29 C
Indonesia
Thursday, September 24, 2020
Home Berita Internasional Kemiripan Juergen Klopp dengan Bill Shankly

Kemiripan Juergen Klopp dengan Bill Shankly

Mantan pemain Liverpool, Graeme Souness, menyebutkan jika Juergen Klopp sangat cocok dengan skuad The Reds dan dirinya dianggap memiliki beberapa kemiripan dengan manager legendary klub asal Merseyside tersebut, Bill Shankly.

Juergen Klopp sendiri dikatahui menjadi juru taktik Liverpool sejak dirinya ditunjuk pada tahun 2015 silam. Secara perlahan manajer yang berasal dari Jerman tersebut bisa membangkitkan kembali semangat dari skuad The Reds dan mampu membuat mereka tampil kompetitid di berbagai ajang kompetisi yang pernah mereka lakoni.


Dalam upayanya untuk membangkitkan semangat klub, Juergen Klopp tak hanya membenahi skuad miliknya. Namun dirinya juga berhasil merangkut para penggemarnya. Sehingga membuat mereka menjadi sangat bergairah ketika mendukung Liverpool saat bermain khususnya ketika melakoni laga kandang di Anfield.

Sebagai gantinya, para pemain yang tergabung di dalam skuad utama Liverpool pun semakin termotivasi untuk memberikan hasil yang terbarik. Hasilnya pun sudah terlihat dengan jelas hingga saat ini. setelah empat tahun, klub tersebut bisa mengoleksi tiga trofi besar. Mereka juga hampir menjadi juara dalam gelaran Premier League musim ini sebelum kompetisi tersebut terpaksa harus ditunda untuk sementara waktu akibat adanya pandemic virus corona yang mengancam seluruh dunia.

Graeme Souness berpikir jika Juergen Klopp sendiri memiliki beberapa kesamaan dengan Bill Shankly. Manajer legendaries tersebut dulu pernah memimpin skuad The Reds hingga berhasil meraih tiga gelar liga pada tahun 60an dan 70an. Tentunya ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan untuk seorang manajer sepak bola.

Menurutnya sosok Klopp ini sangat cocok untuk Liverpool karena dirinya bisa merasakan emosi yang terdapat di tempat itu. Liverpool sendiri merupakan klub sepak bola yang sangat emosional dengan perjalanan sejarah dan berbagai tragedy di dalamnya.

Lebih lanjut lagi Graeme Souness mengatakan jika Juergen Klopp ini kebalikan dari Bob Pisley dan Joe Fagan. Bob dikenal sebagai sosok yang tidak banyak berbicara. Sedangkan Joe, sosok yang banyak berbicara bahkan saat mendengarkannya seseorang harus bersandar.

Menurutnya Juergen Klopp ini lebih mirip dengan Bill Shankly yang hebat. Sosok manajer Liverpool yang satu ini juga komunikator, tak suka menyimpan emosinya, dan pemimpin yang baik di dalam kelompok. Menurutnya Juergen Klopp ini berbeda, dirinya mengerti klub dan ia telah melakukan pekerjaan yang sangat luar biasa.

Selain itu Graeme Souness juga berfokus pada trio The Reds yakni Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane. Menurutnya ketiga pemain tersebut merupakan sosok yang sangat vital dalam kesuksesan Liverpool saat ini.

Sebelum menjadi pelatih sepak bola, Juergen Klopp sendiri pernah aktif sebagai pemain sepak bola di berbagai klub Bundesliga sejak 1987. Karier sepak bolanya semakin bergembang sebagai seorang pemain FSV Mainz dari tahun 1990-2001. Yang menarik adalah dirinya mengawali karier sebagai seorang pelatih secara dadakan ketika dirinya masih bersama Mainz pada Februari 2001.

Pemilihan Klopp sebagai pelatih klub tersebut dirasa tepat lantaran dirinya berhasil membawa Mainz bermain di divisi utama Bundesliga. Kemudian dirinya memutuskan untuk hengkang dari klub tersebut dan memulai awal yang baru dengan Borussia Dortmund pada Juli 2008.

Karena dirinya berhasil menunjukkan performa yang baik bersama Dortmund, membuat Liverpool tanpa keraguan berusaha untuk menggunakan jasa dari pelatih yang berasal dari Jerman Tersebut. Kecemerlangan Juergen Klopp dengan Liverpool pun mendapatkan pujian dari Graeme Souness yang merupakan legenda dari klub tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TUNTOR

Berita Favorit

Berikut 8 Pemain yang mendapatkan Jumlah Kartu Kuning Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions

Dalam tiap pertandingan sepak bola, para pemain tanpa kenal lelah berjuang demi mempersembahkan kemenangan untuk timnya, tetapi tidak sedikit para pemain tersebut...

Tunangan Alm. Khashoggi Tulis Surat Permohonan Untuk Fans Newcastle

Beberapa waktu lalu, Hetice Cengiz, tunangan dari Almarhum Jamal Khashoggi, menuliskan sebuah surat yang isinya cukup menyentuh. Namun inti dari surat tersebut...

Bermain Games Saja Tidak Cukup, Griezmann Rindu Sepak Bola

Dunia sepak bola juga mengalami kerugian akibat wabah Covid-19, karena selain para pemain sepak bola harus menunda Liga, mereka juga harus memberhentikan...

Pemain Asing Paling Berpengaruh Di PSM Makassar

Semenjak penyatuan Perserikatan serta Galatama menjadi Liga Indonesia pada 1994, PSM Makassar termasuk royal dalam mengeluarkan anggaran besar untuk belanja pemain asing....