29 C
Indonesia
Monday, May 25, 2020
Home Eropa Mengenal Megahnya Stadion Webley Calon Venue Piala Euro 2021

Mengenal Megahnya Stadion Webley Calon Venue Piala Euro 2021

Salah satu venue Piala Euro 2021 yang dipilih oleh UEFA adalah Stadion Wembley. Satdion ini merupakan salah satu stadion termegah jika dibandingkan dengan venue lainnya, karenanya tidak heran jika Stadion Wembley akan dipercaya menghelat pertandingan mulai dari babak penyisihan group hingga puncak laga Piala Euro 2021.

Stadion Wembley adalah stadion yang amat megah dan tentunya menjadi kebanggaan bagi Inggris, pasalnya stadion ini merupakan salah satu stadion nasional milik negara Inggris. Disini tidak hanya menjadi venue Piala Euro 2021, atau venue agenda sepakbola, namun Stadion Wembley juga kerap kali digunakan untuk menggelar agenda olahraga lain, seperti tinju, maupun rugbi.

Sekilas Tentang Stadion Wembley

Stadion nasional milik Inggris ini untuk pertama kali dibangun adalah pada tahun 1922, kemudian dua tahun setalahnya, atau tepatnya pada 28 April 1923, Wembley Stadium resmi dibuka. Dalam perjalanannya salah satu venue Piala Euro 2021 ini sempat direnovasi pada 1963, lalu ditutup untuk dirubuhkan pada tahun 2000. Kemudian pada 2002 dibangun ulang.

Proses pembangunan ulang Stadion Wembley memakan waktu selama 4 tahun. Rekonstruksi tersebut dimulai pada tahun 2003, dan kemudian rampung pada 2007, Wembley dibukan kembali untuk umum adalah pada tanggal 9 Maret 2002. Setelah rekonstruksi venue Piala Euro 2021 ini menjadi stadion dengan kapasitas terbesar ke 2 di Eropa karena memiliki 90.000 kursi penonton.

Menjadi stadion nasional Inggris, jelas Wembley merupakan stadion yang kaya akan fasilitas canggih, karenanya tidak heran jika asosiasi sepakbola Inggris kerap menggunakan Wembley sebagai komponen utama kala mengajukan diri sebagai tuan rumah untuk event penting sepakbola Internasional, seperti Piala Dunia 2018, dan Piala Dunia 2022.

Untuk gelaran sepakbola kelas Eropa, Wembley memang bukan markas asing, pasalnya calon venue Piala Euro 2021 ini telah sering dijadikan sebagai venue event besar seperti, Final Piala FA, Final Carabao Cup, maupun tuan rumah event Community Shield. Hal ini wajar jika mengingat betapa megah dan lengkapnya fasilitas stadion Webley.

Stadion Wembley tidak hanya membanggakan setelah di rekonstruksi, bahkan sebelum mereka dibangun ulang, ketika tahun 1966 silam, Wembley pernah menjadi saksi kala Inggris memenangkan trofi Piala Dunia. Ini merupakan momen bersejarah karena itu adalah kali pertama dan terakhir Inggris menjadi juara Piala Dunia, setidaknya hingga saat ini.

Menjadi salah satu venue Piala Euro 2021, nantinya Stadion Wembley akan dipercaya menyelenggarakan laga penting seperti babak semifinal dan laga puncak. Namun disisi lain pada babak penyisihan group, sampai pada babak 16 besar, Wembley akan tetap menjadi markas bagi Timnas Inggris.

Momen Bersejarah di Stadion Wembley

Mengingat stadion nasional Inggris ini telah berdiri puluhan tahun, maka bisa dipastikan jika Wembley memiliki banyak sejarah. Salah satunya adalah ketika Wembley sebelum di rekonstruksi ulang, atau tepatnya pada tahun 1966. Ditahun tersebut Timans Inggris berhasil memenangi partai final Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Kala itu salah satu venue Piala Euro 2021 ini dihadiri oleh lebih dari 96 ribu suporter, partai final Piala Dunia 1966 mempertemukan Timnas Inggris vs Timnas Jerman. Pertandingan puncak memang selalu menegangkan, karenanya wajar jika saat itu tensi permainan cukup tinggi, beruntung Bobby Moore dkk berhasil membuat keunggulan, dan mempersembahkan trofi Piala Dunia pada rakyat Ratu Elizabeth.

Selain menjadi venue Piala Dunia 1966, pada tahun 1996 Stadion Wembley juga dipercaya menjadi tuan rumah utama Piala Euro. Kala itu Inggris tampil apik hingga babak semifinal, namun dalam prosesnya mereka kalah dari Jerman. Di babak Final Jerman berhadapan berhasil menumbangkan Ceko 2-1, dan membawa pulang Piala Euro 1996.

Selain dua gelaran bergengsi diatas venue Piala Euro 2021 ini juga sering menggelar partai final Liga Champions. Secara total Wembley Stadium telah 6 kali dipercaya menyelenggarakan pertandingan final Liga Champions, untuk rincinya 5 pertandingan pertama adalah ketika kompetisi ini masih menggunakan nama Piala Champions, dan satu lainnya saat telah berubah nama menjadi Liga Champions.

Telah berdiri selama puluhan tahun, memiliki kapasitas tampung suporter dalam jumlah amat besar, dan juga dilengkapi oleh berbagai fasilitas stadion yang sesuai dengan standart UEFA maupun asosiasi sepakbola dunia, membuat Wembley menjadi satu kebanggaan bagi rakyat Inggris, dan tidak heran jika UEFA mempercayai mereka untuk menjadi venue Piala Euro 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Liga Italia Serie A Kemugkinan Besar Akan Kembali Pada Tanggal 13 atau 20 Juni

Titik terang mengenai kapan Serie A musim ini bisa kembali dilanjutkan kembali muncul setelah pemerintah Italia melalui Menteri Olahraga. Vincenzo Spadafora mengatakan...

Stadion Mattalatta, Markas PSM Makassar Terbengkalai dan Jadi Kebun Sayur

Markas PSM Makassar, Stadion Andi Mattalatta saat ini sedang sangat sepi aktivitas. Hal tersebut dikarenakan Shoppe Liga 1 memang tengah ditangguhkan akibat...

Dani Ceballos Sebut Premier League Mulai Kembali Pada 20 Juni?

Hingga beberapa waktu kita tahu bahwa teka-teki tentang kelanjutan nasib Liga Inggris musim ini masih terus dipertanyakan. Namun, kini hal tersebut setidaknya...

Mengenal Megahnya Stadion Webley Calon Venue Piala Euro 2021

Salah satu venue Piala Euro 2021 yang dipilih oleh UEFA adalah Stadion Wembley. Satdion ini merupakan salah satu stadion termegah jika dibandingkan...

Recent Comments