29 C
Indonesia
Thursday, December 8, 2022
Home Berita Internasional Masalah Kontrak Ditengah Pandemic Virus Corona Masih Belum Menemukan Jalan Tengah

Masalah Kontrak Ditengah Pandemic Virus Corona Masih Belum Menemukan Jalan Tengah

Federasi sepak bola dunia, FIFA kini tengah memantau dampak yang akan terjadi akibat penundaan jadwal pertandingan pada kontrak serta pendaftaran pemain pada kondisi krisis akibat pandemic virus corona.

Karena banyak pemain sepak bola yang akan habis kontraknya pada tanggal 30 Juni 2020, termasuk beberapa pemain bintang seperti David Silva bersama Manchester City, Odion Ighalo bersama Manchester United, Jan Vertonghen di The Lily White serta Willian Borges da Silva bersama The Blues Chelsea. Sedangkan adanya penundaan jadwal seperti sekarang memastikan liga tidak berjalan sesuai jadwal dan molor.

UEFA sebagai federasi sepak bola Eropa sendiri sebelumnya sudah menargetkan liga-liga di Benua Biru dapat selesai pada tanggal 30 Juni 2020. Tetapi target tersebut sepertinya masih belum pasti mengingat pandemic akibat virus corona masih menghalangi berbagai aktivitas orang dimana-mana.

“FIFA sebagai federasi sepak bola dunia menganalisa kondisi saat ini serta dampak potensial yang mungkin akan terjadi di berbagai daerah dalam sepak bola, termasuk terkait kontrak pemain. Informasi lebih lanjut akan menyusul kemudian hari,” ucap jubir FIFA seperti yang dikutip dari Sky Sports.

Liga Inggris sendiri jika mengacu pada kalender normal akan membuka bursa transfer pemain pada pertengahan tahun atau sekitar 10 Juni 2020 dan penutupan akan dilakukan pada tanggal 1 September 2020.

Setiap federasi anggota FIFA sendiri harus menetapkan dua periode registrasi pada setiap musimnya. Namun hingga saat ini, FA yang merupakan federasi sepak bola INggris masih belum juga memberikan konfirmasi atau pengumuman terkait perubahan bursa transfer pemain tengah tahun ini.

Martin Semmens selaku Direktur Utama dari Southampton angkat bicara jika Premier League tetap dilanjutkan hingga melewati jangka waktu kontrak pemain maka hal itu tidak terlalu akan menimbulkan sebuah masalah besar menurutnya.

“Kami masih berharap jika Liga bisa rampung pada akhir bulan Juni. Namun jika akhirnya melewati tanggal tersebut, maka akan ada tantangan hokum. Jika kami akhirnya bermain hingga tanggal lima belas Juli 2020, maka anda haruslah memperpanjang kontrak pemain sekitar 2 minggu lagi. Saya juga percaya ini bukan sebuah tantangan substansial untuk meyakinkan pemain agar tetap bermain selama dua pekan lagi,” ucap Martin Semmers memberikan pendapat.

“Tantangannya adalah untuk memastikan bahwa kami tidak mempunyai efek lanjutan pada musim berikutnya dan membuat sepak bola harus dikompromikan pada tahun tahun berikutnya,” tambah Direktu Utama Southampton tersebut.

Pihak lain yang juga harus dilibatkan dalam membicarakan masalah seperti ini selain pemain dan pihak klub adalah agen pemain yang tidak mau mengambil resiko dan merasa dirugikan jika clientnya mengalami cedera ketika menyelesaikan kontrak selama dua pekan untuk mengakhiri musim. Sebab kemungkinan kemungkinan semacam itu dapat terjadi jika klub tetap ngotot untuk memperpanjang kontrak jangka pendek demi menyelesaikan kompetisi dan pemain serta agen pun tidak mau mengalami kerugian karena hal itu.

Sementara itu, sebelumnya telah dilakukan banyak cara dan berbagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona dan demi beradaptasi dengan pandemic akibat virus corona di ajang olahraga sepak bola. Langkah yang telah diambil antara lain adalah pengunduran jadwal Copa America yang rencananya akan digelar tahun ini menjadi tahun depan serta Piala Eropa yang juga mengalami hal yang serupa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Favorit

Daftar Pelatih Top Yang Pernah Menjadi Pemain

Siapa yang pantas disebut pelatih terbaik di Premier League? Perdebatan ini panjang tanpa ujung, tapi dapat dipermudah dengan melihat karier mereka pada...

Edeson Arauji Taraves Mundur Dari Kursi Pelatih Borneo FC

Ditengah kabar bahwa Sopee Liga 1 akan kembali dilanjutkan, Borneo FC justru membawa kabar bahwa mereka dengan Edson Araujo Tavares yang merupakan...

Messi Hengkang Dari Barcelona

Lionel Messi masih berupaya untuk memproses informasi yang terjadi begitu cepat terkait dirinya dan FC Barcelona. Barcelona mengumumkan pada...

Klopp : Frank Lampard Yang Harus Banyak Belajar

Dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke 37 lalu Liverpool bertemu dengan Chelsea. Di laga tersebut sempat terjadi perselisihan antara Juergen Klopp...