29 C
Indonesia
Sunday, November 29, 2020
Home Berita Internasional Lionel Messi Jadi Bintang Kampanye Gerakan Melawan COVID-19

Lionel Messi Jadi Bintang Kampanye Gerakan Melawan COVID-19

Federation Internationale de Football Association atau kebanyakan orang mengenalnya dengan sebutan FIFA. FIFA adalah badan sepakbola internasional yang diakui oleh seluruh dunia.

Dengan dibentuknya FIFA, warga dunia kala itu membutuhkan sebuah organisasi yang dapat mempromosikan sepak bola ke seluruh penjuru dunia, yang di dalamnya juga terdapat perlindungan terhadap hak-hak para pemainnya, sekaligus mempertegas undang-undang atau regulasi sepakbola baik itu meliputi peraturan, tata tertib, dan juga yang lainnya.

Bukan hanya itu, terbentuknya FIFA juga memiliki tujuan sebagai ajang untuk perdamaian kemanusiaan, dan pembentukan generasi muda yang mampu menjunjung tinggi nilai-nilai sprotivitas dalam bertanding.

Sementara, World Health Organization atau biasa disebut WHO adalah organisasi internasional di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB yang mempunyai tanggungjawab untuk memberikan arahan dan kebijakan dalam penanganan kesehatan masyarakat dunia.

WHO juga memiliki tujuan untuk mencapai kesehatan maksimal bagi seluruh masyarakat dunia, untuk mencapai tujuannya tersebut, WHO harus aktif melakukan tugas-tugas diantaranya, bertugas menanggulangi kesehatan dengan cara membantu melakukan pembatasan terhadap penyakit-penyakit menular, memberikan bantuan kesehatan kepada negara-negara yang membutuhkan, membantu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan ibu dan anak, serta mendorong dan membantu pelaksanaan penelitian-penelitian dalam bidang kesehatan.

Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA secara resmi telah menjalin kerjasama dengan WHO untuk melawan pandemi corona yang kian memprihatinkan.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengatakan bahwa dunia saat ini perlu bekerjasama dalam memerangi virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut. Terlebih lagi, dampak yang ditimbulkan dari virus Corona juga sangat luar biasa bagi masyarakat dunia.

Berbagai kompetisi olahraga tak terkecuali kompetisi sepak bola dunia juga mengalami kekacauan jadwal masing-masing liga akibat pandemi virus Corona.

Infantino juga mengimbau kepada seluruh pihak yang berkecimpung dalam olahraga sepak bola untuk sama-sama bergabung dengannya guna memberantas virus Corona yang semakin hari semakin meluas.

Bahkan penyerang Liverpool, Sadio Mane sempat menyumbangkan sejumlah uang senilai 45 ribu euro atau setara dengan 735 juta rupiah kepada pemerintah yang tengah berjuang melawan virus Corona di negara asalnya, Senegal.

Mantan pemain Southampton tersebut berharap sumbangannya tersebut bisa bermanfaat bagi negaranya yang tengah berperang melawan virus Corona. Selain menyumbangkan sejumlah uang, Sadio Mane bahkan membagikan video dirinya kepada media sosial guna mengingatkan akan bahayanya virus Corona.

Pemain terbaik Afrika 2019 tersebut juga memberi nasehat kepada para penggemarnya untuk selalu melakukan tindakan pencegahan terhadap keberadaan virus Corona agar tidak semakin menyebar luas. Tindakan yang dimaksud Sadio Mane adalah mencuci tangan selama 30 detik.

Pemain bintang Barcelona dan Timnas Argentina, Lionel Messi, menjadi ikon dalam kerjasama antara FIFA dan WHO untuk melawan sekaligus memerangi pandemi virus Corona atau COVID-19 yang menyerang seluruh belahan dunia.

