29 C
Indonesia
Thursday, November 26, 2020
Home Berita Internasional Mantan Wonderkid Ajax Bangun Dari Koma Tiga Tahun

Mantan Wonderkid Ajax Bangun Dari Koma Tiga Tahun

Pada tahun 2017 silam, Ajax Amsterdam kehilangan talenta muda berbakatnya, Abdelhak Nouri. Wonderkid Ajax ini bahkan pernah tergabung di timnas Belanda U-16 dan juga masuk skuad U-19. Posisinya adalah gelandang, ia menjadi salah satu bakat muda yang bakal memiliki masa depan yang cerah di dunia sepakbola. Bersama Jong Ajax (Ajax Junior), Abdelhak meraih penghargaan pemain muda terbaik Liga Belanda kasta kedua pada musim 2016-2017. Dan musin 2018 seharusnya menjadi tahun masuknya Abdelhak ke tim senior Ajax.

Namun kejadian tragis menimpanya di lapangan, tepatnya Juli 2017. Saat ini Ajax Amsterdam melakukan pertandingan ujicoba pra musim melawan Werder Bremen. Di tengah pertandingan, Abdelhak mengalami serangan jantung arythmia, dan langsung segera dilarikan ke RS terdekat oleh tim medis Ajax.

Para fans Ajax yang menyaksikan peristiwa itu tampak diselimuti duka yang mendalam. Mereka tertegun melihat kejadian yang bisa terbilang mengerikan secara langsung. Abdelhak pun mengalami koma sejak itu, dan baru sadar kembali setelah 993 hari mejalani perawatan rutin. Artinya sudah hampir 3 tahun ia tidak sadarkan diri.

Mohammed, ayah dari Abdelhak, mengakui bahwa kejadian yang menimpa anaknya adalah suatu ujian yang berat. “Kami harus merawatnya sebaik mungkin dan kami mencoba melakukan semuanya secara sendiri,” ujarnya.

Sang ayah pantas bersedih, saat itu ia melihat masa depan yang bagus di dunia sepakbola yang sedang dirintis oleh anaknya. Namun, ujian ini seketika menghancurkan mimpi banyak orang. Mimpi sang anak, mimpi ayahnya, mimpi saudara-saudaranya dan bahkan mimpi masyarakat Belanda secara umum.

Namun, dukungan kepada Appie, panggilan Abdelhak, dari manajemen Ajax, para fans dan masyarakat Belanda pada umumnya sangatlah menguatkan psikologis keluarga Mohammed. Mimpi yang pupus ini bahkan sudah dibuatkan buku yang ditulis oleh orang kepercayaan keluaga Mohammed. Bahkan rencananya dalam waktu dekat akan diterbitkan dengan judul “Abdelhak Nouri, Mimpi yang tak terpenuhi.”

Abdelhak oleh pihak RS memang sudah dinyatakan tak mungkin melanjutkan karir di dunia sepakbola. Ia terdeteksi mengalami kerusakan otak yang sangat serius. Pasca konfirmasi ini, manajemen dan para fans Ajax pun melakukan berbagai aksi tribute untuk Abdelhak.

Kini Abdelhak telah bangun dari komanya. Pihak keluarga telah mengkonfirmasi bahwa Abdelhak mengalami perkembangan yang cukup signifikan pasca terbangun dari koma. Sang kakak, Abderrahim menjelaskan bahwa sang adik sudah dapat menjalankan aktivitas-aktivitas kecil. Namun itu sudah merupakan perkembangan yang luar biasa setelah hampir 3 tahun mengalami koma.

“Dia tidur, makan, mengerutkan dahi dan juga bersendawa. Tetapi memang kondisinya masih sangat tergantung. Dia bahkan bisa melakukan beberapa bentuk komunikasi tertentu, walaupun sangat sederhana. Contohnya adalah mengangkat alis, ini adalah aktivitas yang paling bagus jika melihat kondisinya,” Ungkap Abderrahim.

Ketika melihat pertandingan sepakbola dari sebuah televise, Abdelhak terkadang juga melakukan sebuah reaksi kecil. Jadi ini merupakan perkembangan yang baik kedepanya. Semua orang sangat senang mendengar kabar perkembangan Abdelhak.

Beberapa kalangan menilai bahwa Abdelhak bisa saja tidak perlu mengalami situasi seperti ini. Respon lambat dari tim medis dinilai sebagai factor penyebab Abdelhak mengalami kerusakan otak secara permanen. BBC telah melaporkan bahwa Nouri telah merasakan sakit perut dan dapat tidur dengan nyenyak sebelum laga.

Saat kejadian, sebenarnya Nouri masuk menggantikan Hakim Ziyech pada babak kedua, namun tetap saja ia tak bisa bertahan lama di lapangan. Ia pelan-pelan tertunduk dan terlentang di tanah. Namun Hakim membutuhkan waktu yang cukup lama, 10 detik untuk menyadari jatuhnya Nouri. Fisio terapi datang setelah 10 detik dan tim medis Ajax datang 15 detik kemudian. Terlepas dari kejadian itu, kini pihak keluarga senantiasa mengupdate pekembangan Abdelhak pasca koma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Rangkuman Jadwal Real Madrid La Liga dan Liga Champions

Jadwal real madrid sangat ditunggu semua orang. Apalagi Madrid terkenal sebagai klub dengan permainan atraktif yang berhasil mereka ciptakan dengan sistem permainan...

Menarik Untuk Dilihat Regenerasi Timnas Spanyol Untuk Gelaran Piala Eropa 2020

Masyarakat Spanyol mendapatkan kejutan istimewa kala Luis Enrique Martinez memutuskan kembali mejadi pelatih kepala. Gimana tidak, alih- alih berikan sinyal optimistis, eks...

Rakitic : “Kita Harus Kembali Bermain Untuk Menghibur Dunia”

Ivan Rakitic memberikan pernyatakan tegas terkait keadaan sepakbola yang kini harus ditangguhkan karena pandemi Covid 19. Menurut bintang Barcelona tersebut seluruh pihak...

Alan Browne Positif Covid-19 Menjelang Pertandingan Besar

Gelandang Republik Irlandia Alan Browne dinyatakan positif mengidap virus corona setelah kekalahan persahabatan 3-0 Kamis malam dari Inggris. Browne...