29 C
Indonesia
Monday, July 6, 2020
Home Berita Liga Indonesia Kiprah I Made Wirawan, Kiper Veteran Liga 1

Kiprah I Made Wirawan, Kiper Veteran Liga 1

I Made Wirawan tercatat sebagai salah satu pemain sangat senior di Persib Bandung. Ia telah berumur 38 tahun. Walaupun telah termakan usia, I Made masih dipercaya untuk mengawal gawang tim Maung Bandung. Kiper kelahiran Gianyar, Bali, 1 Desember 1981 itu memulai kariernya bersama Perseden Denpasar pada (2002- 2004). Selama di Perseden, Made tampil sebanyak 38 kali.

Made setelah itu meneruskan kariernya ke Persekaba Badung dari 2004 hingga 2006. Dengan jersey Persekaba, ia tampil sebanyak 45 kali. Kecekatannya dalam melindungi gawang terdengar sampai ke Kalimantan. Oleh sebab itu, pemain dengan tinggi 180 centimeter tersebut direkrut klub asal Kalimantan Timur, Persiba Balikpapan, pada 2006. Bersama Persiba keahlian Made juga terus terasah. Dari 2006 hingga 2012, ia tampil sebagai kekuatan Persiba di bawah mistar gawang serta bermain sebanyak 150 kali.

Apalagi, kehebatan I Made Wirawan membuatnya dipanggil ke Timnas Indonesia pada 2011. Performa Made di Persiba serta di tim Garuda membuat Persib Bandung kepincut. Persib pada akhirnya memperoleh tanda tangan I Made Wirawan pada 2013. Ia mengambil alih posisi Markus Harisson yang kontraknya tidak diperpanjang oleh Tim Maung Bandung.

Semenjak saat itu, Made jadi sosok berarti di Persib Bandung. Selama ini, ia sudah tampil dalam 105 laga atau 9. 387 menit bermain bersama Persib. Berkat kontribusinya, Tim Maung Bandung sukses menjuarai ISL 2014 dan juga Piala Presiden 2015. Cidera yang pernah membekap membuat posisi Made tergeser oleh kiper muda Persib, Muhammad Natshir. Walaupun demikian, ia tetap bertahan di Persib Bandung walaupun duduk manis sebagai kiper cadangan.

Tetapi, kemampuannya kembali di percaya pelatih Persib . Natshir yang akrab disapa Deden Natshir mengalami patah tulang tibia serta fibula pada kaki kirinya. Deden dihantam cidera setelah berbenturan dengan pemain Persija Jakarta, Bruno Matos, saat duel di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu( 10/ 7/ 2019) pada minggu ke- 8 Shopee Liga 1 2019.
Akibat cederanya itu, Deden harus naik meja pembedahan serta istirahat lumayan lama. Hilangnya Deden membuat I Made Wirawan kembali jadi kiper utama sampai akhir musim 2019. Persib pada akhirnya finis di peringkat 6 klasemen akhir Liga 1.

Merambahke musim 2020, Made kembali tergeser oleh kiper rekrutan baru Teja Paku Alam. Kiper dengan tinggi 180 centimeter itu lagi- lagi harus rela duduk di bangku cadangan. Walaupun kembali sebagai cadangan, bapak 2 putra ini tetap setia membela Persib dalam umurnya yang telah 38 tahun.
Kemampuanya kembali terbukti saat Teja Paku Alam tiba- tiba mengalami cidera dislokasi kala melakukan pemanasan, jelang duel kontra PSS Sleman di Stadion Sang Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung pada minggu ketiga Shopee Liga 1 2020. Made tampil lumayan menawan serta menolong Persib menang 2- 1 atas PSS. I Made Wirawan berharap kariernya sebagai penjaga gawang terus bersinar walaupun umur nya telah 38 tahun, terutama bersama Persib yang telah lumayan lama dibelanya. Kiprahnya di sepakbola blm berkhir walau usianya sudah tidak musa lagi.

” Banyak momen berharga bersama Persib, suka serta dukanya pula terdapat. Tetapi aku tidak ingin memandang ke balik. Mudah- mudahan banyak moment- moment terindah yang aku natural bersama Persib,” harap Made.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WINBIG88

- Advertisment -

Most Popular

Mengungkap Rahasia Keberhasilan Real Madrid Kukuh di Puncak Klasemen

Sebagaimana yang diketahui bahwa saat ini Real Madrid tengah berada di puncak klasemen sementara Liga Spanyol. Dan tentunya bukan tanpa alasan mengapa...

Meskipun Sulit Namun Barcelona Akan Berjuang kejar Real Madrid

Meskipun saat ini Barcelona telah tertinggal dari Real Madrid, dan akan sulit bagi mereka untuk mengejar ketertinggalan tersebut, namun pelatih menegaskan bahwa...

Apakah Conte Masih Optimis Pada Scudetto?

Inter Milan baru saja menjalani laga dengan hasil yang pahit. Sekali lagi Inter Milan gagal mendapatkan poin penuh dari laga yang mereka...

Prediksi Tottenham Hotspur vs Everton 7 Juli 2020

Tottenham Hotspur vs Everton akan menjadi laga terakhir yang digelar dalam laga lanjutan Premier League pekan ke 33. Laga yang direncanakan akan...

Recent Comments