29 C
Indonesia
Saturday, September 19, 2020
Home Berita Liga Indonesia Langkah Borneo FC dan Pembuktian Edson Tavares di Shopee Liga 1 2020

Langkah Borneo FC dan Pembuktian Edson Tavares di Shopee Liga 1 2020

Diawal kompetisi Shopee Liga 1 2020, Borneo FC tampil cemerlang. Tim Borneo FC bermain baik diawal musim Liga ini tak terlepas dari peran pelatih Edson Tavares. Tim berjuluk Pesut Etam itu mengumumkan pelatih anyarnya ini pada 4 Januari 2020, berselang dua hari setelah Edson Tavares diberhentikan Persija Jakarta.

Di klub sebelumnya, Edson Tavares dianggap gagal menakhodai tim Persija Jakarta yang hanya mampu finish di peringkat ke-10 klasemen akhir Liga 1 2020. Walau Tavares berhasil menjauhkan tim Macan Kemayoran dari ancaman degradasi musim lalu. Hal itu yang memberikan celah terhadap Borneo FC untuk bisa memboyong pelatih asal Brasil ini untuk memimpin skuat Borneo FC. Tanggung jawab Tavares sudah dimulai sejak ia ditunjuk sebagai pelatih utama tim Pesut Etam. Ia langsung bekerja dengan merekrut pemain berkualitas.

Dengan pertimbangannya, Borneo FC merekrut kiper bernama Dicky Indriyana yang diproyeksikan untuk menggantikan kiper sebelumnya yaitu Nadeo Argawinata untuk mengawal gawang Borneo FC. Setelah itu, tim asal Samarinda ini merekrut bek kiri berusia 23 tahun yang bernama Kevin Gomes de Oliveira, ia dipercaya mengawal lini pertahanan tim besutan Edson Tavares itu.

Selain dua pemain tersebut, sebagai bukti keseriusan Edson Tavares yang ingin mengangkat prestasi tim asal Samarinda ini, Borneo FC pun mendatangkan beberapa pemain lainnya seperti Imanuel Wanggai, Nuriddin Davronov (asal Tajikistan) dan Diogo Campos untuk memperkokoh lini tengah, juga merekrut striker Francisco Torres (asal Brasil) untuk mempertajam penyerangan.

Pemain yang baru didatangkan oleh Borneo FC itu dipadukan dengan pemain lama. Hasilnya terbukti dari pencapaian tim besutan Edson Tavares itu di Shopee Liga 1 2020, Borneo FC menempati posisi tiga klasemen sementara dengan enam poin dari tiga laga yang telah ia lakoni. Dengan ini, Borneo FC telah membangun timnya kokoh di semua lini.

Tampil Menggebrak
Di laga pembuka Borneo FC di Shopee Liga 1 2020 mereka menelan kekalahan dari Persija Jakarta dengan skor 2-3. Dari segi permainan, Borneo FC sebenarnya cukup bagus. Mereka tertinggal 2 gol terlebih dulu dari Pesija, namun setelah itu mereka mampu mengejar ketertinggalan mereka dengan mencetak dua gol, walaupun pada akhirnya mereka kalah. Artinya, pelatih Edson Tavares adalah pemain yang mampu mengubah keadaan permainan timnya disaat mereka tertekan.

Di pertandingan kedua, Borneo FC bersua dengan tim asal Papua, Persipura Jayapura. Pada pertandingan itu Pesut Etam mampu mengalahkan Mutiara Hitam dengan skor 2-0. Strategi yang berbeda saat melawan Persija Jakarta diterapkan saat melawan Persipura, maka hasil positif dapat diraih tim Borneo FC.

Formasi 4-2-3-1 diterapkan Edson Tavares di pertandingan itu. Borneo FC tampil Spartan dan menyerang yang membuat Persipura Jayapura kewalahan. Saat itu, striker Francisco Torres mendapatkan banyak peluang yang disuplai dari lini tengan yang dikawal oleh Terens Puhiri, Diogo Compos, dan Guy Junior.

Laga ketiga, Borneo FC melawan Persela Lamongan. Pesut Etam kembali meraih kemenangan setelah melakukan serangan bertubi-tubi kearah gawang Persela. Akhirnya, skor 2-1 didapatkan oleh Borneo FC. Formasi 4-2-3-1 kembali dipakai pelatih Edson Tavares untuk diterapkan anak asuhnya saat menjamu Persela Lamongan. Terbukti, dengan skema ini, permainan Borneo FC menjadi lebih atraktif. Mereka bisa leluasa menguasai permainan dan menyerang, tanpa khawatir serangan balik yang dilakukan tim lawan. Karena kedalaman skuat tim asal Kalimantan Timur itu cukup mendalam.

Tetapi, ketahanan dan konsistensi skema permainan pelatih Edson Tavares ini masih perlu diasah. Masih panjang perjalanan tim mereka dalam mengarungi kompetisi. Masih terdapat 31 pertandingan lagi yang harus mereka jalani di Shopee Liga 1 2020 ini. Patut kita tunggu permainan konsisten dari Borneo FC di pertandingan selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Intip Kegiatan Pelatih Tim Sepak Bola Persebaya

Aji Santoso Saat Libur Pandemi Covid 19 Setelah menerima kebijakan libur dari pemerintah  karena wabah Covid 19, berbagi lapisan...

Rivaldo Sarankan Barca Pulangkan Neymar Dibanding Beli Lautaro Martinez

Lautaro Martinez adalah pemain muda berpotensi yang saat ini sedang dikaitkan kepindahannya ke Barcelona dan berbagai macam klub besar eropa lainnya. Akan...

Jose Mourinho Tetap Positif Hadapi Badai Cedera Tottenham

Salah satu berita bola Liga Inggris yang saat ini tengah menjadi sorotan adalah krisis cedera yang tengah melanda Tottenham Hotspur. Tidak bisa...

Jasa Jerzy Dudek Sebagai Pahlawan Kemenangan Liverpool Di Final Liga Champions 2005

Jerzy Dudek bukanlah seorang penjaga gawang terbaik dalam sejarah The Reds, tetapi namanya akan selalu abadi karena jasanya yang membuat Liverpool meraih...