan stadion yang dibangun di kota Copenhagen, Denmark, dan nantinya disini akan dihelat 4 pertandingan, 3 diantaranya merupakan babak group, sedang 1 lainya laga 16 besar.

Berbeda dengan stadion Piala Europa 2021 lain yang memiliki kapasitas penonton hingga 50 ribu lebih, Parken Stadium hanya dapat menampung 38 ribu penonton, karena itu stadion ini juga menjadi stadion terkecil dalam kompetisi Piala Euro 2021 nanti. Parken Stadium juga merupakan markas bagi Denmark FC Copenhagen serta Timnas Denmark.

Berkenaan dengan kapasitas stadion Parken, meski dalam pertandingan bola mereka hanya boleh menampung 38 ribu orang, namun ketika menggelar konser, daya tampung Parken Stadium dapat lebih besar, yakni lebih 50.000 pengunjung. Hal ini dikarenakan saat konser sebagian penonton akan berdiri didepan stage secara langsung.

Mempelajari Sejarah Pembangunan Parken Stadium

Stadion Parken yang juga kan kadi stadion Piala Europa 2021 ini, ternyata dibangun diatas lokasi bekas stadion nasional Timnas Denmark, Stadion Idraestparken. Berdasarkan hasil kesepakatan yang ada kemudian Baltich Finans A/S diperbolehkan membangun ulang stadion, namun dengan jaminan bahwa seluruh laga nasional dapat dilaksanakan di stadion ini.

Dalam pembangunannya stadion Parken membutuhkan dana yang cukup fantastis, yakni sebesar 640 juta krona. Dana tersebut digunakan untuk merobohkan stadion lama, dan membangun ulang lebih dari tiga perempat tribun asli. Setelah rekonstruksi selesai Parken Stadium berhasil menjadi stadion bintang 4 standart UEFA. Malka tidak heran jika Parken dijadikan stadion piala Euro 2021.

Raihan kelas bintang 4 dari versi UEFA membuat Parken Stadium kerap digunakan sebagai tuan rumah untuk perhelatan sepakbola yang bergengsi, salah satu diantaranya adalah Final Liga Europa serta Piala Winners. Namun Parken Stadium belum pernah dipercaya untuk menghelat final Liga Champions, karena untuk itu mereka harus memiliki rating bintang 5.

Momen Bersejarah Parken Stadium

Telah berdiri cukup lama, dan telah mendapatkan rating bintang 4 dari UEFA tentu calon stadion Piala Euro 2021 ini telah memiliki banyak momen bersejarah. Namun ini memang merupakan kali pertama bagi Parken Stadium dipercaya menggelar even sebesar sekelas Piala Euro.

Sebelumnya Stadion Parken juga telah beberapa kali menghelat event besar. Parken Stadium juga pernah menjadi tempat digelarnya ajang UEFA Cup. Dan satu prestasi besar lain yang dimiliki oleh calon stadion Piala Euro 2021 adalah, mereka pernah menjadi venue kualifikasi Piala Dunia.

Sedangkan untuk Timans Denmark, Parken Stadium boleh dibilang sebagai satu markas yang amat kokoh. Tercatat Timnas Denmark belum pernah menelan kekalahan di 11 laga terakhir tiap kali mereka menjamu tamu di Parken Stadium. Jelas ini merupakan rekor apik yang ingin terus dipertahankan oleh Simon Kjaer dkk.

Sebelumnya Parken Stadium adalah sebuah stadion bernama Idraetsparken, pertandingan terakhir di stadion tersebut sebelum berganti nama adalah pada 14 November 1990. Kala itu Timnas Denmark ditekuk Yugoslavia 0-2. Kini Parken Stadium telah berevolusi dengan baik, dan bahkan dapat mendapat kepercayaan UEFA untuk menjadi stadion Piala Euro 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Persib Bandung Bersama Dengan Arema FC Melawan Musuh!

Kabar mengejutkan datang dari dunia sepak bola negara Indonesia. Sekarang ini, striker jagoan timnas Persib Bandung yakni Wander Luiz yang sedang menjalani...

Inilah Perjalanan Robert Rene Albert Sebelum Menukangi Persib Bandung

Robert Rene Albert sekarang menjadi tumpuan harapan klub Persib Bandung untuk bisa membawa mereka ke kejayaan. Sampai saat ini, pelatih berdarah Belanda...

Sukses di Bundesliha, Patrik Schick Impikan Bermain di Liga Inggris

Striker RB Leipzig, Patrik Schick, sepertinya tak akan berlama-lama lagi dalam bermain di Bundesliha. Hal tersebut dikarenakan sang pemain memiliki impian untuk...

Pemain Union Berlin Rela Tidak Digaji Selama Pandemic COVID 19

Para pemain di salah satu klub Bundes Liga, Union Berlin ikhlas untuk tidak mendapatkan gaji sebagai bentuk bantuan mereka kepada klubnya yang...