Bukan hanya Lionel Messi, bintang Timnas Wanita Amerika Serikat (USWNT), Carli Lloyd juga ambil bagian dalam kerja sama tersebut. Messi dan Lloyd bersama 26 bintang lapangan hijau dunia lainnya menjadi ambassador kerja sama FIFA dan WHO dalam kampanye yang bertajuk Pass The Message to Kick Out. Coronavirus.

Kolaborasi mereka diumumkan pada 23 Maret lalu, di mana Presiden FIFA, Gianni Infantino mengusung kerja sama tim untuk mengatasi krisis kesehatan dunia akibat virus Corona. Hal itu disambut dengan baik oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah konferensi media.

“FIFA menggandeng WHO karena kesehatan merupakan yang terpenting dan paling utama. Virus ini merupakan pandemi global dan menunjukkan dua hal kepada kita semua. Pertama, betapa rentannya kita dan kedua betapa mengglobalnya dunia,” jelas Gianni Infantino, seperti yang dilansir oleh Insider.

“Situasi-situasi luar biasa membutuhkan langkah-langkah luar biasa dan masalah-masalah global membutuhkan solusi-solusi yang global pula,” tambahnya.

Inovasi baru yang dilakukan oleh kedua organisasi tersebut adalah dengan menyerukan semua orang di seluruh dunia untuk mengikuti langkah penting dalam meredam penyebaran virus Corona atau COVID-19. Mereka ingin menyampaikan pesan kesehatan lebih jauh lagi melalui bantuan pemain-pemain besar seperti Lionel Messi.

Tak hanya Messi, penjaga gawang legenda asal Italia, Gianluigi Buffon, dan penjaga gawang Brasil, Alisson Becker, legenda Barcelona dan Spanyol Xavi Hernandez, serta Michael Owen dari Inggris juga turut serta berperan menyampaikan pesan penting atau kampanye kepada masyarakat dunia.

Video kampanye tersebut dirilis pada 23 Maret. Vidoe kampanye tersebut dibuat sebagai untuk mendidik para penontonnya tentang cara melindungi kesehatan mereka sesuai dengan pedoman atau arahan yang disampaikan oleh organisasi Kesehatan dunia atau WHO. Video itu dibintangi oleh para superstar sepak bola yang tadi sudah disebutkan.

Mereka semua tampil dalam klip-klip video yang menyampaikan sebagai pengingat untuk jangan melupakan cuci tangan, bagaimana etika bersin yang baik dan benar, menjaga jarak, cara menyentuh wajah, dan apa yang harus dilakukan jika mengalami gejala virus Corona.

“Kita harus kuat dan mengikuti seluruh arahan dari WHO dan pemerintah kita. Setelah itu, kita harus membangun kembali hubungan kita dengan mungkin, dan harapannya, solidaritas lebih dan kesalingpengertian di antara kita. Sepak bola siap memainkan bagiannya untuk hal itu,” ujar Infantino.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Prediksi Atalanta vs PSG 13 Agustus 2020

Babak perempat final Liga Champions 2019/2020 akan menyuguhkan pertandingan Atalanta kontra Paris Saint Germain.  Laga ini  tentunya menjadi amat penting  bagi keduanya,...

PSSI Akan Potong Gaji Shin Tae- yong Akibat Dampak Virus Corona

PSSI berencana untuk memotong gaji pelatih serta staf kepelatihan Timnas Indonesia. Dampaknya, Shin Tae- yong serta kawan- kawan terancam tidak menerima ...

Berikut 5 Pemain Paling Muda Pernah Bermain di La Liga Spanyol

Kompetisi La Liga Santander 2018- 19 diramaikan oleh kedatangan 5 pesepak bola belia. Suatu yang tidak mengherankan, mengingat klub- klub Spanyol populer...

Ronaldo Bantu Belikan Alat Medis, Sedang Lewandowski Gelontorkan Dana 17 Miliar Untuk Tangani Corona

Striker andalan squad Si Nyonya Tua, Cristiano Ronaldo dikabarkan akan ikut turun tangan dalam membantu mengatasi pandemic akibat virus corona di Negara...