29 C
Indonesia
Tuesday, August 11, 2020
Home Berita Internasional Inilah Stadion Piala Eropa 2021 : Hampden Park

Inilah Stadion Piala Eropa 2021 : Hampden Park

Hampden Park ditunjuk oleh UEFA untuk menjadi salah satu stadion Piala Euro 2021. Stadion yang satu ini merupakan markas untuk Timnas Skotlandia, letaknya adalah di kota Glasgow. Tentunya ada alasan kuat sehingga UEFA memilih stadion yang satu ini sebagai salah satu tuan rumah gelaran Piala Euro 2021.

Menjadi stadion kebanggaan masyarakat Skotlandia, Hampden Park mampu menampung jumlah penonton hingga lebih dari 51.000, ini pula salah satu alasan mengapa UEFA memilih Hampden Park sebagai stadion Piala Euro 2021. Selain itu Hampden Park memang memiliki fasilitas stadion yang standart UEFA sehingga membuatnya kerap dijadikan tuan rumah untuk event-event besar.

Sekilas Tentang Hampden Park

Hampden Park bisa dikatakan merupakan salah satu stadion yang umurnya sudah cukup tua. Stadion ini untuk pertama kali dibuka pada tahun 1903, pada tahun tersebut Hampden Park mencetak rekor sebagai stadion dengan kapasitas tampung suporter paling besar di dunia, yakni sebanyak lebih dari 100.000 orang.

Berdasarkan catatan sejarah, diketahui bahwa salah satu stadion Piala Euro 2021 ini, pada tahun 1937 mampu menampung suporter sebanyak 149.415. Kala itu Hampden Park menghelat pertandingan antara Timans Skotlandia vs Timnas Inggris. Antusias pendukung ternyata amat luar biasa sehingga seluruh tribun penuh sesak.

Akan tetapi untuk memenuhi standart stadion sepakbola internasional Hampden Park terus melakukan renovasi dan penyesuaian, hal ini kemudian membuat daya tampung jumlah suporter juga kian menurun, dan tidak lagi membuat Hampden Park menjadi stadion dengan jumlah kapasitas suporter terbesar di dunia. Terakhir kali Hampden Park diperbaiki pada tahun 199.

Berdasarkan hasil keputusan pihak-pihak terkait, nantinya Hampden Park akan digunakan sebagai salah satu stadion Piala Europa 2021. Disini akan digelar babak group D, dan satu pertandingan babak 16 besar. Kepercayaan yang diberikan oleh UEFA akan dilaksanakan dengan sebaik mungkin oleh Skotlandia, mereka menjanjikan akan menjadi tuan ruamh yang baik.

Dalam kesempatan wawancara yang dilakukan oleh Presiden Asosiasi Sepakbola Skotlandia, dia mengatakan bahwa sebelumnya mereka telah berhasil menghelat beberapa event besar seperti Commonwealth Games. Bercermin dari hal tersebut masyarakat Skotlandia diyakini antusias menyambut Piala Euro 2021 dan menurutnya ini juga merupakan suatu hal yang amat fantastis.

Mempelajari Moment Penting Hampden Park

Telah dibukan sejak beberapa dekade lalu jelas Hampden Park yang merupakan salah satu stadion piala Euro 2021 ini memiliki banyak moment penting dan bersejarah. Salah satu momen bersejarah yang terjadi di Hampden park dan akan selalu terkenang adalah, mereka pernah menjadi tempat penyelenggaraan final Liga Champions musim 2001/2002.

Dalam laga final Liga Champions yang digelar pada saat itu, Real Madrid harus berduel dengan Bayer Leverkusen. Masih kental di ingatan bahwa itu merupakan pertandingan yang sangat sengit, Madrid yang sempat unggul 1-0 berkat gol Raul Gonzales, kemudian harus rela diimbangi setelah Luico membobol gawang mereka di menit ke 13.

Disaat intensitas pertandingan kian meningkat, suasana di calon Stadion Piala Euro 2021 ini juga kian memanas, beruntung Zinedine Zidane, berhasil sedikit memberikan ketengan dihati fans Real Madrid. Pada menit ke 45 sebelum turun minum Zidane membobol gawang lawan untuk mengambil keunggulan bagi El Real.

Tidak hanya memiliki momen bersejarah sebagai stadion tempat final Liga Champions digelar, Hampden Park juga pernah digunakan untuk menggelar ajang Olimpiade 2012. Di calon stadion piala Euro 2021 tersebut dihelat 3 pertandingan sepakbola putra dan juga 3 pertandingan sepakbola timnas putri.

Dalam proses penyelenggaraan pertandingan Olimpiade tahun 2012 dulu, terdapat satu momen yang tidak akan pernah dilupakan, pasalnya cukup mengundang kontroversi. Yang mana pada kala itu Timnas Korea Utara akan berhadapan dengan Timnas Kolombia, namun pihak panitia justru memasang bendera Korea Selatan. Akibatnya timnas Korea Utara sempat mogok bermain.

Telah dibuka dalam waktu yang cukup lama, dan banyak menuai prestasi atas keberhasilannya menjadi tuan rumah even sepakbola internasional wajar rasanya jika kemudian pihak UEFA memberikan kepercayaan bagi stadion Hampden Park untuk menjadi salah satu stadion Piala Euro 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Prediksi Bola : Arsenal vs Liverpool 14 Juli 20020

Laga lanjutan Liga Inggris pekan ke 36 akan mempertemukan Arsenal si peringkat 9 dan Liverpool sang juara. Duel tersebut akan dilaksanakan pada...

Prediksi Bola Brighton vs Liverpool 9 Juli 2020

Sang juara Premier League musim ini, Liverpool akan melakoni laga tandang ke markas peringkat 15, Brighton. Pertandingan tersebut merupakan laga lanjutan pekan...

Wander Luiz Mendapatkan Dua Penghargaan Sekaligus

Kabar Mengejutkan datang dari dunia sepak bola, Wander Luiz telah dinyatakan positif Corona yang mengharuskan dirinya melakukan isolasi mandiri selama 14...

Copa America Diundur, Cita-Cita Messi Angkat Tropi Harus Ditunda

Keinginan besar yang dimiliki Lionel Messi untuk meraih gelar juara bersama Tim Nasional Argentina pada ajang Copa America tahun ini harus ditunda...