29 C
Indonesia
Sunday, July 5, 2020
Home Berita Internasional Latihan Para Pemain Klub Liga Elite Eropa di Tengah Pandemi Covid-19

Latihan Para Pemain Klub Liga Elite Eropa di Tengah Pandemi Covid-19

Meluasnya wabah virus corona membuat semua kompetisi domestic di Negara-negara Eropa berhenti. Bahkan UEFA sudah mengumumkan bahwa Euro 2020 diundur tahun depan, tepatnya 12 juni – 12 juli 2021. Kebijakan UEFA ini menuai apresiasi dari berbagai klub karena memberikan cukup ruang untuk menuntaskan kompetisi ditengah kemungkinan rehat yang cukup panjang karena pandemic covid-19. Memang kebijakan rehat yang diambil regulator Premier League, memiliki batas hingga 5 april, namun bisa saja diperpanjang dikarenakan situasi yang tidak bisa diprediksi.

Kini, klub-klub yang kian pusing karena kegiatan-kegiatan latihan bersama juga tidak diperbolehkan. Masyarakat termasuk juga para pemain sepakbola dilarang membuat kerumunan karena akan berpotensi makin menyebarkan virus. Namun kecanggihan teknologi sedikit banyak membantu klub-klub liga untuk dapat memberikan menu latihan kepada para pemainnya.

Thomas Muller, pemain Bayern Muenchen misalnya, mendapatkan menu latihan dari pelatih kebugaran Muenchen Dr. Holger Broich melalui layar dan jam pintar. Muller tidak perlu bolak balik dari rumahnya di Pahl ke kamp latihan Bayern di Saebener Starsse yang jaraknya mencapai 50 km. Semua ini berkat kebijakan pelatihan jarak jauh yang diterapkan oleh manjemen Bayern Muenchen.

“Kami sudah memiliki sesuatu yang tiga kali sangat istimewa. Cybertraining namanya,” ungkap Muller saat menjawab pertanyaan fans di laman instagramnya, @esmuellert. Thomas juga menjelaskan “Dasarnya, ini sesi latihan melalui obrolan video. Kami terhubung dengan pelatih, dalam hal ini pelatih kebugaran yang ada di Saebener Strasse. Ia menunjukkan apa saja menu latihan yang harus kami lakukan pada hari itu dan kami pun langsung menerapkannya.” Beberapa pemain mengungkapkan masih terjaga secara motivasi untuk melakukan latihan secara individu.

Tidak hanya video live dari sang pelatih, manajemen klub berjuluk Die Roten itu juga mengirimkan berbagai fasilitas latihan ke kediaman para pemainnya. Hal ini semata-mata untuk menjaga kebugaran para pemainnya sehingga ketika jeda kompetisi karena wabah ini selesai, maka para pemain dalam kondisi siap tampil. Alat yang dikirim langsung ke tiap-tiap pemain salah satunya adalah sepeda statis atau ergometer.

Bahkan menurut Muller, sejak diberlakukan cybertraining oleh manajemen Muenchen, “otot perutku jarang sebagus ini,” pamernya. Dan juga selain latihan, para pemain juga masih bisa mengobrol satu sama lain melalui perngkat elektronik pastinya, sehingga masih terjaga kebersamaan antar pemain. Kebersamaan ini sangat penting untuk dijaga karena mampu membangun chemistry ketika bermain.

Selain klub-klub Jerman, klub-klub Eropa lainnya juga menerapkan sistem latihan jarak jauh. FC Barcelona misalnya, trio pelatih fisik Barca akan selalu mengecek hasil dari latihan setelah diberikan program latihan kepada Lionel Messi dkk.

Liga Inggris juga demikian, Daily Mail mengungkapkan selain mengirim peralatan olahraga dan menu latihan kepada para pemainnya, klub-klub Premier League juga memanfaatkan jam-jam pintar dari brand ternama untuk memantu hasil dari penerapan menu latihan. Sebagaimana yang dilakukan Bayern, dengan bantuan jam pintar tersebut, pihak klub selain memonitor latihan, juga dapat menentukan beban latihan masing-masing pemain sesuai dengan hasil latihan sebelumnya.

Daily Mirror melansir, bahwa Wolverhampton Wanderers adalah salah satu klub Premier League yang menerapakannya. Menu atau program latihan akan di share ke para pemain melalui aplikasi whatsapp kemudian hasilnya langsung dilaporkan ke pelatih kebugaran tim, Antonio Dias.

Arsenal juga demikian, pasca sang pelatih Mikhael Arteta dinyatakan positif covid-19, maka seluruh manajemen dan pemain Arsenal melakukan karantina, sehingga proses-proses latihan dijalankan secara individu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WINBIG88

- Advertisment -

Most Popular

Kalahkan Torino 4-1 Kini Juventus Kia Nyaman di Puncak

Laga lanjutan Serie A menghadirkan Derby della Mole, dan dalam pertandingan tersebut Juventus yang berperan sebagai tuan rumah berhasil mendapatkan kemenangan besar...

Manchester United Menang Telak Atas Bournemouth 5-2

Manchester United barui saja melakoni laga tandang kontra Bournemouth. Dalam laga tersebut anak-anak asuh olle Gunnar Solskjaer menang telak atas tim tamu...

Laga Kontra Wolverhampton Akan Uji Konsistensi Arsenal

Dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke 33, Arsenal diharuskan berhadapan dengan Wolverhampton Wanderers. Laga ini akan menjadi laga dimana konsistensi tim...

Benarkah Juventus Adalah Pelabuhan Messi Yang Selanjutnya?

Belakangan tersiar kabar yang cukup kencang mengenai keinginan megabintang Barcelona, Lionel Messi, untuk meninggalkan klub tersebut. Salah satu potensi klub yang akan...

Recent Comments