29 C
Indonesia
Monday, September 28, 2020
Home Berita Liga Inggris Liga Inggris Mundur Lagi ?

Liga Inggris Mundur Lagi ?

Pandemic Covid-19 yang saat ini mengancam penduduk benua Eropa, juga berpengaruh terhadap persepakbolaan berbagai liga di benua Eropa. Salah satunya adalah liga paling bergengsi di dunia, Premier League.

Kompetisi papan atas liga Inggris tersebut pada 19/3 telah memutuskan untuk memperpanjang masa rehat kompetisi yang semula sampai 3 april menjadi 30 april. Keputusan ini diambil oleh tiga elemen penting dalam pesepakbolaan Inggris. Selain regulator Premier League, juga ada English Football League (EFL), dan The Football Association (FA). Juga disepakati oleh Profesional Football Association (PFA) dan Asosiasi Manajer Liga (LMA).

Dengan keputusan tersebut, maka seluruh agenda sepakbola Inggris mulai dari Premier League, League Two, Championship, dll akan rehat hingga 30 april. Namun masa rehat ini bisa saja diperpanjang karena situasi pandemic covid-19 tidak bisa diprediksi kapan berakhirnya.

Ada rumor yang beredar, bahwa setelah 30 april, seluruh pertandingan dimungkinkan untuk digelar tanpa penonton dan dilaksanakan di tempat netral (kawasan Midlands). Sebagaimana keterangan lima pihak diatas “Kami akan mengikuti saran pemerintah tentang keberadaan kerumunan massa di stadion dan kami akan berkolaborasi untuk menjaga situasi tetap dalam prosedur keamanan maupun kesehatan secara luas.”

Pihak-pihak regulator memahami bahwa keadaan pandemic covid-19 termasuk force majeure yang belum diketahui kapan dapat tertangani dengan baik. “Kami bersatu dalam sebuah komitmen untuk mencari solusi supaya kompetisi 2019-2020 terselesaikan. Kami juga memastikan semua kompetisi domestic, piala domestic, dan kompetisi Eropa bisa dimainkan secepatnya dalam kondisi aman dan memungkinkan,” tulis pihak regulator sebagaimana yang dilansir Sky Sports.

Langkah UEFA yang telah memundurkan jadwal Euro 2020 menjadi musim panas tahun depan, tepatnya 12 juni – 12 juli 2021, sangat diapresiasi oleh kelima elemen liga Inggris. Langkah UEFA tersebut di klaim telah menyelamatkan kompetisi domestic Eropa secara keseluruhan. Karena dengan memundurkan jadwal Euro, maka ada cukup ruang bagi kompetisi domestic di benua Eropa untuk dapat menyelesaikan seluruh pertandingan yang saat ini masih rehat. Termasuk dua kompetisi elite Eropa juga terselamatkan, Liga Champhions dan Liga Eropa.

Sebagaimana diketahui, keputusan UEFA yang disepakati oleh 55 negara anggotanya pada 17/3 lalu telah berharap bahwa semua kompetisi domestic harus selesai pada juni mendatang, namun UEFA tidak memastikan kapan kompetisi yang saat ini rehat akan digulirkan kembali. Pada prinsipnya masih ada cukup ruang untuk memastikan semua kompetisi telah selesai sebelum juni mendatang.

Arsene Wenger, mantan pelatih Arsenal selama dua decade yang kini memili tugas baru sebagai chief of global football development FIFA, ikut mengomentari masalah ini. Wenger menyetujui bahwa kompetisi liga Inggris tidak dimulai awal april. “Seandainya musim harus diselesaikan tanpa penonton pun, saya pikir tetap menjadi kredit besar mengingat situasi yang tak menentu seperti sekarang ini. Bahkan, sepanjang karir melatih saya, belum pernah ada situasi sepelik ini, ” ujar Wenger kepada Talk Sports.

Masih menurut pria 70 tahun ini, bahwa pandemic covid-19 yang kini sudah menginfeksi sekitar 207 ribu orang yang menyebabkan kematian 8.600 diseluruh dunia, apakah akan berakhir pada awal mei. Yang bisa dilakukan sekarang adalah menunggu.

Mengisi waktu rehat kompetisi, para pemain tetap mendapatkan menu latihan dari klub melalui surel atau aplikasi whatsapp. Sehingga mereka tetap menjalankan latihan secara individu di tempatnya masing-masing. Walaupun demikian, ada beberapa klub yang merencanakan program latihan bersama di akhir bulan ini, namun The Sun memprediksi para pemain akan lebih memilih opsi latihan individu demi menghindari tersebarnya covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Sepakbola di Abad 21

Sepakbola merupakan olahraga yang sangat di gandrungi oleh mayoritas manusia di planet ini, menurut survey membuktikan bahwa hampir 60% mayoritas manusia di...

5 Pemain yang Bisa Dijual Barcelona Beserta Harganya

Barcelona diyakini bakal cukup sibuk pada bursa transfer mendatang. Karena ada beberapa pemain yang akan dilepas oleh Barca dengan harga terbaik, tentu...

Komitmen Sang Predator Marko Simic Bersama Persija Jakarta

Marco Simic didatangkan Persija Jakarta pada 27 Desember 2017 lalu. Sampai saat ini, tim berjuluk Macan Kemayoran tidak menyesali rekrutannya itu, pasalnya...

Klub-Klub Liga Italia Bakal Rugi Besar Jika Pertandingan Dihentikan

Liga Italia ditunda untuk dua pekan ke depan membuat klub-klub yang tergabung di Liga Italia mengalami kerugian besar. Kerugian ditaksir mencapai 700...