29 C
Indonesia
Thursday, May 13, 2021
Home Berita Liga Inggris Mengenai Status Juara Liverpool, Ini Kata Presiden UEFA

Mengenai Status Juara Liverpool, Ini Kata Presiden UEFA

Rumor bahwa Liverpool akan otomatis menjadi juara Premier League musim 2019-2020 dibantah oleh presiden UEFA, Aleksander Ceferin. Dia membantah kabar yang menyebutkan bahwa Liverpool akan menjadi juara EPL saat liga dihentikan, dan UEFA dikabarkan ingin segera menyelesaikan kompetisi, rumornya.

Akibat pendemi virus Corona saat ini, kompetisi sepak bola di Eropa harus dihentikan sementara. Tak terkecuali Premier League. EPL dihentikan ketika baru menyelesaikan 29 pekan dari total 38 pekan yang harus dijalankan. Artinya tersisa 9 pekan lagi untuk menyelesaikan kompetisi ini. Apa daya, kondisi saat ini membuat federasi sepak bola di Inggris mengeluarkan keputusan penghentian kompetisi sementara.

Federasi Inggris (FA) menargetkan rencana awal untuk menggulirkan kembali kompetisi itu pada tanggal 3 April 2020. Namun, sampai saat ini belum ada kepastian soal rencana tersebut. Apakah penghentian itu akan diakhiri atau bahkan diperpanjang. Format kompetisi pun belum ditentukan.

Dalam situasi seperti ini, banyak bermunculan wacana-wacana tentang status kompetisi termasuk siapa juara Premier League musim ini. Sementara ini Liverpool masih memimpin klasemen, berbeda 25 poin dengan pesaingnya Manchester City di posisi kedua. Wacana yang muncul salah satunya adalah memberikan gelar juara otomatis kepada Liverpool sebagai pemuncak klasemen sementara, padahal kompetisi belum selesai.

Banyak komentar terhadap wacana tersebut. Para analis pun banyak yang berkomentar mengenai diangkatnya status juara tim Liverpool. Ada yang setuju, dan ada pula yang tidak setuju. Termasuk Aleksander Ceferin pun angkat bicara dan memastikan sang pemimpin klasemen sementara tidak otomatis juara.

“Saya sudah melihat dan mendengan beberapa berita palsu bahwa UEFA akan memutuskan liga untuk diselesaikan sekarang dan juaranya adalah klub yang sekarang berada di puncak klasemen.” kata Aleksander Ceferin, dikutip dari Mirror.

“Saya bisa mengatakan bahwa itu tidak benar. Tujuan kami adalah membereskan liga dan kami tidak menyarankan hal itu kepada siapa pun.” lanjut Aleksander Ceferin.

Kompetisi Harus Tuntas
The Reds sebenarnya sudah sangat dekat dengan titel juara. Kalaulah tidak terhambat oleh pendemi virus Corona, mungkin Liverpool akan meraih gelar juara, hanya tinggal menyelesaikan 2 pertandingan dengan kemenangan saja.

Pernyataan presiden UEFA, Aleksander Ceferin mendapat dukungan dari banyak federasi di Eropa. Luis Rubiales, sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFF), mengatakan bahwa La Liga akan digelar hingga selesai. Berbeda dengan kondisi Premier League yang pemuncak klasemennya meninggalkan jauh pesaing dibawahnya, La Liga saat ini masih seru dengan persaingan dua raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona yang sedang saling kejar mengejar posisi pertama klasemen.

“Musim ini harus berakhir dengan aturan yang sama dan tidak berubah, meskipun situasi sekarang luar biasa.”
“Saya tidak bisa menjamin kompetisi akan diakhiri sebelum 30 Juni, seperti yang orang lain katakana. Tidak adil kalau kompetisi berakhir dengan klasemen seperti sekarang.” ucap Luis Rubiles.

Di pekan ke-29 ini Liverpool telah mengumpulkan 82 poin dari hasil 29 kali menang, satu kali seri, dan satu kali menelan kekalahan. Satu-satunya kekalahan yang dialami The Reds di Premier League ini adalah saat mereka bertandang ke markas tim Watford pada 1 Maret lalu. Watford berhasil mengalahkan Liverpool dengan skor telak 3-0.

Meskipun pada pertandingan itu Liverpool mendominasi penguasaan bola, tetapi mereka masih kalah dalam efektivitas permainan. Terbukti Watford berhasil melesatkan 14 tendangan, dan 5 diantaranya on target. Dibandingkan dengan Liverpool yang hanya bisa melesatkan 7 tendangan dan hanya 1 yang mengarah ke gawang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Barcelona Siapkan Dana Besar Demi Botong Romagnoli

Klub raksasa La Liga, Barcelona, dikabarkan telah menyiapkan dana yang besar untuk bisa memboyong Alessio Romagnoli yang kini merumput bersama AC Milan....

Habis Masa Kontrak Dengan Barca, Umtiti Diincar Arsenal

Arsenal dilaporkan kembali mengejar Samuel Umtiti, yang mungkin hendak keluar dari Barcelona musim panas mendatang. “Ya, kami memang ingin...

Tidak Terima Harus Terdegradasi Klub Hearts Ajukan Gugatan Pada SPL

Liga Premier Skotlandia (SOL) telah secara resmi dihentikan, berdasarkan keputusan yang ada maka klub yang ada di puncak klasemen resmi menjadi juara,...

Perebutan Bek Tengah Inter Milan oleh Barcelona dan Manchester City

Barcelona dikabarkan tengah menyaingi Manchester City dalam perebutan bek tengah Inter Milan, Alessandro Bastoni. Hal ini dilakukan Barcelona lantaran keterbatasan jumlah bek...