29 C
Indonesia
Friday, February 26, 2021
Home Berita Liga Indonesia Kepergian Alfred Riedl Juga Jadi Duka Untuk Sepakbola Vietnam

Kepergian Alfred Riedl Juga Jadi Duka Untuk Sepakbola Vietnam

Kepergian Alfred Riedl ternyata tidak hanya menjadi sebuah duka dalam bagi dunia sepakbola Indonesia, namun juga untuk mereka masyarakat sepakbola Vietnam. Mengapakah demikian?

Saat ini bisa dikatakan bahwa dunia sepakbola Vietnam adalah salah satu yang terbaik di Asia tenggara. Mereka yang kini diasuh oleh Park Hang Seo tengah begitu meroket. Akan tetapi tahukah Anda, bahwa jauh sebelum ada campur tangan Hang Seo, dulunya sepakbola Vietnam mendapatkan percikan gairah dari seorang Riedl.

Sosok Riedl mulai menangani sepakbola Vietnam adalah apa tahun 1998, kala itu ia didapuk sebagai pelatih tim nasional. Setelahnya ia melanjutkan karir di sepakbola Vietnam sebagai pelatih klub pada tahun 2001. Di tahun tersebut ia juga menjadi pelatih asing pertama di Vietnam yang menangani sebuah klub, yang mana kala itu klub yang ia tangani adalah Khanh Hoa, memang durasinya tidak lama hanya 4 bulan saja.

Karena di tahun 2002 sang pelatih kembali dipanggil oleh timnas Vietnam untuk menjadi juru taktik. Dalam waktu yang tidak lama pula kemudian ia memutuskan untuk pindah ke Kuwait.

Namun sepertinya Vietnam memang memiliki ikatan dengan sang pelatih, hal ini membuat mereka kemudian lagi-lagi memanggil juru taktik asal Austria tersebut untuk kembali menjadi pelatih timnas di tahun 2005.

Dalam kurun waktu yang disebutkan secara rinci di atas,  Riedl memang memiliki prestasi yang cukup apik untuk tim nasional Vietnam. Yang mana ia berhasil mempersembahkan medali perak dalam ajang Piala Tiger  yang kini berubah menjadi Piala FA, di tahun 1998. Kemudian di tahun 1999 ia mempersembahkan medali perak untuk Vietnam dari ajang SEA Games. Dan pada tahun 2003, 2005 Vietnam masih terus berhasil mendapat medali perak di ajang SEA Games. Dan yang terakhir adalah pada musim 2007, sang pelatih berhasil membawa Vietnam masuk ke perempat final Piala Asia.

Memang tidak ada satupun gelar juara yang berhasil diraih oleh Riedl, namun tidak bisa dipungkiri bahwa dirinya membawa satu percikan semangat di dunia sepakbola Vietnam. Berkat kerja kerasnya itu, ia bahkan mampu mencuri perhatian publik Vietnam, bahkan salah satu penggemarnya mengaku rela untuk mendonorkan 1 ginjalnya.

“Waktu awal-awal harinya di Vietnam, kami semua adalah para pemula. Karena itulah kami bisa mengatakan bahwa apa yang kami miliki saat ini, sebagian besar adalah milik (hasil kerja keras) Riedl” tutur Nguten Van Sy yang merupakan mantan anak asuh Riedl, dan saat ini ia telah menjadi pelatih Nam Dinh.

“Dia mendapatkan banyak cinta disini. Dia adalah seseorang yang memiliki antusias, dia juga memiliki jiwa profesional. Namun dia memang kurang beruntung, sehingga ia hanya selalu mendapatkan posisi kedua” lanjutnya sebagaimana yang diunggah oleh VN Express.

Tidak hanya Nguten Van Sy yang merasakan kehilangan. Le Cong Vinh yang merupakan mantan kapten Vietnam dalam asuhan Riedl juga merasakan hal yang sama.

“Saya sangat kaget mendengan kabar tersebut, karena menurut saya dia meninggal terlalu cepat. Padahal baru-baru ini saya masih melihatnya memberikan sebuah wawancara. Kami telah bersama selama 4 tahun di Vietnam, dan kami memiliki banyak kenangan baik senang maupun sedih” curhat Cong Vinh.

“Dia merupakan seorang pelatih yang saya hormati, baik dari segi keahlian maupun kepribadiannya, dan saya rasa pemain lain juga akan mengatakan hal yang sama. Apa yang telah dia lakukan untuk sepakbola Vietnam, juga untuk diri saya, itu akan hidup selamanya” pungkas mantan anak asuh Riedl tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Penampilan Memukau Neymar Kontra Monaco Tuai Pujian!

Bintang Brasil kembali beraksi di Monaco tetapi tidak bisa mencegah keterpurukan Paris Saint-Germain di Monaco Neymar kembali beraksi dalam...

Tidak Terima Harus Terdegradasi Klub Hearts Ajukan Gugatan Pada SPL

Liga Premier Skotlandia (SOL) telah secara resmi dihentikan, berdasarkan keputusan yang ada maka klub yang ada di puncak klasemen resmi menjadi juara,...

Thiago Alcantara Kembali Tuai Pujian

Thiago Alcantara menuai pujian pasca penampilannya melawan West Ham. Hal ini pun disampaikan langsung oleh Declan Rice, gelandang West Ham yang beradu...

Sebelum Mohamed Salah, Ini Dia Pemain Asal Mesir yang Banyak Dipuja

Hari gini siapa yang tak kenal dengan sosok Mohamed Salah. Ia merupakan salah satu pemain hebat sepak bola dunia, yang saat ini...